uefau17.com

Volume Perdagangan Bulanan Kripto di Bursa Secara Global Sentuh Rp 17.067 Triliun - Crypto

, Jakarta - Volume perdagangan spot bulanan di bursa kripto melebihi USD 1,1 triliun atau setara Rp 17.067 triliun (asumsi kurs Rp 15.515 per dolar AS) pada Desember 2023, menandai pertama kalinya tingkat volume signifikan ini terlampaui dalam lebih dari setahun.

Dilansir dari Coinmarketcap, Jumat (5/1/2024), contoh terakhir volume perdagangan spot bulanan yang melampaui angka USD 1 triliun atau setara Rp 15.515 triliun terjadi pada September 2022, dengan total volume USD 1,03 triliun atau setara Rp 15.981 triliun.

Angka terbaru pada Desember 2023 tidak hanya menunjukkan kebangkitan yang signifikan tetapi juga mencatat rekor bulanan baru sejak Mei 2022 ketika volume perdagangan mencapai puncaknya pada USD 1,35 triliun atau setara Rp 20.946 triliun.

Pertukaran kripto yang bertanggung jawab atas volume perdagangan terbanyak adalah Binance, menyumbang 39,3% dari total volume pada Desember. 

Pertukaran kripto yang berbasis di Korea Selatan, Upbit, mengamankan posisi kedua dengan pangsa 8,3%, senilai USD 91,8 miliar atau setara Rp 1.424 triliun, diikuti oleh OKX sebesar 8%, dengan total USD 87,5 miliar atau setara Rp 1.357 triliun.

Binance telah lama mendominasi peringkat sebagai bursa kripto spot terbesar berdasarkan volume perdagangan, tetapi pangsa pasarnya mengalami penurunan karena pengawasan peraturan terhadap bursa semakin intensif.

Lonjakan aktivitas perdagangan bertepatan dengan meningkatnya antisipasi seputar potensi persetujuan dana yang diperdagangkan di bursa Bitcoin (ETF) oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC), yang kemungkinan akan dilakukan pada 10 Januari.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Coinbase Internasional Bakal Mulai Tawarkan Layanan Perdagangan Spot Kripto

Sebelumnya diberitakan, Coinbase akan mulai menawarkan layanan perdagangan kripto spot di bursa internasionalnya mulai Kamis, 14 Desember 2023 seiring dengan ekspansinya di luar Amerika Serikat (AS).

"Perdagangan spot di bursa internasional, yang saat ini ditujukan untuk derivatif, akan diluncurkan secara bertahap, dimulai dengan bitcoin dan eter terhadap stablecoin USDC untuk klien institusional,” kata perusahaan itu dalam sebuah posting blog, dikutip dari Yahoo Finance, Jumat (15/12/2023).

Coinbase harus dapat memanfaatkan peluncuran ini untuk mendapatkan pengalaman dan mengukur permintaan produk spot yang berpotensi menguntungkan perusahaan dalam jangka panjang karena mereka pada akhirnya mencari persetujuan AS.

Nilai Bitcoin meningkat lebih dari dua kali lipat tahun ini dan mencapai level tertinggi dalam 20 bulan pada minggu lalu karena antisipasi dana yang diperdagangkan di bursa bitcoin meningkatkan sentimen pedagang dan menghidupkan kembali volume perdagangan yang lebih luas.

Saham Coinbase, naik empat kali lipat sepanjang tahun ini, naik tipis 0,5% pada Rabu. Secara keseluruhan Coinbase mengalami kenaikan saham tiga kali lipat sepanjang 2023. 

pengungkapan penipuan Sam Bankman-Fried FTX dan kasus pertukaran kripto Binance membantu saham naik lebih dari tiga kali lipat sepanjang 2023, dengan kenaikan pada November.

November menjadi kenaikan cukup besar karena kapitalisasi pasar Coinbase bertambah USD 12 miliar atau setara Rp 186,4 triliun (asumsi kurs Rp 15.553 per dolar AS).

Pada Juni, Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) menggugat Coinbase karena diduga menjual sekuritas yang tidak terdaftar, namun perusahaan tersebut membantahnya. Gugatan tersebut adalah bagian dari tindakan keras AS yang lebih luas terhadap industri ini menyusul beberapa keruntuhan besar termasuk FTX.

 

3 dari 4 halaman

Volume Perdagangan WazirX Turun Drastis di Tengah Pengawasan Kripto India

Sebelumnya diberitakan, volume perdagangan di bursa kripto terkemuka India, WazirX, turun menjadi USD 1 miliar pada 2023 karena platform tersebut menghadapi tekanan regulasi yang semakin intensif di pasar dalam negeri bersamaan dengan kemerosotan yang lebih luas pada harga aset digital dan ekuitas secara global.

Melansir Yahoo Finance, Rabu (20/12/2023), total volume kripto yang diperdagangkan di platform WazirX  pada 2023 turun 90% dibandingkan 2022, ketika volume mencapai USD 10 miliar dan 97% lebih rendah dari USD 43 miliar pada 2021.

WazirX, yang berselisih dengan Binance mengenai kepemilikan perusahaan India, memberikan tanggapan positif terhadap angka-angka terbaru, menggembar-gemborkan penghitungan perdagangan USD 1 miliar dalam pernyataan publik pada Selasa.  

Namun, bursa tersebut menolak untuk mengkontekstualisasikan angka tersebut dengan melewatkan level yang jauh lebih tinggi yang terlihat ketika demam kripto mencapai puncaknya pada 2021 atau bahkan pada 2022 sebelum aksi jual yang tajam terjadi.

Penurunan volume perdagangan sebesar 97% terjadi ketika WazirX menghadapi tekanan regulasi yang meningkat dari otoritas India yang membuat sektor kripto yang pernah berkembang di negara tersebut berjuang untuk bertahan hidup.  

India mulai mengenakan pajak pada mata uang virtual tahun lalu, mengenakan pajak sebesar 30% atas keuntungan dan pengurangan 1% pada setiap transaksi kripto. Anggota parlemen India secara konsisten memuji kepemimpinan Perdana Menteri Narendra Modi dalam melindungi warga India dari penipuan yang melanda pasar kripto dan penurunan harga aset secara dramatis.

 

4 dari 4 halaman

Aturan Perpajakan

Lembaga think thank Esya yang berbasis di New Delhi melaporkan awal tahun ini aturan perpajakan lokal telah memaksa banyak pedagang India untuk menggunakan platform asing termasuk Binance dan Coinbase. Coinbase kemudian berhenti menerima pelanggan baru di India.

Tindakan keras peraturan yang semakin ketat di India terhadap mata uang kripto telah membuat investor lokal merasa takut karena ingin mendukung startup kripto di negara tersebut. Iklim yang tidak menguntungkan, yang sebelumnya dikutip oleh Binance sebagai alasan untuk berhati-hati terhadap ekspansi di India, telah membuat perusahaan modal ventura sangat waspada terhadap paparan terhadap sektor yang terkena dampak.

Banyak dari VC terkemuka yang berfokus di India yang dengan antusias mendukung perusahaan kripto pada tahun lalu telah beralih ke industri lain.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat