uefau17.com

Halving Bitcoin yang Keempat Rampung, Bagaimana Gerak Selanjutnya? - Crypto

, Jakarta - Bitcoin pada Jumat malam (19/4/2024) menyelesaikan halving keempatnya, mengurangi imbalan yang diperoleh penambang menjadi 3.125 Bitcoin dari 6.25.

Harga bitcoin berfluktuasi menjelang peristiwa tersebut, dan turun sekitar 4% pekan ini hingga diperdagangkan di kisaran USD 64,100, menurut Coin Metrics.

Secara teknis, halving sendiri seharusnya tidak mempengaruhi harga Bitcoin dalam jangka pendek, namun banyak investor mengharapkan keuntungan besar dalam beberapa bulan ke depan, berdasarkan kinerja mata uang kripto tersebut setelah halving sebelumnya.

Setelah halving pada tahun 2012, 2016, dan 2020, harga bitcoin masing-masing naik sekitar 93 kali, 30 kali, dan 8 kali dari harga separuh hari hingga puncak siklusnya. Namun peristiwa ini merupakan ujian besar bagi perusahaan pertambangan Bitcoin.

"Semua hal sama, halving akan memotong setengah pendapatan industri, memicu gelombang konsolidasi dan penutupan bisnis, dan (mudah-mudahan) merasionalisasi hashrate jaringan dan belanja modal industri, yang pada akhirnya baik bagi operator yang tersisa," kata analis JPMorgan, Reginald Smith dalam catatan baru-baru ini kepada investor, dikutip dari CNBC International, Sabtu (20/4/2024).

Sebagai informasi, hashrate adalah ukuran kekuatan komputasi yang digunakan untuk memproses transaksi di jaringan Bitcoin. Semakin besar tingkat hash seorang penambang, semakin besar pula peluang pendapatan yang dimilikinya.

Senada, analis JPMorgan lainnya, Nikolaos Panigirtzoglou juga memperkirakan harga Bitcoin dalam jangka pendek akan turun setelah halving karena kondisi overbought atau jenuh beli, dan harga yang masih di atas perbandingan mata uang kripto tersebut dengan emas ketika disesuaikan dengan volatilitas.

Dia juga merujuk pada pendanaan modal ventura yang lemah untuk proyek-proyek kripto.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Saham Tambang Bitcoin

Saham pertambangan Bitcoin berfluktuasi pada hari-hari menjelang halving, Sejumlah saham turun dua digit pada tahun ini, setelah meningkat antara 300% dan 600% pada tahun 2023.

Riot Platforms misalnya, di mana sahamnya turun sekitar 41% di 2024 hingga penutupan hari Jumat, setelah sempat melonjak 356% 2023 lalu.

"Pasar sejauh ini melihat saham penambangan bitcoin hanya sebagai proksi BTC, karena tidak adanya ETF bitcoin," kata analis Bernstein, Gautam Chhugani.

"(Halving) selanjutnya akan membedakan perusahaan-perusahaan yang unggul dalam konsolidasi berbiaya rendah dan berskala tinggi verus penambang kecil lainnya yang mungkin dirugikan pasca halving," bebernya.

3 dari 3 halaman

Sudah Diantisipasi

Pandangan serupa juga disampaikan analis di Deutsche Bank, Marion Laboure.

(Halving) Bitcoin sebagian sudah diperhitungkan oleh pasar dan kami tidak memperkirakan harga akan meningkat secara signifikan setelah peristiwa halving tersebut,” katanya, menambahkan bahwa hal ini telah diantisipasi secara luas sebelumnya karena sifat dari algoritma Bitcoin.

"Ke depan, kami terus memperkirakan harga akan tetap tinggi," ungkap dia, mengutip ekspektasi persetujuan ETF Ethereum di masa depan, penurunan suku bunga bank sentral di masa depan, dan perkembangan peraturan.

Bitcoin saat ini diperdagangkan hanya di bawah USD 64,000, sekitar 13% “lebih rendah dari harga tertinggi sepanjang masa pada 14 Maret di USD 73,797.68.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat