uefau17.com

Hari Kebebasan Pers Dunia di Tengah Pandemi Corona, Sudahkah Jurnalis Merdeka? - Global

, Jakarta - Baru-baru ini dunia memperingati World Press Freedom Day (WPFD) atau dikenal sebagai Hari Kebebasan Pers Sedunia. Tepatnya pada Minggu 3 Mei.

Mengutip situs UN.org, Senin (4/5/2020), pertama kali peringatan itu diproklamasikan oleh Majelis Umum PBB pada Desember 1993, mengikuti rekomendasi Konferensi Umum UNESCO. Sejak itu, 3 Mei, peringatan Deklarasi Windhoek dirayakan di seluruh dunia sebagai Hari Kebebasan Pers Dunia.

3 Mei bertindak sebagai pengingat bagi pemerintah tentang perlunya menghormati komitmen mereka terhadap kebebasan pers. Ini juga merupakan hari refleksi di antara para profesional media tentang masalah kebebasan pers dan etika profesional.

Ini adalah kesempatan untuk: merayakan prinsip-prinsip dasar kebebasan pers;menilai keadaan kebebasan pers di seluruh dunia; membela media dari serangan terhadap kemerdekaan mereka; dan membayar upeti kepada jurnalis yang kehilangan nyawanya karena menjalankan tugas.

Namun kali ini perayaan ini cukup berbeda karena adanya pandemi Virus Corona COVID-19. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Amsterdam Jadi Tuan Rumah Perayaan Hari Pers Sedunia Tahun Ini dan Penundaan Akibat Corona COVID-19

Belanda adalah tuan rumah untuk Hari Kebebasan Pers Dunia 2020.

UNESCO dan Belanda telah merencanakan Konferensi dari 22 hingga 24 April di Forum Dunia di Den Haag. Sekarang dijadwalkan untuk 18-20 Oktober di tempat yang sama.

Ini akan menjadi perayaan bersama Hari Kebebasan Pers Sedunia (3 Mei) dan Hari Internasional untuk Mengakhiri Impunitas atas Kejahatan terhadap Jurnalis (2 November).

Keputusan untuk menunda konferensi diambil untuk meminimalkan biaya dan risiko bagi semua yang terlibat, setelah keputusan oleh Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan COVID-19 sebagai pandemi global.

Perencanaan konferensi sedang berjalan; dengan lebih dari 1.000 peserta terdaftar dan 60 sesi dikonfirmasi.

Program ini mencakup forum internasional pertama para aktor hukum, konferensi akademik tentang keselamatan jurnalis, festival kebebasan pers yang menargetkan kaum muda, dan upacara penghargaan Hadiah Kebebasan Pers Dunia UNESCO / Guillermo Cano, di antara banyak sesi lainnya.

Jaringan yang paling penting dari para pemangku kepentingan media telah mengkonfirmasi kehadiran mereka. Penyelenggara konferensi mengundang semua mitra untuk melanjutkan keterlibatan mereka dengan acara ini dan akan berupaya memastikan program yang sama dengan tingkat partisipasi yang lebih besar di bulan Oktober.

3 dari 4 halaman

Tema 2020: Jurnalisme Tanpa Rasa Takut

Pada 3 Mei, perayaan nasional dan lokal untuk Hari Kebebasan Pers Sedunia akan berlangsung di seluruh dunia, beberapa dalam bentuk debat dan lokakarya online.

UNESCO meluncurkan kampanye global di media dan saluran media sosial, dengan fokus pada "Jurnalisme tanpa Rasa Takut atau Bantuan" dalam lanskap media yang semakin kompleks. Bergabunglah dengan mereka pada 3 Mei untuk acara streaming langsung interaktif gratis untuk merayakan Hari Kebebasan Pers Dunia 2020: "Konferensi Perbedaan Hari 2020." Juga, pada 4 Mei hingga 6 Mei, akan ada beberapa acara termasuk: Dialog Tingkat Tinggi tentang Kebebasan Pers dan Menangani Disinformasi dalam konteks COVID-19, webinar, dan diskusi online melalui tim Facebook Live, YouTube, dan Microsoft, antara lain platform digital. Detail tersedia di situs UNESCO.

Sub-tema untuk tahun ini adalah:

Keselamatan Jurnalis Perempuan dan Laki-laki dan Pekerja MediaJurnalisme Independen dan Profesional bebas dari Pengaruh Politik dan KomersialKesetaraan Gender dalam Semua Aspek Media. 

4 dari 4 halaman

Pentingnya Kebebasan Pers dalam Memberi Informasi Pandemi

Kebebasan pers dalam membuat informasi seputar pandemi sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Mereka, jurnalis yang bekerja di lini terdepan juga mendapatkan dukungan dari berbagai pemimpin negara, seperti yang dikutip dari CNN

"Pada #WorldPressFreedomDay di tengah COVID-19, jurnalis sebagai pekerja garis depan layak mendapatkan pujian kami karena membahayakan hidup mereka untuk memastikan informasi berharga dibagikan kepada publik," tulis Presiden Namibia Hage Geingob di Twitter.

"Pandemi, melanggar aturan kehidupan sehari-hari kita, menegaskan kembali dengan sangat tegas peran vital pers bebas dalam menawarkan informasi yang akurat dan valid kepada warga," tulis presiden Yunani Katerina Sakellaropoulou.

Di Amerika Serikat, Menlu AS Mike Pompeo mengeluarkan pernyataan pujian dan harapan terkait peringatan tersebut.

"Kami memuji upaya wartawan yang bekerja di lingkungan yang represif untuk mendukung arus bebas informasi yang akurat, termasuk soal #COVID19," tulis Pompeo. "Kami menyerukan pembebasan segera semua jurnalis yang dipenjara karena pelaporan mereka.

Sementara Donald Trump justru sebaliknya.

"Donald Trump menandai hari itu dengan bermacam-macam twit bernana emosi tentang berita palsu. Pada hari Minggu ia menulis, "Lamestream Media benar-benar KORUPSI, Musuh Rakyat!".

Saingannya dalam pemilihan presiden musim gugur ini, Joe Biden, juga tak ketinggalan mengeluarkan pernyataan panjang tentang Hari Kebebasan Pers Sedunia. Mempromosikan hal kontras dengan Sonald Trump.

"Sangat menyinggung melihat Gedung Putih berusaha menyebarkan informasi yang salah dan menggertak wartawan di tengah-tengah pandemi global," tegas Biden.

"Sebagai Presiden. Saya akan memulihkan hubungan dengan pers independen yang didasarkan pada rasa saling menghormati, bahkan - dan terutama ketika - mereka mengkritik kebijakan atau posisi pemerintahan saya. Di Gedung Putih jangan ada intimidasi media dari podium ruang pers atau dengan twit," jelas Biden.

Selain itu, Biden juga berjanji akan mengadakan "pengarahan rutin berbasis fakta."

"Dukungan untuk kebebasan media lebih penting daripada sebelumnya," tambah Biden. "Kita harus segera membalikkan tren ancaman kepada media di dalam dan luar negeri, dan begitu kita membalikkannya, kita harus memastikan bahwa serangan terhadap kebebasan pers tidak akan pernah lagi diterima di sudut masyarakat mana pun, dan tentu saja tidak di Gedung Putih."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat