uefau17.com

Sejarah Hari Hutan Sedunia yang Diperingati Setiap 21 Maret - Global

, Jakarta - Hari Hutan Internasional diperingati setiap 21 Maret untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pohon dan hutan bagi kelangsungan makhluk hidup, termasuk manusia.

Keberadaan hutan sangat penting bagi ekosistem dan kelangsungan hidup manusia karena hutan berfungsi mengatur iklim, menjernihkan air dan udara serta menyediakan makanan bagi makhluk hidup. 

Dilansir Times of India, Selasa (21/3/2023), awalnya Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) menetapkan Hari Kehutanan Dunia atau World Forestry Day pada 21 Maret 1971. 

Kemudian pada 2011, PBB mendeklarasikan bahwa periode tahun 2011 hingga 2020 merupakan Dekade Hutan Internasional. Tujuannya adalah untuk mempromosikan konservasi hutan, mempromosikan pengelolaan berkelanjutan dan pengembangan hutan dunia. Hingga akhirnya, Hari Hutan Internasional resmi ditetapkan pada 2012 dalam Resolusi PBB.

Pada Hari Hutan Internasional, organisasi dan individu di seluruh dunia biasanya menyelenggarakan acaara dan kegiatan untuk meningkatkan kesadaran soal pentingnya hutan dan mempromosikan praktik pelestarian hutan. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tema Hari Hutan Internasional 2023

Tema Hari Hutan Internasional berubah setiap tahunnya, menyorot berbagai aspek konservasi dan pengelolaan hutan.

Tema Hari Hutan Internasional pada 2023 adalah "Hutan dan Kesehatan."

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk ikut terlibat dalam perayaan Hari Hutan Internasional. Berikut adalah beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan sehari-hari:

  • Mengurangi penggunaan kertas dan beralih ke dokumen digital
  • Menggunakan produk daur ulang
  • Mengurangi konsumsi daging lantaran ini menjadi salah satu penyebab utama deforestasi
  • Memberi edukasi terhadap orang di sekitar Anda untuk menerapkan gaya hidup ramah lingkungan
  • Menanam lebih banyak pohon di sekitar tempat tinggal Anda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat