uefau17.com

Hubungan El Savador dan IMF Memanas Gara-gara Bitcoin - Crypto

, Jakarta - Bitcoin telah menjadi isu geoekonomi baruu di El Salvador, karena saat ini menjadi bagian dari perdebatan antara pemerintah negara tersebut dan Dana Moneter Internasional (IMF).

Dilaporkan, negosiasi antara El Savador dan IMF akan terhenti karena badan keuangan tersebut menuntut perubahan sikap negara itu terhadap Bitcoin dan mata uang kripto.

Melansir News.bitcoin, Minggu (14/4/2024) pembicaraan telah terhenti sejak dua tahun lalu ketika Presiden El Savador Nayib Bukele tidak setuju untuk meninjau Undang-undang Bitcoin, yang menetapkan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah di negara tersebut pada tahun 2021.

Pemerintahan Bukele bertujuan untuk mendapatkan batas kredit sebesar USD 1,4 miliar untuk membantu mempercepat pembayaran utang dan kewajiban lainnya.

Meskipun demikian, IMF telah mengirimkan pesan yang jelas mengenai hal tersebut. Direktur Komunikasi IMF Julie Kozack menyatakan bahwa risiko terkait dengan Bitcoin merupakan “elemen kunci” dalam diskusi dengan otoritas El Salvador.

Namun, bahkan ketika lembaga tersebut telah menyatakan kekhawatirannya tentang Bitcoin kepada otoritas El Salvador, Bukele menggandakan kebijakan kriptonya sejak dia terpilih kembali sebagai presiden pada Februari 2024.

Kemudian pada bulan Maret, Bukele menyatakan bahwa El Savador akan terus membeli 1 BTC per hari hingga harganya tidak terjangkau dengan mata uang fiat.

Alternatif pendanaan lain berdasarkan Bitcoin, seperti obligasi Volcano yang diumumkan pada November 2021, telah ditunda beberapa kali.

Gagasan ini mungkin terulang kembali, karena laporan menunjukkan bahwa Bukele sedang mencari pendanaan dengan menerbitkan instrumen serupa yang menargetkan sektor perbankan AS, yang memanfaatkan pemulihan harga Bitcoin.

Negosiasi antara otoritas El Salvador dan IMF akan dimulai kembali pada 15 April mendatang, dengan Ibrajim Bukele, saudara laki-laki Presiden Bukele, sebagai kepala misi Salvador.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Brasil Bikin RUU Baru Kripto, Kenakan 15% Pajak

Brasil berencana mengubah perpajakan mata uang kripto. Mengutip News.Bitcoin, Selasa (9/4/2024) negara itu membuat Rancangan Undang-undang (RUU) baru yang mengatur perpajakan investasi kripto pada individu.

RUU ini memungkinkan aset kripto dikenakan pajak sama seperti instrumen saham dan modal dengan nilai tukar variabel.

Menurut proposal yang akan dipresentasikan dalam beberapa hari mendatang ke Kongres Nasional Brasil, investor kripto harus membayar 15% dari pendapatan operasi yang dilakukan dengan mata uang kripto.

Saat ini, keuntungan mata uang kripto di Brasil dikenakan pajak sebagai barang dan harus membayar pajak keuntungan modal tergantung pada volume yang ditransaksikan, mulai dari 15% untuk volume yang lebih rendah dari 5 juta reais (USD 990,000).

Transaksi di atas 30 juta reais (mendekati USD 6 juta) membayar 22,5%, dengan persentase pajak yang lebih rendah untuk volume menengah.

Rezim pajak ini berlaku untuk mata uang kripto dan token non-fungible (NFT) yang diperdagangkan oleh investor yang bertransaksi lebih dari 35,000 reais (mendekati USD 7,000) setiap bulan di semua platform tempat mereka terdaftar. Nilai ini lebih tinggi dari batas bawah saham, yang saat ini ditetapkan sebesar 20.000 reais (mendekati USD 4.000).

 

3 dari 3 halaman

Akan Diterapkan pada 2025

Namun, masih belum diketahui secara pasti apakah undang-undang baru di Brasil akan mengubah batasan ini, sehingga memungkinkan investor kripto dibebaskan dari pembayaran pajak untuk memperdagangkan mata uang kripto dalam jumlah kecil.

Perubahan undang-undang tersebut diperkirakan akan diterapkan pada tahun 2025 mendatang, namun Kongres Brasil perlu mengesahkan undang-undang tersebut yang telah dikembangkan selama lebih dari setahun.

RUU pajak baru ini menandai bagian dari peningkatan pengawasan yang mulai dilakukan pemerintah Brasil terhadap kripto.

Pada Februari 2024, otoritas pajak kripto Brasil mendeteksi penyimpangan di lebih dari 25,000 laporan pajak mata uang kripto, menggabungkan teknik kecerdasan tradisional dan buatan untuk mengidentifikasi masalah ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat