uefau17.com

Indahnya Foto Tarantula Nebula, Jaraknya 161 Ribu Tahun Cahaya dari Bumi - Global

, Jakarta - Situs NASA membagikan foto yang indah dari Tarantula Nebula. Foto itu disebar NASA pada 3 Februari 2023, dan berasal dari Hubble Space Telescope.

Jarak antara planet Bumi dan Tarantula Nebula mencapai 161 ribu tahun cahaya.

"Tarantula Nebula adala lokasi yang familiar bagi Hubble. Ia adalah daerah pembentuk bintang yang paling cerah di area galaksi kita dan merupakan rumah bagi bintang-bintang yang paling panas dan masif," tulis NASA, dikutip Rabu (8/2/2023).

Pada September 2022, James Webb Space Telescope juga menelaah nebula tersebut dan menemukan ribuan bintang muda.

NASA menyebut foto terbaru ini diambil saat ilmuwan mencoba memahami debu yang eksis dalam kegelapan di antara bintang-bintang. 

Proposal observasi ini disebut Scylla. Hasilnya, para ilmuwan bisa mengamati bagaimana debu interstellar berinteraksi dengan cahaya bintang di berbagai lingkungan.

Observasi Scylla ini melengkapi program Hubble lain yang disebut Ulysses yang bertujuan untuk mengkarakterisasi bintang-bintang.

Foto terbaru ini juga menggabungkan data dari sebuah program observasi yang mempelari formasi bintang dengan kondisi-kondisi yang mirip dengan alam semesta di zaman dulu. Tujuan lainnya adalah mengkatalog bintang-bintang di Tarantula Nebula.

Situs Space.com menjelaskan bahwa nebula ini berada di Awan Magellan Besar. Nebula ini merupakan daerah "Local Group" (galaksi terdekat dengan Bimasakti) yang paling terang dan besar.

Tarantula Nebula yang juga disebut 30 Doradus ini juga disebut NASA sebagai lokasi favorit astronom untuk mempelajari formasi bintang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat