uefau17.com

Gempa M 7,4 Chile Dirasakan 6 Provinsi, Guncangan Picu Bebatuan Berjatuhan Tapi Tak Ada Tsunami - Global

, Antofagasta - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,4 melanda Chile utara pada Kamis (18/7/2024), kata United States Geological Survey (Survei Geologi Amerika Serikat) seperti dikutip dari AFP.

Pusat gempa Chile ini terletak 265 km sebelah timur kota pesisir Antofagasta, pada kedalaman 126 km.

"Sejauh ini tidak ada laporan korban cedera atau kerusakan besar, namun tim sedang mengumpulkan informasi," tulis Presiden Chile Gabriel Boric di X.

Jaringan seismik UEA juga mendeteksi gempa tersebut pada pukul 5.50 pagi, dan menempatkannya pada magnitudo 7,1, kata National Centre of Meteorology Pusat Meteorologi Nasional.

Pusat gempa bumi Chile yang mengguncang hari Kamis (18/7) terletak sekitar 50 mil dari perbatasan Chile dengan Argentina, dan kurang dari 20 mil dari perbatasan Chile dengan Bolivia.

Chile terletak di sepanjang "Cincin Api" Pasifik, sebuah busur aktivitas seismik intens yang membentang dari Jepang hingga Asia Tenggara dan melintasi cekungan Pasifik.

Pada tahun 2010, gempa berkekuatan magnitudo 8,8 menimbulkan tsunami yang menyapu seluruh desa di bagian selatan dan tengah negara tersebut, menyebabkan sekitar 520 orang tewas.

Berbatasan dengan Samudera Pasifik di barat dan pegunungan Andes di timur, Chile juga merupakan salah satu negara dengan aktivitas seismik paling aktif di dunia.

Mengutip ABC News, Presiden Chile Gabriel Boric mengatakan pemerintahnya sedang memeriksa daerah tersebut dengan cermat namun "sejauh ini tidak ada laporan korban cedera atau kerusakan besar." Gempa tersebut tidak mengaktifkan alarm tsunami.

Apa yang harus dilakukan saat terjadi gempa?

  • Seseorang harus selalu tetap tenang dan meyakinkan orang lain jika terjadi gempa bumi.
  • Selama gempa berlangsung, seseorang harus selalu mencari tempat teraman - ruang terbuka, jauh dari bangunan.
  • Bagi mereka yang berada di dalam ruangan, sebaiknya berlindung di bawah meja, meja, atau tempat tidur dan menjauhi kaca, jendela.
  • Tetap tenang, jangan terburu-buru keluar gedung karena dapat menyebabkan terinjak-injak. Jika berada di luar ruangan, seseorang harus menjauh dari bangunan dan kabel listrik serta kendaraan yang bergerak harus segera dihentikan.
  • Perlu diingat untuk membebaskan semua hewan peliharaan dan hewan peliharaan sehingga mereka dapat melarikan diri dan seseorang harus berada di tempat terbuka sampai getarannya berhenti.
  • Disarankan juga untuk tidak menggunakan lilin, korek api dan mematikan semua api.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gempa Guncang 6 Provinsi

Rekaman yang tersebar secara online yang menunjukkan bebatuan berjatuhan ke jalan raya yang menghubungkan Kota Calama ke Tocopilla, sebelah timur pusat gempa dan pihak berwenang setempat melaporkan adanya blokade jalan di daerah tersebut.

Guncangan akibat gempa bumi yang lebih dalam cenderung dirasakan di wilayah bumi yang lebih luas, kata para ahli.

Adapun gempa hari Kamis (18/7) terjadi di enam provinsi – Tarapacá, Antofagasta, Atacama, Coquimbo, Arica dan Parinacota – kata layanan darurat Chile. Setidaknya selusin gempa susulan telah mengguncang permukaan sejak saat itu.

“Meskipun kekuatannya luar biasa besar, dan banyaknya benda yang jatuh, gempa ini tidak dianggap sebagai gempa bumi dengan intensitas besar,” para peneliti di Jaringan Geosains Chile non-pemerintah melaporkan, mengutip “beberapa guncangan kecil pada infrastruktur” namun tidak ada bangunan yang roboh. “Tidak sulit bagi warga untuk berdiri,” katanya.

3 dari 4 halaman

Riwayat Gempa Bumi Chile Utara Sebelumnya

Pada bulan Januari, gempa berkekuatan magnitudo 5,3 melanda wilayah Tarapaca di Chile utara pada kedalaman 118 km. Tidak ada kerugian yang dilaporkan pada saat itu.

Chile adalah salah satu negara paling rawan gempa di dunia. Wilayah ini terletak di “Cincin Api” Samudera Pasifik, yaitu wilayah yang bergejolak secara seismik, tempat terjadinya banyak letusan gunung berapi dan gempa bumi.

Negara ini telah dilanda beberapa gempa bumi terkuat yang tercatat di dunia, termasuk gempa berkekuatan magnitudo 9,5 yang tercatat pada tahun 1960 di kota selatan Valdivia.

Pada tahun 2010, gempa berkekuatan magnitudo 8,8 dan tsunami yang terjadi kemudian menewaskan lebih dari 500 orang.

4 dari 4 halaman

Daftar Gempa Bumi Besar di Chile

Berikut ini daftar gempa bumi besar yang tercatat sejarah di Chile::

  • 1965 - berkekuatan magnitudo 7,4 di La Ligua, 400 orang tewas
  • 1971 - berkekuatan magnitudo 7,5 di wilayah Valparaiso, 90 orang tewas
  • 1985 - Valparaiso lepas pantai berkekuatan magnitudo 7,8, 177 orang tewas
  • 1998 - berkekuatan magnitudo 7,1 di dekat pantai utara Chile
  • 2002 - berkekuatan magnitudo 6,6 di wilayah perbatasan Chile-Argentina
  • 2003 - berkekuatan magnitudo 6,8 di dekat pantai tengah Chile
  • 2004 - berkekuatan magnitudo 6,6 di dekat Bio-Bio, Chile tengah
  • 2005 - Tarapaca berkekuatan magnitudo 7,8, Chile utara, 11 orang tewas
  • 2007 - berkekuatan magnitudo 7,7 di Antofagasta, Chile utara, 2 orang tewas
  • 2007 - berkekuatan magnitudo 6,7 di Antofagasta
  • 2008 - berkekuatan magnitudo 6,3 di Tarapaca
  • 2009 - lepas pantai Tarapaca berkekuatan magnitudo 6,5

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat