uefau17.com

Pasukan Taliban Lepas Tembakan di Perbatasan Pakistan, 6 Warga Sipil Tewas - Global

, Chaman - Pasukan Taliban di Afghanistan melepaskan tembakan ke perbatasan dengan Pakistan pada Minggu (11 Desember), hingga menewaskan enam warga sipil, kata militer Pakistan.

Dilansir Channel News Asia, Senin (12/12/2022), lebih dari selusin orang terluka oleh "tembakan yang tidak beralasan dan sembarangan" di dekat kota Chaman di provinsi Balochistan, tambah militer.

"Pasukan perbatasan Pakistan telah memberikan tanggapan yang sesuai meskipun terukur terhadap agresi yang tidak pantas, tetapi menghindari penargetan warga sipil tak berdosa di daerah itu," kata pernyataan Pakistan.

"Pakistan juga telah mendekati pihak berwenang Afghanistan di Kabul untuk menyoroti tingkat keparahan situasi dan menuntut tindakan tegas untuk meniadakan terulangnya insiden seperti itu di masa depan."

Bentrokan itu terjadi setelah pasukan Afghanistan mencoba memotong sebagian pagar di perbatasan, menurut seorang pejabat senior pemerintah provinsi yang berbicara kepada AFP tanpa menyebut nama.

Seorang juru bicara polisi di provinsi Kandahar membenarkan bahwa telah terjadi bentrokan di perbatasan tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Seorang anggota Taliban tewas dan 10 orang terluka, termasuk tiga warga sipil, tambah juru bicara gubernur provinsi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ramainya Perbatasan

Ribuan orang melintasi perbatasan antara Spin Boldak, Afghanistan, dan Chaman, Pakistan, setiap hari, termasuk pedagang, warga Afghanistan yang mencari perawatan medis di Pakistan, dan orang yang mengunjungi kerabat.

"Sebuah mortir mendarat dan menyebabkan bola api besar. Setelah itu saya kehilangan kesadaran dan tidak tahu apa yang terjadi," kata Fida Muhammad, yang terluka di sisi penyeberangan Pakistan dan dibawa ke rumah sakit.

Bulan lalu, seorang pria bersenjata menembak mati seorang penjaga keamanan Pakistan di perbatasan Chaman, yang menyebabkan penutupannya selama seminggu.

3 dari 4 halaman

Ketegangan di Perbatasan Meningkat

Sejak Taliban kembali berkuasa tahun lalu, ketegangan perbatasan antara tetangga telah meningkat, dengan Pakistan menuduh kelompok militan merencanakan serangan dari tanah Afghanistan.

Taliban menyangkal menyembunyikan militan Pakistan, tetapi juga geram dengan pagar yang didirikan Islamabad di sepanjang 2.700 kilometer perbatasan antara kedua negara.

4 dari 4 halaman

Pertemuan Menlu Pakistan

Belum lama ini, Hina Rabbani Khar, menteri luar negeri Pakistan untuk urusan luar negeri, telah bertemu dengan penjabat menteri luar negeri Afghanistan Amir Khan Muttaqi di ibukota Kabul di tengah ketegangan atas kekerasan lintas batas.

Kunjungan tersebut datang sehari setelah kelompok bersenjata Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP) mengakhiri gencatan senjata selama berbulan-bulan dengan Islamabad meningkatkan kekhawatiran keamanan tentang wilayah perbatasan Afghanistan-Pakistan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat