uefau17.com

Michelle Yeoh Menang Aktris Terbaik Oscar, Pertama dari Asia Tenggara - Global

, Los Angeles - Aktris Michelle Yeoh berhasil meraih Piala Oscar untuk kategori aktris terbaik (Actress in Leading Role). Ia menang berkat film Everything Everywhere All At Once yang sensasional.

Kemenangan bersejarah ini menandakan aktris Asia pertama yang meraih penghargaan Piala Oscar untuk aktris terbaik di Academy Awards. Michelle Yeoh yang punya kewarganegaraan Malaysia juga menjadikannya sebagai aktris Asia Tenggara pertama yang meraih penghargaan tersebut. 

Michelle Yeoh berhasil unggul dari para nominee Oscar lain, seperti Cate Blanchett (Tár), Anna de Armas (Blonde), Andrea Riseborough (To Leslie), dan Michelle Williams (The Fablemans). 

The New York Times menulis headline "Michelle Yeoh Becomes First Asian Best Actress Oscar Winner". Aktris itu disebut sebagai wanita Asia pertama yang menang aktris terbaik dalam 95 tahun sejarah Academy Awards. 

Selain Michelle Yeoh, lawan mainnya, seperti Jamie Lee Curtis dan Ke Huy Quan, juga menang untuk kategori aktor dan aktirs pendukung.

Nama Michelle Yeoh dan Cate Blanchett sama-sama trending di Twitter usai nama aktris terbaik diumumkan. Apabila Cate Blanchett menang, maka ia bisa menjadi salah satu dari sedikit aktris yang meraih tiga Oscar. 

Sebelumnya, Blanchett meraih penghargaan aktris terbaik Oscar melalui film The Aviator (2004) untuk kategori aktris pendukung, kemudian menang lagi di film Blue Jasmine (2013) untuk kategori aktris terbaik.

Pada film Tár, Cate Blanchett bermain sebagai Lydia Tár yang merupakan konduktor musik yang memiliki kepribadian yang keras.

Sementara, Michelle Yeoh memerankan tokoh Evelyn Quan Wang di film Everything Everywhere All at Once. Tokoh yang ia perankan adalah seorang ibu kelas menengah yang menemui dirinya di berbagai dimensi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Michelle Yeoh Juga Menang Golden Globes

Sebelumnya, Michelle Yeoh berhasil mendapat kemenangan pertamanya di Golden Globe Awards. Ia menyabet penghargaan Best Actress in a Motion Picture-Musical or Comedy untuk perannya sebagai Evelyn Wang di Everything Everywhere All at Once.

Golden Globe Awards ke-80 itu dihelat secara megah di Beverly Hilton Hotel, California, AS. Ajang ini menjadi pesta penghargaan bagi industri film dan televisi terbaik di Amerika Serikat sepanjang 2022 lalu.

Di atas panggung, Michelle Yeoh menyampaikan pidato yang mengharukan, dengan mengingat kembali momen ketika ia pertama kali datang ke Hollywood dan akhirnya berhasil meraih penghargaan di usianya yang ke-60.

Kemenangan itu adalah momen bersejarah karena menjadi piala Golden Globe pertama aktris Asia tersebut setelah berkarier selama 40 tahun di industri perfilman Hollywood. Michelle Yeoh mulai berkarier di Hollywood semenjak 1997 melalui film James Bond, Tomorrow Never Dies.

“Saya hanya akan berdiri di sini dan menerima semua ini,” katanya, sambil memegang trofi patung emas. “40 tahun ... Saya tidak akan melepaskan ini.”

Dia melanjutkan, “Ketika saya pertama kali datang ke Hollywood, itu adalah mimpi yang menjadi kenyataan ... sampai saya tiba di sini. Saya datang ke sini dan diberi tahu, ‘Anda adalah minoritas’,” ujarnya.

Yeoh kemudian bekerja dengan sutradara terkenal termasuk Steven Spielberg, Rob Marshall, dan James Cameron. Tetapi perempuan berusia 60 tahun itu menemukan bahwa peluang mulai menyusut seiring bertambahnya usia.

“Saya pikir, ‘Hei, ayolah gadis. Anda memiliki lari yang sangat, sangat bagus’,” katanya.

Dan kemudian akhirnya momen itu datang. “Terima kasih A24 karena percaya pada dua genius yang konyol, gila-gilaan, dan luar biasa ini, [sutradara Daniel Kwan dan Daniel Scheinert], yang memiliki keberanian untuk menulis tentang seorang imigran yang sangat biasa, wanita tua, ibu, anak perempuan,” katanya.

Yeoh melanjutkan, “Saya diberi hadiah bermain wanita ini yang beresonansi sangat dalam dengan saya dan dengan begitu banyak orang karena, pada akhirnya, di alam semesta apa pun dia berada, dia berjuang untuk cinta, untuk keluarganya,” dia menegaskan.

Sebelum meninggalkan panggung, Yeoh meneriakkan bintang-bintang Everywhere Everywhere All at Once seperti Stephanie Hsu, Jamie Lee Curtis, dan Ke Huy Quan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat