uefau17.com

Sebuah Mobil Tabrak Gerbang Kantor PM Inggris 10 Downing Street, Pengemudi Ditangkap dan Polisi Tidak Mencurigainya Sebagai Serangan Teror - Global

, London - Sebuah mobil menabrak kantor sekaligus kediaman resmi perdana menteri Inggris, 10 Downing Street, di pusat Kota London. Tidak ada yang terluka dan polisi mengatakan bahwa mereka tidak menangani insiden itu sebagai serangan teror.

Polisi menangkap seorang pria atas tuduhan merusak properti dan mengemudi secara berbahaya. Penyelidikan pun ditangani oleh petugas lokal bukan detektif kontraterorisme.

Perdana Menteri Rishi Sunak berada di kantornya saat kecelakaan. Belum jelas apakah kecelakaan ini disengaja.

"Saya mendengar dentuman keras dan melihat banyak polisi dengan senjata kejut listrik meneriaki seorang pria," kata saksi Simon Parry (44) seperti dilansir AP, Jumat (26/5/2023). "Banyak kendaraan polisi datang dengan sangat cepat untuk mengevakuasi daerah tersebut."

Cuplikan rekaman setelah itu menunjukkan sebuah mobil dengan bagasi terbuka di depan gerbang logam yang tinggi. Beberapa petugas polisi dengan cermat memeriksa kendaraan tersebut, mengeluarkan barang-barang dari bagasi dan di dalam mobil dan memasukkannya ke dalam tas barang bukti.

Sekitar dua jam setelah kecelakaan, sebuah mobil pengangkut tiba untuk mengambil kendaraan tersebut.

Petugas menutup area luas di distrik pemerintah London, tetapi membuka penghalang kurang dari dua jam setelah tabrakan terjadi, memungkinkan orang-orang kembali ke Whitehall. Jalanan biasanya dipenuhi pegawai negeri dan turis yang ingin melihat Gedung Parlemen dan bangunan bersejarah lainnya.

"Sebuah penjagaan kecil tetap dilakukan di luar Downing Street setelah sebuah mobil bertabrakan dengan gerbang sore ini," kata Polisi Metropolitan. "Insiden tersebut sedang ditangani oleh petugas lokal di Westminster dan saat ini tidak diperlakukan sebagai terkait teror."

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Target Serangan

Downing Street adalah jalan sempit dengan deretan rumah bergaya Georgia yang mencakup kediaman resmi perdana menteri di Nomor 10.

Akses publik ke jalan tersebut dibatasi dan gerbang baja berat dilindungi setiap saat oleh petugas polisi bersenjata. Bollards dan penghalang kerumunan logam juga membantu mencegah ancaman.

Gerbang tersebut didirikan pada tahun 1989 sebagai tanggapan atas ancaman dari kelompok militan Tentara Republik Irlandia (IRA). Pada tahun 1991, IRA menembakkan tiga mortir ke jalan, salah satunya meledak di halaman belakang Downing Street 10 saat Perdana Menteri John Major sedang memimpin rapat kabinet di dalam. Tiga petugas polisi dan seorang pegawai negeri menderita luka ringan.

Kawasan itu juga menjadi sasaran pada tahun 2017, ketika seorang ekstremis yang terinspirasi oleh ISIS membunuh empat orang dengan kendaraan di Jembatan Westminster sebelum menikam seorang polisi hingga tewas di luar parlemen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat