uefau17.com

Dubai Semakin Inklusif, Bangun Desain Kota yang Ramah Autisme - Disabilitas

, Jakarta Salah satu cara untuk mendorong inklusivitas dan memberdayakan anak autisme untuk memperoleh kemandirian adalah dengan membangun lingkungan yang disesuaikan dengan kebutuhan khusus mereka. Untuk komunitas dan kota, ini dimulai dengan fase desain.

Hal inilah yang tengah dikembangkan oleh pemerintah Dubai. Dilansir dari Construction Week Online, Sustainable City di Dubai memasukkan kebutuhan individu autisme ke dalam proses perencanaan kota agar dapat menghasilkan ruang yang lebih inklusif dan dapat diakses oleh semua anggota masyarakat.

Autism Spectrum Disorder (ASD) adalah salah satu disabilitas perkembangan yang paling umum, mempengaruhi satu dari 20 anak di bawah 15 tahun.

Sayangnya, banyak anak autisme menghadapi tantangan yang signifikan ketika berhubungan dengan pekerjaan – sangat sedikit yang bekerja penuh waktu, sebagian besar karena mereka tidak memiliki keterampilan yang diperlukan dan sistem pendukung. Di antara tugas yang harus kita emban adalah membantu mereka menjadi mandiri, dan mempersiapkan mereka untuk dunia kerja.

Penelitian menunjukkan bagaimana merancang pengaturan ramah autisme bermanfaat bagi anak-anak autisme dan dewasa muda, memperkuat keuntungan yang dapat dicapai melalui arsitektur dan desain yang sesuai.

Peneliti dan arsitek bertanggung jawab untuk mengidentifikasi karakteristik lingkungan binaan yang menciptakan pengalaman sensorik negatif bagi anak autisme dan mengatasinya melalui fitur desain yang memungkinkan pembelajaran bebas gangguan dan peluang pertumbuhan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sustainable City Mengutamakan Inklusivitas

"Pusat Rehabilitasi Desa Sanad di Sustainable City Dubai, merangkum lingkungan yang aman, nyaman, dan ramah sensorik, yang secara signifikan dapat berkontribusi pada rasa dukungan dan kemudahan bagi mereka yang memiliki spektrum," catat Sustainable City di laman web nya.

Fokus pusat ini dalam membantu transisi siswa menuju kemandirian dicontohkan oleh area simulasi inovatifnya, yang membantu anak-anak dalam menghadapi situasi kehidupan nyata dan mengembangkan keterampilan penting terkait kehidupan dan pekerjaan. Area ini mereplikasi pengaturan sehari-hari seperti supermarket, klinik, tempat pangkas rambut, kafe, dan terminal bandara, untuk membiasakan anak autisme dengan berbagai situasi sehari-hari dan mengajari mereka cara menavigasi pertemuan ini dengan sukses.

Direktur program kejuruan di Sanad Village, Jade Butler-Rees, beberapa tahun lalu mengungkapkan, “Kami mencoba menciptakan lingkungan simulasi yang akan para siswa hadapi saat berada di komunitas.”

“Salah satu masalah utama yang dihadapi orang tua dari anak autisme adalah perjalanan, itulah sebabnya kami membuat bandara tiruan.

“Suara keras dan keramaian dapat memicu anak autis, jadi kami ingin membantu memudahkan mereka ke dunia nyata sebanyak yang kami bisa.

“Kesempatan kerja adalah fokus besar lainnya. Kami memiliki satu siswa yang bekerja di supermarket Zoom yang terletak di dalam Dubai Sustainable City," kata Butler-Rees.

"Dia bisa berlatih menumpuk rak, berbicara dengan pelanggan, dan membunyikan barang melalui kasir."

 

3 dari 5 halaman

Mengenalkan Anak Autisme pada Dunia Kerja

Tujuan utama di Sanad adalah membantu mempersiapkan siswa untuk sekolah umum dan memperkenalkan siswa yang lebih tua ke dunia kerja. Penempatan kerja terbuka untuk siswa berusia 13 tahun ke atas.

Dengan kapasitas 600 murid, desa ini memiliki lebih dari 100 unit rumah untuk anak-anak dan dewasa muda untuk ditampung dalam jangka panjang.

Keluarga dari wilayah tersebut, termasuk Arab Saudi, sering kali memilih opsi asrama, di mana setiap penduduk memiliki tiga staf pendukung khusus.

Pusat ini juga menyelenggarakan program penjangkauan untuk siswa dan siswa yang tidak naik.

Program sehari penuh berlangsung dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore dan program setengah hari dari jam 8 pagi sampai siang. Orang tua juga dapat memilih program per jam untuk anak-anak yang membutuhkan terapi spesialis.

Harga dan paket didasarkan pada jenis intervensi yang dibutuhkan.

"Sebagian besar anak-anak yang terdaftar di Sanad berusia antara 6 hingga 13 tahun," kata Butler-Rees.

“Kami tidak menetapkan kriteria usia. Yang termuda yang kami miliki berusia 6 bulan dan yang tertua 26 tahun.

 

4 dari 5 halaman

Anak Autisme Bisa Mandiri

Strategi komprehensif yang digunakan di Sanad Village Dubai telah menunjukkan keberhasilannya, karena banyak siswa telah lulus dan beralih ke sekolah umum. Pencapaian ini telah menghasilkan kerjasama dengan berbagai sekolah, memungkinkan siswa untuk menghadiri kelas reguler sebelum menyelesaikan program mereka.

Siswa yang lebih tua di Desa Sanad mendapat manfaat dari peluang kerja sukarela di perusahaan lokal seperti supermarket dan pertanian, yang berfungsi sebagai persiapan untuk sekolah umum dan pengenalan tenaga kerja.

Faktanya, pusat tersebut baru-baru ini menjalin kemitraan dengan General Motors untuk menyediakan program magang selama empat bulan, yang bertujuan memberdayakan para siswa ini di tempat kerja dan membekali mereka dengan pengalaman praktis.

Pusat yang akan datang akan menawarkan layanan unggulan dalam terapi analisis perilaku terapan, terapi wicara, fisioterapi, terapi okupasi, pelatihan kejuruan, dan pelatihan keterampilan hidup. Ini akan meminimalkan kelebihan sensorik dan menawarkan suasana yang menenangkan dan mengundang untuk anak autisme.

Pentingnya mendesain ruang ramah autisme dalam fase konstruksi tidak bisa dilebih-lebihkan. Dengan merancang lingkungan yang inklusif dan arsitektur ramah autisme, kami dapat membantu individu dalam spektrum menavigasi lingkungan mereka dengan lebih baik dan mencapai potensi penuh mereka.

 

5 dari 5 halaman

Kelebihan Sustainable City Dubai

Selain lingkungan konstruksi yang ramah autisme, di kota ini juga tersedia ahli terapis dan spesialis di bidang terkait beserta analis perilaku untuk memonitor dan mengoptimalkan perkembangan setiap anak. Juga ada para guru dan asisten pengajar yang mendidik satu per satu murid di dalam kelas.

Mengikuti kebutuhan setiap murid, program yang ada di kota ini terbagi dalam lima bagian:

1. intervensi dini – yang penting untuk membantu anak-anak muda mengakses sekolah umum;

2. terapi;

3. kejuruan – yang melayani siswa berusia 16 tahun ke atas;

4. pelatihan untuk staf; dan

5. penelitian dan pengembangan – di mana staf mengumpulkan data dan mengamati kelas untuk meningkatkan dan mengadaptasi program mereka.

Karim El Jisr, kepala petugas sosial di Dubai Sustainable City, mengatakan bahwa lingkungan tersebut dirancang dengan mempertimbangkan integrasi dan inklusi.

“Strategi kami adalah memberi anak-anak di Desa Sanad akses ke banyak fasilitas di masyarakat yang akan membantu mereka bertransisi menuju kemandirian saat mereka menjalani pengalaman kehidupan nyata,” katanya.

“Dalam jarak berjalan kaki dari pusat, anak-anak dapat menjelajahi pertanian dan taman kota, suaka hewan, klub berkuda, alun-alun, dan berbagai outletnya.

“Integrasi ini tidak hanya membantu siswa di Sanad berinteraksi dengan warga dan pengunjung, tetapi juga meningkatkan kesadaran dan membangun penerimaan dalam komunitas yang lebih luas dan sekitarnya."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat