uefau17.com

Mumi Remaja Ditemukan Terbungkus di Kuburan Bawah Tanah Peru, Diduga Berusia 1.200 Tahun - Global

, Lima - Arkeolog Peru menemukan mumi berusia lebih dari 1.000 tahun di pinggiran kota Lima, pada Senin 24 April 2023.

Penemuan mumi terbaru itu disebut berasal dari zaman pra-Inca.

Peru diketahui merupakan rumah bagi berbagai budaya pra-Hispanik yang berkembang selama berabad-abad sebelum kerajaan Inca naik ke puncak kekuasaan, terutama di sepanjang pantai tengah negara itu dan di Andes.

Melansir CNN, Selasa (25/4/2023), mumi itu diperkirakan adalah seorang remaja.

Arkeolog menemukannya di sebuah kuburan bawah tanah, dalam kondisi terbungkus oleh bungkusan untuk penguburan. Bersama sejumlah keramik juga tali, termasuk potongan kulit dan rambut.

Mumi remaja itu ditemukan dalam kondisi “keadaan konservasi yang baik,” menurut arkeolog Yomira Huaman. Remaja yang sudah terkubur lama itu diperkirakan hidup antara 1.100 atau 1.200 tahun yang lalu.

Selain itu, kemungkinan berasal dari budaya Lima atau Ichma.

Huaman mengatakan bahwa mumi remaja itu ditemukan sekitar 200 meter dari tempat mumi pertama ditemukan di situs Cajamarquilla. Ia pernah menemukan mumi lainnya di dekat lokasi tersebut sekitar satu tahun lalu.

Tak hanya mumi yang pernah temukan, situs arkeologi ini juga merupakan tempat ditemukannya sisa-sisa dari keberadaan delapan orang anak dan 12 orang dewasa, yang tampaknya dikorbankan sekitar 800 hingga 1.200 tahun yang lalu.

Kompleks Cajamarquilla yang luas menampilkan reruntuhan empat piramida dan konstruksi lain seperti dinding yang ditata seperti labirin. 

Tempat ini adalah kota batu bata lumpur terbesar kedua di Peru setelah Chan Chan di utara Andean.

Huaman berspekulasi bahwa Cajamarquilla kemungkinan dihuni oleh orang-orang dari pantai dan dataran tinggi Andean. 

Terletak di daerah berpasir sekitar 20 kilometer dari Lima, situs tersebut diyakini sebagai pusat perdagangan yang berkembang pesat.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadi Sorotan, Ini 6 Fakta Mumi Peru Berusia 800 Tahun di Dalam Tas Pengiriman Makanan

Berbeda dari biasanya, mumi Peru ini tidak ditemukan di situs arkeologi, melainkan di dalam tas pendingin pengiriman makanan. Simak faktanya!

Dalam sebuah pengiriman makanan, polisi menemukan mumi pra-Hispanik, yang diperkirakan berusia antara 600 hingga 800 tahun, mumi ini di temukan dalam tas pendingin pengiriman makanan oleh polisi Peru selama akhir pekan.

Dilansir dari cnn.com, Rabu (1/3/2023), polisi mengatakan kepada CNN bahwa sisa-sisa mumi ini ditemukan bersama tiga pria yang sedang minum di taman sepi yang berada di Kota Puno Peru pada Sabtu sore 25 Februari.

Berikut ini sejumlah fakta mengenai mumi yang ditemukan di Peru dalam tas pendingin pengiriman makanan dan sempat jadi sorotan:

1. Mumi yang Diberi Nama Juanita

Penemuan itu menunjukkan mumi dalam dalam tas pengiriman berwarna merah itu posisinya membentuk seperti janin. Pria berusia 26 tahun, yang diidentifikasi oleh kantor berita Agence France-Presse yang bernama Julio Cesar Bermejo, mengatakan bahwa dia menamai mumi tersebut sebagai "Juanita" ketika berbicara kepada media lokal.

Baca selengkapnya di sini...

3 dari 4 halaman

Ilmuwan Sebut Mumi 'Putri Duyung' Misterius di Jepang Boneka Buatan Penipu

Penemuan mumi selalu menjadi perhatian dan perbincangan masyarakat. Seperti salah satu penemuan mumi berikut ini yang ternyata adalah sebuah boneka.

Penelitian terbaru dari temuan mumi mermaid alias putri duyung di sebuah kuil Jepang mengungkap komposisi benda misterius tersebut. Hasilnya, tidak seperti apa yang diperkirakan para peneliti.

Dikutip dari situs Live Science, Senin (27/2/2023), para peneliti menemukan bahwa mumi yang disebut mirip putri duyung dan berumur berabad-abad itu ternyata merupakan sebuah boneka yang terbuat dari bagian-bagian tubuh hewan.

Semua itu berawal pada tahun 2022, saat para peneliti menemukan sesosok mirip putri duyung dengan panjang sekitar 12 inci (30,5 cm) tergeletak dalam kotak kayu tertutup di sebuah kuil Jepang, yang terletak di Prefektur Okayama. 

Awalnya, para peneliti mengira temuan mengerikan tersebut dibuat dari torso dan kepala monyet yang dijahit ke tubuh ikan yang dipenggal.

Baca selengkapnya di sini...

 

4 dari 4 halaman

Misterius, Arkeolog Temukan Mumi dengan Pelat Emas Pengganti Lidah di Mesir

Penemuan kali ini meninggalkan banyak pertanyaan, keanehan ditemukan oleh para arkeolog. Temuan mumi di Mesir ini diketahui memiliki lidah yang terbuat dari pelat emas.

Para arkeolog menemukan beberapa mumi kuno di Mesir dengan pelat emas di tempat lidah seharusnya berada. Mengutip Science Alert, Selasa (29/11/2022), penemuan yang menguntungkan ini dibuat di nekropolis Quweisna di tengah Delta Nil.

Ditemukan pada 1989, situs ini diperkirakan telah ditempati selama periode Ptolemeus dan Romawi, yang membentang dari sekitar 300 SM hingga 640 Masehi. Mumi-mumi berlidah emas ini ditemukan di perluasan kompleks arkeologi yang baru ditemukan, di mana banyak mayat lainnya dikuburkan di tiga periode waktu yang berbeda di Mesir kuno. 

Beberapa kerangka yang digali memiliki tulang belulang yang dilapisi emas, sementara yang lain hanya dikuburkan di dekat scarab -- jimat populer dan cap jejak di Mesir kuno-- dan emas berbentuk bunga teratai. 

Baca selengkapnya di sini...

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat