uefau17.com

Volume Penjualan NFT Jaringan Solana Berhasil Kalahkan Ethereum - Crypto

, Jakarta - Volume penjualan NFT Solana melampaui Ethereum pada Desember 2023 untuk pertama kalinya hal ini terjadi. Menurut data dari CryptoSlam, penjualan NFT Solana mencapai sekitar USD 366,5 juta atau setara Rp 5,6 triliun (asumsi kurs Rp 15.496 per dolar AS), sedangkan penjualan Ethereum mencapai USD 353,2 juta atau setara Rp 5,4 triliun.

Dilansir dari Coinmarketcap, Kamis (4/1/2024), solana hampir menyamai rekor tertinggi sepanjang masa sebesar USD 373,5 juta yang terjadi pada Oktober 2021. 

Sebaliknya, penjualan Ethereum relatif datar, dengan total penjualan pada Desember sebanding dengan penjualan pada November sebesar USD 350 juta atau setara Rp 5,4 triliun.

Selain itu, Solana mencatat peningkatan jumlah pedagang unik, dengan sekitar 218,000 penjual unik dan 279,000 pembeli. Jumlah tersebut hampir dua kali lipat jumlah pedagang unik dibandingkan dengan Ethereum.

Lonjakan penjualan NFT Solana mungkin disebabkan oleh peningkatan signifikan dalam nilai token aslinya, SOL, yang harganya meningkat lebih dari empat kali lipat selama tiga bulan terakhir. Hal ini juga menyebabkan kebangkitan ekosistem Solana, ditambah dengan hiruk pikuk memecoin yang dipimpin oleh Bonk (BONK).

Masuknya pengguna dan transaksi di Solana mungkin didorong oleh momentum yang lebih luas di seluruh jaringan dan hype seputar proyek tertentu yang menawarkan potensi airdrop dan fasilitas lainnya. 

Proyek seperti Tensorians dan Mad Lads menghasilkan volume perdagangan yang besar pada Desember, berkontribusi terhadap kesuksesan Solana secara keseluruhan.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penjualan NFT Berbasis Bitcoin Sentuh Rp 13,1 Triliun pada Desember 2023

Sebelumnya diberitakan, pada November 2023, bitcoin meraih posisi terdepan dalam penjualan bulanan non-fungible token (NFT), dan yang menarik, pada Desember Bitcoin terus mempertahankan status teratasnya, mengumpulkan total penjualan sebesar USD 853 juta atau setara Rp 13,1 triliun (asumsi kurs Rp 15.390 per dolar AS).

Dilansir dari Bitcoin.com, Minggu (31/12/2023), ini menandai peningkatan lebih dari 69% dibandingkan angka pada November, dengan Bitcoin terus mendominasi penjualan NFT di seluruh blockchain. Penjualan NFT yang berfokus pada BTC melampaui ETH, menjadi 2,34 kali lebih besar pada Desember. 

Solana mengamankan tempat ketiga dengan penjualan NFT sekitar USD 325,14 juta atau setara Rp 5 triliun, mengalami peningkatan 312% dari angka NFT yang berpusat pada Solana pada November. Mengikuti tiga teratas, Polygon dan Arbitrum menjadi blockchain terkemuka berikutnya dalam penjualan NFT.

Dari sepuluh koleksi NFT teratas dalam hal penjualan, tujuh di antaranya berasal dari blockchain Bitcoin. Tensorian Solana mengambil posisi kelima dalam hal penjualan dan koleksi Mad Lads dari jaringan tersebut menempati posisi kedelapan. 

Koleksi Sentry Node Arbitrum menempati posisi kesembilan bulan lalu. Pada Desember terdapat 11.290.812 transaksi NFT antara 469.389 penjual dan 600.744 pembeli NFT.

Ketika Bitcoin mengamankan posisi teratas dalam penjualan NFT untuk November dan Desember, mengumpulkan angka-angka yang mengesankan, komunitas kripto menyaksikan dengan antusias.

3 dari 4 halaman

Koleksi NFT Milik Perusahaan Kripto Bangkrut Berhasil Terjual Rp 37,3 Miliar

Sebelumnya diberitakan, rumah lelang Sotheby mengumumkan tujuh Non Fungible Token (NFT) milik dana lindung nilai cryptocurrency bangkrut Three Arrows Capital (3AC) terjual sekitar USD 2,5 juta atau setara Rp 37,3 miliar (asumsi kurs Rp 15.496 per dolar AS).

Dilansir dari Channel News Asia, ditulis Sabtu (30/12/2023), dari token-token tersebut, "Fidenza #725", sebuah gambar dengan garis-garis grafis dan lekukan dalam palet krem, kuning, merah muda, dan hitam, meraih harga tertinggi di atas USD 1 juta atau setara Rp 14,9 miliar. 

Three Arrows Capital membelinya seharga 135 ether pada 2021, sekitar USD 341.786 atau setara Rp 5,1 miliar pada saat itu. Lelang itu adalah bagian dari likuidasi Three Arrows, menurut memo Februari dari Teneo, salah satu likuidator yang ditunjuk pengadilan. 

Three Arrows yang berbasis di Singapura adalah perusahaan kripto besar pertama yang bangkrut pada 2022, akibat jatuhnya cryptocurrency Luna dan TerraUSD. Mereka mengajukan kebangkrutan di British Virgin Islands pada akhir Juni 2022.

Perusahaan pada saat itu memperkirakan asetnya sekitar USD 1 miliar atau setara Rp 14,9 triliun, dengan koleksi NFT yang ekstensif bernilai sekitar USD 22 juta atau setara Rp 328,3 miliar. 

NFT adalah aset digital berbasis blockchain yang mewakili kepemilikan barang digital, seperti gambar, video, atau potongan teks. Pasar NFT meraih popularitas pada 2021. Namun, volume penjualan dan harga sejak itu turun, karena permintaan aset spekulatif telah berkurang.

 

4 dari 4 halaman

Bukan OpenSea, Blur Dominasi 80 Persen Perdagangan NFT

Sebelumnya diberitakan, pasar NFT mengalami lonjakan aktivitas beberapa waktu lalu, dengan sebagian besar peningkatan volume perdagangan terjadi di pasar Blur.

Mengutip The Block, Senin (25/12/2023), volume perdagangan pada November mencapai USD 605 juta dalam perdagangan NFT berbasis Ethereum.

Jumlah tersebut naik dari volume perdagangan bulanan sebesar USD 306 juta pada Oktober, meningkat hampir 100 persen mtm.

Sejak Februari tahun ini, sektor NFT telah mencatatkan pergeseran pangsa pasar yang signifikan dari OpenSea ke Blur, dengan pasar selanjutnya kini mendominasi hampir 80 persen dari total volume perdagangan di pasar NFT berbasis Ethereum.

OpenSea, pasar NFT yang dulunya dominan, telah menyerah dan saat ini hanya memiliki sekitar 17 persen volume perdagangan NFT.

Meskipun pasar lain seperti LooksRare dan X2Y2 ada di ekosistem NFT, mereka hanya mengumpulkan sebagian kecil dari volume perdagangan bulanan pasar, terutama jika dibandingkan dengan influencer utama Blur dan OpenSea, yang terus menguasai bagian terbesar perdagangan NFT.

Menurut data The Block, ada juga peningkatan dalam perdagangan di pasar NFT berbasis Solana. Pada 30 November, total volume perdagangan di pasar NFT berbasis Solana mencapai USD 9,3 juta, angka tertinggi yang belum pernah terlihat sejak April tahun ini. Mayoritas volume ini berasal dari Tensor, dengan lebih dari USD 5 juta dalam perdagangan harian.

Di berbagai blockchain (Ethereum, Solana, dll.), proyek NFT seperti Pudgy Penguins, Milady Makers, dan Mad Lads menjadi ujung tombak kenaikan pasar NFT saat ini.

Tak berhenti sampai di situ, perkembangan yang sedang berlangsung di ranah NFT akan terus menghadirkan perjalanan yang menarik baik bagi pemula maupun pemain NFT yang sudah mapan.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat