uefau17.com

Resor Dubai Bakal Bangun Replika Bulan Senilai Rp79,5 Triliun di Atas Gedung Pencakar Langit - Global

, Dubai - Sebuah resor di Dubai berharap dapat membangun replika Bulan raksasa di atas gedung pencakar langit dengan biaya £ 4,28 miliar (Rp79,5 triliun).

Mengutip dari mirror.co.uk, Rabu (31/5/2023), pengusaha Kanada Michael Henderson berencana untuk mendirikan sebuah bidang berukuran 274 meter di atas gedung setinggi 30 meter di salah satu kota di  Uni Emirat Arab (UEA).

Dubai dikenal sebagai rumah bagi gedung tertinggi di dunia, di antara keajaiban arsitektur lainnya.

Proyek yang disebut MOON ini pada dasarnya akan memberikan pengalaman mengunjungi satelit luar angkasa tanpa harus meninggalkan Bumi. Diharapkan akan menarik lebih dari 2,5 juta wisatawan setiap tahunnya.

Diperkirakan daya tarik tersebut dapat menghasilkan lebih dari £1,5 miliar (Rp27,8 triliun) dalam satu tahun.

Skema - kemungkinan menelan biaya £ 4,28 miliar (Rp79,5 triliun) - didanai oleh Moon World Resorts Inc, di mana Henderson adalah salah satu pendirinya. 

"Delapan miliar orang mengetahui merek kami, dan kami bahkan belum memulainya," ucapnya.

Proyek tersebut akan mencakup resor di dalam struktur berbentuk bola, lengkap dengan hotel dengan 4.000 kamar, arena dengan kapasitas 10.000, klub malam, dan pusat kesehatan.

Sebuah 'koloni bulan', sementara itu, akan memungkinkan para tamu untuk mengalami bagaimana rasanya berjalan di Bulan.

Struktur itu akan ditempatkan di atas bangunan seperti tumpuan dan akan bersinar di malam hari sebagai bulan purnama, setengah atau sabit.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Skema Pembuatan Bulan di dalam Resor

Pada awal bulan Mei 2023, Henderson membicarakan rencananya di Arabian Travel Market di Dubai.

Dalam pernyataan sebelumnya, dia dan co-founder Sandra G Matthews mengatakan Moon Dubai akan "berdampak signifikan pada setiap aspek ekonomi UEA, termasuk pariwisata". 

Selain itu juga ditargetkan "transportasi, real estat komersial dan residensial, infrastruktur, jasa keuangan, penerbangan dan luar angkasa, energi, MICE, pertanian, teknologi, dan tentu saja pendidikan", tambah pernyataan tersebut.

Mereka melanjutkan, "Ini akan menjadi proyek pariwisata modern terbesar dan tersukses di kawasan Middle East and North Africa (MENA) atau Timur Tengah dan Afrika Utara, menggandakan kunjungan wisata tahunan ke Dubai berdasarkan daya tarik globalnya, kesadaran merek, dan berbagai penawaran terintegrasi yang unik."

Kota ini sudah membanggakan pusat luar angkasa UEA, yang telah mengirim penyelidikan ke Mars dan gagal mencoba menempatkan penjelajah di Bulan.

Proyek Henderson akan selangkah lebih maju dari MSG Sphere, kubah senilai $2,3 miliar (Rp32,7 miliar) yang diselimuti oleh layar LED, yang akan diluncurkan di Las Vegas tahun ini.

Rencana untuk membangun MSG Sphere lain di London dibatalkan setelah penduduk setempat memprotes polusi cahaya dan gangguan yang ditimbulkannya.

Henderson menjawab: "Sulit untuk menyenangkan semua orang. Kamu mungkin perlu tirai gelap."

3 dari 4 halaman

Bangun Masjid 3D Menggunakan Mesin Cetak

Bukan hanya pembangunan replika bulan yang akan dilakukan oleh salah satu resor di Dubai. Dubai juga bersiap untuk membangun masjid cetak 3D pertama di dunia.

Struktur tersebut akan menampung 600 jamaah dan mencakup 2.000 meter persegi, lebih dari dua lantai, menurut Ali Mohammad Alhalyan Alsuwaidi, kepala teknik di Islamic Affairs and Charitable Activities Department (IACAD) atau Departemen Urusan Islam dan Kegiatan Amal Pemerintah Dubai. 

Masjid ini akan dibuat dari campuran beton, dengan konstruksi direncanakan akan dimulai pada akhir tahun dan diharapkan selesai pada kuartal pertama tahun 2025.

"Kami memilih untuk mencetak masjid 3D karena merupakan teknologi baru dan inovatif yang berpotensi menghemat waktu dan sumber daya dibandingkan dengan metode pembangunan tradisional," kata Alhalyan Alsuwaidi. IACAD menolak menyebutkan nama perusahaan yang akan bertanggung jawab atas pembangunan tersebut.

Baca selengkapnya di sini... 

4 dari 4 halaman

Dubai Semakin Inklusif, Bangun Desain Kota yang Ramah Autisme

Berbicara mengenai Dubai, pemerintah Dubai telah mengembangkan Sustainable City untuk memasukkan kebutuhan individu autisme ke dalam proses perencanaan kota agar dapat menghasilkan ruang yang lebih inklusif dan dapat diakses oleh semua anggota masyarakat.

Autism Spectrum Disorder (ASD) adalah salah satu disabilitas perkembangan yang paling umum, mempengaruhi satu dari 20 anak di bawah 15 tahun.

Sayangnya, banyak anak autisme menghadapi tantangan yang signifikan ketika berhubungan dengan pekerjaan – sangat sedikit yang bekerja penuh waktu, sebagian besar karena mereka tidak memiliki keterampilan yang diperlukan dan sistem pendukung. Di antara tugas yang harus kita emban adalah membantu mereka menjadi mandiri, dan mempersiapkan mereka untuk dunia kerja.

Penelitian menunjukkan bagaimana merancang pengaturan ramah autisme bermanfaat bagi anak-anak autisme dan dewasa muda, memperkuat keuntungan yang dapat dicapai melalui arsitektur dan desain yang sesuai.

Baca selengkapnya di sini... 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat