uefau17.com

Inilah Daftar Bank Terbaik di Indonesia 2024 versi Euromoney, Siapa Teratas? - Bisnis

, Jakarta Majalah bisnis dan keuangan asal Inggris, Euro money merilis daftar bank-bank terbaik di Indonesia dalam Euromoney Awards for Excellence 2024.

Melansir laman resminya, Jumat (19/7/2024) Euromoney menobati Bank Mandiri sebagai bank terbaik di Indonesia tahun ini.

Majalah tersebut menyoroti posisi Bank Mandiri sebagai bank terbesar di Indonesia berdasarkan aset, dengan laba bersih yang mencapai USD 3,6 miliar pada tahun 2023, peningkatan 34% YoY – tertinggi di industri dan secara signifikan melampaui empat bank papan atas lainnya.

Pinjaman Bank Mandiri juga mencapai USD 90,7 miliar di 2023, dan portofolio kredit multi-segmen yang mencakup segmen nasabah grosir, mikro, kecil, dan menengah, serta segmen nasabah individu, dengan porsi terbesar pada kredit grosir, yaitu sebesar 52%.

Awal tahun ini, Fitch Ratings juga menaikkan peringkat Bank Mandiri, mengakui penurunan nilai kredit bank yang lebih rendah dan penyangga pencadangan kerugian pinjaman yang tinggi.

Rasio kredit bermasalah (NPL) perusahaan juga mencapai 1,2% pada bulan Desember 2023, lebih baik dibandingkan dengan perusahaan sejenis di dalam negeri dan menunjukkan peningkatan yang signifikan dari rasio 1,92% pada tahun sebelumnya, Euromoney menyoroti.

Kemudian ada Bank Syariah Indonesia (BSI) yang dinobatkan sebagai bank digital terbaik di Tanah Air dalam Euromoney Awards for Excellence 2024.

Euromoney menyoroti jumlah pengguna terdaftar BSI Mobile sebanyak 6,31 juta pengguna pada Desember 2023. Transaksi yang dilakukan melalui aplikasi meningkat 155% menjadi 316 juta pada tahun 2023.

Sementara bank memperoleh pendapatan berbasis biaya (fee-based income) dari saluran digital tumbuh sebesar 9% pada tahun 2023 mencapai Rp 991 miliar.

Selanjutnya ada Citi Indonesia yang dinobatkan sebagai Bank Internasional Terbaik di Indonesia.

"Penghargaan Euromoney ini adalah penghargaan internasional ketiga yang didapatkan perusahaan pada paruh pertama tahun ini. Ini semua hasil dari dedikasi kami untuk terus mendukung ketahanan sektor perbankan di Indonesia dan pertumbuhan finansial klien kami," ata CEO Citi Indonesia, Batara Sianturi dalam keterangan resminya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Lengkap Bank Terbaik di Indonesia 2024

Berikut adalah bank terbaik di Indonesia dalam Euromoney Awards for Excellence 2024:

  1. Bank terbaik di Indonesia: Bank Mandiri
  2. Bank investasi terbaik: UBS
  3. Bank internasional terbaik: Citi Indonesia
  4. Bank digital terbaik: Bank Syariah Indonesia (BSI)
  5. Bank terbaik untuk Usaha Kecil Menengah: OCBC NISP
  6. Bank terbaik untuk ESG: DBS
  7. Bank terbaik untuk corporate responsibility: Bank Rakyat Indonesia (BRI)
  8. Bank terbaik untuk keberagaman dan inklusi: Bank Tabungan Negara (BTN)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat