uefau17.com

Kiat Main Bowling ala Varipapa - Global

, Jakarta Sebuah rekaman video lawas tentang kiat bermain bowling beredar di dunia maya. Dalam video yang semula diterbitkan pada tahun 1948 itu ditayangkan sejumlah pembelajaran luar biasa oleh jagoan bowling pada saat itu, Andy Varipapa (31 Maret 1891 – 25 Agustus 1984).

Dari Wikipedia disebutkan bahwa Andy Varipapa yang terlahir sebagai Andrea Varipapa adalah seorang pemain bowling profesional yang terkenal di dunia karena tembakan-tembakan ajaibnya.

Pria kelahiran Calabria ini pindah ke Brooklyn di kota New York setelah ayahnya wafat. Sebelum menjadi pemain bowling, ia juga melakukan baseball, golf, dan bahkan bertinju.

Karir dalam bowling dimulai pada tahun 1920. Varipapa dipandang sebagai “peraga bowling tunggal terbaik dunia” karena sejumlah caranya menggulir bola, semisal “bola bumerang”. Dalam lemparan itu, Varipa melempar bola pelintiran secara perlahan hingga bolanya kembali kepadanya.

Ia juga terkenal karena kemampuannya menyasar sasaran terpisah dan sering menembak jatuh pin 7 dan 10 hanya dengan satu lemparan bola.

Semasa hidupnya, ia banyak melakukan rekaman pembelajaran permainan bowling, termasuk Strikes and Spares pada tahun 1934. Bukan hanya sebagai peraga permainan bowling, pada usia 56 tahun, ia memenangkan BPAA All-Star yang bergengsi.

Pada usia 78 tahun, ia mulai mencoba melakukan bowling menggunakan tangan kiri karena ada masalah dengan tangan kanannya. Andy Varipapa meninggal pada usia 93 tahun. (Alx/Liz)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat