uefau17.com

Kemeriahan Rangkaian Kegiatan Perayaan HUT ke-74 RI di Slowakia - Global

, Brastilava - Sekitar 50 Warga Negara Indonesia di Slowakia mengikuti upacara bendera yang digelar di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Brastilava.

Selepas upacara bendera, WNI yang mengenakan baju daerah, lekas berfoto-foto di kawasan kota tua Bratislava. Hal tersebut menarik perhatian masyarakat setempat serta turis yang sedang pelesir ke kota tua tersebut.

Banyak dari warga setempat serta turis yang bahkan meminta foto bersama dengan WNI yang mengenakan baju daerah mereka.

Berdasarkan pengkuan warga setempat, mereka mengaku kagum dan menyukai kain yang dikenakan untuk baju daerah WNI di Slowakia.

Antusiasme perayaan HUT RI ke-74 menular kepada pedagang setempat di daerah kota tua tersebut. Salah satu toko es krim setempat bahkan meminta dan mempersilahkan WNI untuk berfoto di toko es krim sembari memegang es krim yang dijajakan. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sambutan dan Wejangan Dubes RI untuk Slowakia

Duta Besar Indonesia untuk Slowakia, Adiyatwidi Adiwoso yang memberi sambutan di KBRI turut menyatakan apresiasi atas kehadiran dan partisipasi WNI dalam rangkaian acara yang diselenggarakan oleh KBRI untuk Slowakia.

Dubes RI pun turut memberi pesan kepada WNI agar dapat berkarya, memberi kontribusi serta menunjukkan wajah Indonesia sebagai bangsa yang maju dengan menjaga harkat dan martabat bangsa Indonesia. 

Apresiasi juga mengalir dari kalangan keluarga yang mengalami pernikahan campuran antara Indonesia dan Slowakia. Salah satu keluarga menuturkan lomba dan permainan khas 17 Agustus seperti permainan lari kelereng atau makan donat dapat menghibur anak-anak mereka.

3 dari 3 halaman

Sajian Khas Nusantara

Momen tersebut juga dimanfaatkan untuk mempererat tali silaturahmi melalui santapan khas nusantara. WNI dan diaspora Warga Negara Slowakia menyantap berbagai hidangan khas Indonesia selepas acara jalan santai. 

Ratusan tusuk sate ayam, tengkleng, teri sambal hijau oseng-oseng tempe, dan urap turut dihidangkan. Camilan tradisional khas Indonesia juga dihadirkan dalam hidangan, seperti kacang, rebus ubi merah rebus, hingga jagung rebus.  

Pada saat upacara bendera, KBRI menyediakan tumpeng nasi kuning, bakso, hingga es campur. Kemudian hidangan ditutup dengan lontong sayur pada saat acara penurunan bendera di halaman KBRI Slowakia. Rangkaian kegiatan berlangsung meriah dari awal hingga akhir acara.

(Kerja sama pelatihan online dan KBRI Bratislava)

 

Reporter: Hugo Dimas

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat