uefau17.com

Produksi Rendang Indonesia di Bulgaria Akan Masuk Pasar Eropa dan Balkan Tahun 2023 - Global

, Jakarta - Tahun ini, produk rendang Indonesia yang diproduksi di Bulgaria akan segera diluncurkan dan direncanakan masuk pasar Eropa dan Balkan.

Hal ini diungkapkan oleh Duta Besar Indonesia untuk Bulgaria Iwan Bogananta, Jumat (10/3/2023) sore di Jakarta.

"Program ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2021 lewat Indonesian Spice up the World (ISUTW)," jelas Iwan Bogananta.

KBRI Sofia merilis bahwa pengaplikasian program ini menghasilkan kesepakatan kerja sama perusahaan Indonesia dengan perusahaan retail minuman asal Bulgaria yang sepakat mendirikan pabrik rendang Indonesia di negara tersebut dengan nilai investasi sebesar US$ 3 juta atau setara Rp 46,4 miliar.

Bentuk kesepakatan ini kemudian direalisasikan dengan penandatangan LoI pada 2021, dilanjutkan dengan meluncurkan program Rendang goes to europe bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dimana kedepan packaging rendang akan menggunakan logo 'Wonderful Indonesia'.

Tindaklanjut kerjasama tersebut, pada 2022 telah dilaksanakannya ujicoba produksi rendang di Bulgaria, dan pada 2023, akan segera diluncurkan produkuntuk masuk pasar Eropa dan Balkan.

"Kesepakatan ini juga membawa kesepakatan dagang pembelian tepung kelapa (High Dessicated Coconut) antara PT. Sasa Indonesia dan PICCo Bulgaria," ujar Dubes Iwan.

"Program Spice up ini bagus. Jadi bumbunya didukung oleh pemerintah dibawa kontainer dan bumbu bisa digunakan di sana," kata Dubes Iwan Bogananta.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dubes Iwan Bogananta Sempat Tinjau Proses Produksi Rendang di Pabrik Bella Ltd, Plovdiv-Bulgaria

Dubes Iwan Bogananta sempat meninjau uji coba proses produksi rendang di Pabrik Bella Ltd , Plovdiv-Bulgaria pada Oktober 2022. Kegiatan ini dihadiri pakar kuliner tanah air William Wongso dan ketua asosiasi Halal Bulgaria.

Wiliam Wongso hadir untuk memberikan masukan secara teknis industrial pengerjaan produksi rendang, dari kualiti  kontrol penggunaan  bumbu,  pengaturan daging hingga menjadi produk akhir. Juga selanjutnya terkait pengemasan dan pemasaran.

Wiliam Wongso mengaku bangga atas upaya Duta Besar RI di Sofia dalam menjalankan program ‘Indonesia Spice up the World (ISUTW)’ yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

“Langkah Dubes Iwan Bogananta dan ini sangat   kongrit  dengan melalui proses negosiasi yang cepat, akhirnya rendang bisa diproduksi dengan teknologi canggih oleh perusahaan besar Bulgaria, Bella, Ltd,” kata pria yang akrab disapa ‘Om Will’ itu.

Saat memimpin langsung entry briefing, Dubes Iwan Bogananta mengapresiasi baik upaya Bulgaria, khususnya perusahaan Bella, Ltd yang telah mempercayai Indonesia   untuk bekerjasama dan  berinvestasi dalam mendirikan pabrik khusus  pengolahan Rendang Padang.

Proses negosiasi ini telah dimulai sejak akhir 2021,  diluncurkan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Uno  dengan titel ‘Rendang Goes to Europe’, pada awal 2022, di Bali.

Dubes Iwan menambahkan, nantinya seluruh bumbu rendang akan dikirim langsung dari Indonesia lalu diolah dengan menggunakan daging halal dari Bulgaria dan negara sekitar.

“Sukses bekerjasama produksi rendang, ke depan pihak Bella komit akan memproduksi makanan khas Indonesia lainnya,” ungkap Iwan.

3 dari 3 halaman

Rendang Gaya Eropa

Dalam ujicoba tersebut, COO  Bella, Ltd, Dimitar Mitev menyampaikan  keyakinannya bahwa rendang akan sukes di pasar global.

“Kami akan mengajarkan masyarat Eropa bagaiamna cara mengkonsumsi rendang agar terasa nikmat mengikuti ala Eropa,” tukasya.

Untuk diketahui, Bella memiliki rantai distribusi dan juga sebagai  market laeder produk makanan di Balkan. Perusahaan ini memiliki gudang logistik dengan luas 54 ribu meter, dengan 160 distributor yang tersebar di Bulgaria.

Sebagai investasi tahap awal, lanjut Dimitar Mitev, pihaknya menargetkan untuk memproduksi lebih dari 18 ton per bulan  ke seluruh Bulgaria dan Eropa. Jika pasarnya mulai melebar, Bella akan mentambahkan lagi mesin produksinya.

“Kami bisa pastikan rendang ini bisa dinikmati oleh masyarakat Muslim karena telah kami lengkapi juga dengan sertifikasi halal,” tegasnya.

Menparekraf Sandiaga Uno memantau secara daring aktivitas uji coba dan produksi perdana Rendang Padang di Bulgaria. Dalam kesempatan ini, Sandiaga merasa sangat bangga dan mengapresiasi ‘gercep’ alias gerak cepat KBRI Sofia dalam menjalankan program ISUTW.

“Kami berharap diplomasi gastronomi ini terus dilakukan, dan produksi rendang di Eropa membawa kebaikan dalam percepatan kembangkitan ekonomi di tanah air dengan melibatkan pelaku UKM Indonesia,” kata ‘Mas Menteri’ sembari mengucapkan terimakasih kepada Pihak Bella  Bulgaria atas komitmen kerjasamanya dalam menjalankan program ‘Rendang Goes to Europe’.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat