uefau17.com

Halving Bitcoin Tinggal Hitung Hari, Simak Tren Harga Bitcoin pada April 2024 - Crypto

, Jakarta - Dengan hanya 20 hari tersisa hingga peristiwa halving berikutnya, Bitcoin, telah melonjak ke level baru pada pekan lalu  mencapai USD 70,447.60 yang mengesankan. Ini menandai peningkatan signifikan sebesar 6,13% selama tujuh hari terakhir. Namun, tidak semuanya berjalan mulus, karena mengalami sedikit penurunan sebesar 0,85% dalam 24 jam terakhir.

Meskipun mengalami koreksi tipis, Bitcoin tetap mempertahankan dominasinya di bidang aset digital, dengan kapitalisasi pasar melebihi USD 1,35 triliun. Kenaikan harga Bitcoin baru-baru ini setelah pengumuman ETF telah menanamkan kepercayaan baru di kalangan investor, menyiapkan panggung bagi peristiwa halving yang sangat dinantikan.

Dijadwalkan pada pertengahan April 2024, halving Bitcoin yang akan datang siap untuk mengurangi separuh pasokan mata uang kripto, memperkuat kelangkaan dan mekanisme penerbitannya—sebuah fitur yang ditunggu-tunggu oleh komunitas kripto.

Secara historis, Bitcoin telah mengalami lonjakan harga selama peristiwa halving, meskipun kinerja masa lalu tidak menjamin hasil di masa depan. Analis berbeda pendapat mengenai arah yang akan diikuti Bitcoin pasca-halving, dengan beberapa analis memperkirakan pertumbuhan berkelanjutan dan analis lainnya memperkirakan periode konsolidasi setelah lonjakan harga awal.

Di tengah antisipasi ini, platform analisis kripto terkemuka Santiment telah berbagi wawasan berharga untuk memandu para pedagang dan peminat dalam mempersiapkan acara halving yang akan datang pada 19 April.

Melansir Coinpedia, Minggu (31/3/2024), Santiment merekomendasikan pengamatan yang cermat terhadap volume perdagangan dan dominasi sosial Bitcoin. Peningkatan volume perdagangan ditambah dengan peningkatan keterlibatan sosial seputar Bitcoin dapat menandakan meningkatnya minat dan berpotensi mendorong harga lebih tinggi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Analisis Harga Bitcoin

Selain itu, mereka menyarankan untuk mengawasi perilaku pengambilan keuntungan (profit taking) dalam jaringan Bitcoin. Contoh investor menjual kepemilikannya setelah merealisasikan keuntungan mungkin menandakan pergeseran sentimen pasar, yang berpotensi menyebabkan koreksi harga.

Selain itu, menarik juga memantau aktivitas pemegang Bitcoin besar, yang dikenal sebagai whales (bandar). Meningkatnya aktivitas pembelian di antara para paus di tengah penjualan oleh investor kecil dapat menunjukkan kepercayaan terhadap prospek masa depan Bitcoin, menunjukkan sentimen pasar yang bullish.

Analisis Harga Bitcoin

Secara teknis, Bitcoin telah menunjukkan kinerja yang mengesankan, rebound dengan kuat pada minggu ini setelah menghadapi tekanan bearish dalam beberapa minggu terakhir. Munculnya pola candlestick Hammer pada minggu lalu menandakan momentum bullish, sebuah tren yang masih bertahan hingga minggu ini, terlihat dari kecenderungan bullish mingguan saat ini.

Terlepas dari indikator-indikator positif ini, trader jangka pendek mungkin menghadapi tantangan, terutama karena candle saat ini diperkirakan akan ditutup dengan nada bullish. Level resistensi telah diidentifikasi pada level tertinggi sepanjang masa baru-baru ini, sementara support tetap kuat di zona USD 66.381, mewakili level terendah mingguan sejauh ini.

3 dari 4 halaman

Kisaran Harga Bitcoin

Trader Tokocrypto, Fyqieh Fachrur memperkirakan Bitcoin mungkin akan turun ke kisaran USD 68.000 sebelum kembali naik ke level tertinggi di sekitar USD 73.000. Pergerakan ini akan mengikuti pola aset berisiko lainnya seiring dengan volatilitas yang diberikan oleh Dolar AS.

"Dengan semua data ekonomi AS telah tersedia, kemungkinan Bitcoin akan mengalami penurunan menjelang Halving di akhir April 2024. Ini karena kemungkinan adanya pola double top jika Bitcoin mencapai USD 73.000, yang bisa menjadi pertanda koreksi dalam jangka menengah," tambahnya.

Meskipun demikian, level support yang kuat saat ini untuk Bitcoin tetap berada di sekitar USD 60.000, yang kemungkinan tidak akan terlampaui kecuali ada sentimen negatif yang signifikan terhadap pasar kripto.

Oleh karena itu, trader dan investor disarankan untuk menjaga modal mereka saat ini dan memanfaatkan potensi jangka panjang setelah momen Halving.

 

 

4 dari 4 halaman

Bitcoin Melonjak di Atas USD 70.000, Siap Akhiri Kuartal I 2024 dengan Positif

Setelah turun ke level USD 60.800 pada Rabu, 19 Maret 2024 pekan lalu, Bitcoin (BTC) pulih dan mencapai level di atas USD 70.000 pada awal minggu ini.

Kenaikan Bitcoin telah mencapai 14,24% dari harga pembukaan BTC di USD 62.168 pada 1 Maret 2024. Sementara jika dilihat sejak awal tahun, BTC telah naik sebesar 64,96% dari harga pembukaan di USD 42.280 pada 1 Januari 2024.

“Bitcoin berpotensi melanjutkan tren positifnya hingga menutup bulan Maret 2024 dengan positif. Jika hal ini terjadi, maka ini akan menjadi penutupan beruntun ketujuh, dimulai sejak September 2023, menandakan konsistensi dan ketahanan pasar Bitcoin dalam menghadapi berbagai dinamika pasar,” kata Financial Expert Ajaib Kripto, Panji Yudha dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (30/3/2024).

Panji melanjutkan, BTC kembali naik di atas angka USD 70.000 pada perdagangan Senin, 25 Maret 2024 dan pada Selasa 26 Maret 2024 pagi pukul 08:00 WIB. Saat itu, Bitcoin berada di level USD 69.898, naik 4,99% dalam 24 jam terakhir.

"Potensi BTC untuk menguji area all-time high USD 73.000 dapat terjadi jika mampu bertahan di atas support USD 69.000. Namun, jika terjadi penurunan di bawah level support tersebut, BTC potensi melemah ke kisaran USD 66.000," tutur Panji.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat