uefau17.com

Pendaftaran CPNS 2024: Ini Syarat, Dokumen yang Disiapkan dan Cara Daftar - Bisnis

, Jakarta Rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) atau CPNS 2024 yang seharusnya dibuka pada Juni atau Juli 2024 masih belum memiliki kepastian terbaru.

Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Rini Widyantini, menjelaskan bahwa persiapan pendaftaran CPNS 2024 membutuhkan proses yang tidak bisa dilakukan dengan sembarangan.

Formasi-formasi CASN yang diajukan oleh setiap kementerian/lembaga telah dikirim ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan sedang dievaluasi untuk memastikan kesesuaiannya dengan alokasi yang telah ditetapkan.

Rini menyebut bahwa BKN saat ini sedang memvalidasi data-data tersebut agar sesuai dengan data Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada. Rini menegaskan bahwa penetapan rekrutmen akan dilakukan setelah data tersebut telah valid.

Saat ini, terdapat sebanyak 1,28 juta formasi CASN 2024 yang telah diajukan. Jumlah tersebut terdiri dari 427.850 formasi dari 75 kementerian dan lembaga, serta 862.174 formasi dari 524 pemerintah daerah.

Jumlah tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan ASN secara nasional yang mencapai 2,3 juta secara bertahap. ASN yang dimaksud dalam rekrutmen ini terbagi menjadi dua kategori, yaitu CPNS 2024 dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang diperuntukkan bagi tenaga non ASN dan eks Tenaga Honorer Kategori (THK) II yang telah terdaftar di database BKN.

Rini menjelaskan bahwa pembukaan seleksi CPNS dan PPPK 2024 masih memerlukan penetapan final dari seluruh kementerian/lembaga yang membuka formasi dalam rekrutmen tahun ini. Kementerian PANRB menargetkan agar penetapan seluruh 1,28 juta formasi tersebut dapat selesai pada akhir bulan ini, sehingga seleksi CPNS dapat dilaksanakan pada bulan Juli 2024.

Rini juga membuka kemungkinan untuk melaksanakan proses perekrutan tiga kali dalam setahun, sesuai dengan janji Menteri PANRB sebelumnya. Meskipun demikian, Rini mengungkapkan bahwa saat ini masih menunggu penetapan dari Menteri PANRB untuk mengetahui tanggal pasti pembukaan rekrutmen.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kapan Pendaftaran CPNS 2024 Dibuka?

Pada awalnya, rencananya seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) untuk CPNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) akan dibuka pada bulan Juni atau Juli 2024. Jumlah formasi CPNS yang telah disetujui untuk tahun 2024 mencapai 1.289.824, dengan 427.650 formasi untuk instansi pusat dan 862.174 untuk instansi daerah. Menariknya, ini juga termasuk penempatan talenta digital yang akan bekerja di Institut Kepemimpinan Nasional (IKN) dan pemerintah daerah.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, mengungkapkan bahwa pelaksanaan seleksi CPNS 2024 direncanakan akan dimulai pada bulan Juni atau Juli. Hal ini tentu menjadi kabar yang menarik bagi para calon peserta seleksi yang telah menantikan kesempatan untuk bergabung menjadi bagian dari aparatur sipil negara.

3 dari 6 halaman

Apa Saja Syarat Mendaftar CASN 2024?

Berdasarkan informasi dari beberapa sumber berikut ini adalah beberapa persyaratan umum yang biasanya harus dipenuhi oleh peserta CASN:

1. Warga Negara Indonesia (WNI).

2. Kartu Keluarga (KK).

3. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

4. Ijazah.

5. Transkrip Nilai.

6. Pas Foto.

7. Swafoto atau Selfie.

8. Dokumen lain yang sesuai dengan ketentuan jenis seleksi dan instansi yang akan dilamar. 

4 dari 6 halaman

Link dan Cara Daftar CPNS

Pendaftaran CPNS dan PPPK biasanya bisa dilakukan melalui situs resmi SSCASN atau melalui link sscasn.bkn.go.id. Lebih jelasnya lagi berikut ini adalah cara mendaftar CPNS:

1. Masuk ke situs resmi SSCASN atau melalui link sscasn.bkn.go.id.

2. Buatlah aku dengan menggunakan NIK atau Nomor Induk Kependudukan.

3. Setelah itu lakukan login dengan menggunakan NIK sebagai usernamenya dan password yang telah didaftarkan.

4. Kemudian isi biodata dengan lengkap dan akurat.

5. Pilih jenis seleksi formasi instansi serta jabatan yang sesuai dengan pendidikan.

6. Lengkapi dengan benar dan jelas data terkait pendidikan.

7. Unggah dokumen-dokumen persyaratan yang dibutuhkan.

8. Selanjutnya cek kembali kelengkapan data dan dokumen yang diunggah.

9. Cek kartu informasi hingga kartu pendaftaran.

10. Kemudian verifikator informasi akan melakukan verifikasi dokumen pelamar tersebut.

11. Jika dokumen berhasil di verifikasi pelamar yang lolos seleksi administrasi akan dinyatakan lulus dan pelamar bisa mencetak kartu ujian di akun SSCASN.

  

5 dari 6 halaman

Apa Saja Syarat Daftar CPNS 2024

Lantas apa saja syarat daftar CPNS 2024 dan PPPK 2024?

Peserta yang memenuhi syarat CPNS 2024 dipersilakan untuk mendaftar. Selain lulusan SMA hingga S1 yang memenuhi syarat CPNS 2024, peserta yang telah berusia 40 tahun juga diperkenankan untuk mendaftar. Namun, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi.

Berikut ini syarat CPNS 2024 sesuai Permenpan RB 27/2021:

  • Pelamar merupakan Warga Negara Indonesia (WNI);
  • Pelamar tidak pernah dipidana penjara selama 2 tahun atau lebih;
  • Pelamar tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, TNI, Polri, atau pegawai swasta;
  • Pelamar tidak berkedudukan sebagai CPNS, PNS, TNI, atau Polri;
  • Pelamar tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis;
  • Pelamar memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan;
  • Pelamar sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar;
  • Setelah menjadi CPNS, bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI atau negara lain yang ditentukan oleh instansi pemerintah;
  • Pelamar berusia 18-35 tahun pada saat melamar kecuali dokter spesialis, dokter gigi spesialis, dokter pendidik klinis, dosen, peneliti, dan perekayasa yang boleh melamar CPNS dengan batas usia paling tinggi 40 tahun.

 

6 dari 6 halaman

Syarat CPNS 2024 Bagi Lulusan Terbaik Atau Cumlaude

Apa syarat CPNS 2024 bagi lulusan terbaik atau cumlaude?

a. Pelamar mempunyai jenjang pendidikan paling rendah S1, tidak termasuk D-IV;

b. Pelamar berasal dari perguruan tinggi terakreditasi A/unggul dan program studi terakreditasi A/unggul pada saat kelulusan yang dibuktikan dengan tanggal kelulusan yang tertulis pada ijazah;

c. Pelamar yang merupakan lulusan dari perguruan tinggi luar negeri memperoleh penyetaraan ijazah dan surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya setara dengan cumlaude dari Kemendikbudristek.

Apa syarat CPNS 2024 bagi penyandang disabilitas?

a. Pelamar melampirkan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah/puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasannya;

b. Pelamar menyampaikan video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari dalam menjalankan aktifitas sesuai jabatan yang akan dilamar.Advertisement  

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat