uefau17.com

14 Ribu Unggas Mati di Peru Akibat Virus Flu Burung H5N1 - Global

, Lima - Layanan Kesehatan Pertanian dan Peternakan Peru mengevakuasi burung mati di sebuah pantai di Lima, karena virus flu burung H5N1 yang sangat menular telah menewaskan sekitar 14.000 pelikan, burung boobies berkaki biru, dan burung laut lainnya di negara Amerika Selatan tersebut.

Wabah flu burung saat ini dimulai di Kanada dan menyebar ke Amerika Serikat, yang telah melihat rekor 50 juta kematian burung, kata Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS seperti dikutip dari MSN News, Sabtu (3/12/2022).

Peru pertama kali mengeluarkan peringatan kesehatan pada Kamis lalu setelah mengonfirmasi tiga kasus H5B1 di pelikan, dan sejak itu ribuan orang ditemukan tewas di daerah pesisir.

"Laporan resmi terbaru yang dilakukan di tingkat nasional menunjukkan lebih dari 13.869 burung laut liar terbunuh oleh virus flu burung H5N1 yang berbahaya," kata National Forestry and Wildlife Service (SERFOR).

Pelikan, burung boobies laut dan burung boobies kaki biru, di antara spesies lainnya, telah mati.

Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO) awal tahun ini memperingatkan negara-negara di Amerika Selatan dan Tengah untuk "waspada tinggi" terhadap penyebaran virus melalui burung yang bermigrasi.

Tidak ada pengobatan untuk flu burung, yang menyebar secara alami di antara burung liar dan juga dapat menginfeksi unggas domestik.

Virus flu burung biasanya tidak menginfeksi manusia, meskipun ada kasus yang jarang terjadi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Flu Burung Jadi Alasan Pembantaian 1,8 Juta Ayam di Nebraska AS

Pejabat pertanian Nebraska mengatakan 1,8 juta ayam ternak harus dibunuh setelah flu burung ditemukan di sebuah peternakan. Ini dinilai sebagai tanda terbaru atas wabah yang telah mendorong pembantaian unggas di seluruh negeri itu.

Departemen Pertanian Nebraska mengatakan pada hari Sabtu bahwa kasus flu burung ke-13 di negara bagian itu ditemukan di peternakan petelur di Kabupaten Dixon timur laut Nebraska, sekitar 120 mil (193 kilometer) utara Omaha, Nebraska.

Mengutip AP News, Senin (28/11/2022), sama seperti di peternakan lain di mana flu burung ditemukan tahun ini, ayam-ayam di peternakan Nebraska juga akan dibunuh untuk membatasi penyebaran penyakit tersebut.

Departemen Pertanian AS mengatakan, lebih dari 52,3 juta burung di 46 negara bagian -- sebagian besar ayam dan kalkun di peternakan komersial -- telah disembelih karena terjangkit wabah flu burung, tahun ini.

6,8 juta burung di 13 peternakan di Nebraska terdampak atas wabah tersebut. Jumlah tersebut menunjukkan, saat ini Nebraska berada di urutan kedua setelah 15,5 juta burung di Iowa yang terbunuh.

Di sebagian besar wabah flu burung yang lalu, sebagian besar virus mati selama musim panas. Akan tetapi, virus versi tahun ini menemukan cara untuk bertahan dan mulai muncul kembali pada musim gugur ini dengan lebih dari 6 juta burung terbunuh pada bulan September.

Virus ini terutama disebarkan oleh burung liar saat mereka bermigrasi ke seluruh negeri. Burung liar seringkali dapat membawa penyakit tanpa menunjukkan gejala. Virus menyebar melalui kotoran atau cairan hidung burung yang terinfeksi, yang dapat mencemari debu dan tanah.

 

3 dari 3 halaman

Tindakan Pencegahan

Peternakan komersial telah mengambil sejumlah langkah untuk mencegah virus menginfeksi ternak mereka, termasuk mewajibkan pekerja untuk berganti pakaian sebelum memasuki lumbung dan mensterilkan truk saat memasuki peternakan, tetapi penyakit ini sulit dikendalikan.

Kebun binatang juga mengambil tindakan pencegahan dan menutup beberapa pameran untuk melindungi burung mereka.

Para pejabat mengatakan, ada sedikit risiko bagi kesehatan manusia dari virus tersebut karena kasus pada manusia sangat jarang dan unggas yang terinfeksi tidak diizinkan memasuki pasokan makanan negara. Terlebih, virus apa pun akan terbunuh dengan memasak unggas dengan benar hingga 165 derajat Fahrenheit (73.8 derajat Celcius).

Kendati demikian, wabah flu burung telah berkontribusi pada kenaikan harga ayam dan kalkun seiring dengan melonjaknya harga pakan dan bahan bakar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat