uefau17.com

Fidelity dan SEC Diskusi Terkait ETF Bitcoin Spot - Crypto

, Jakarta - SEC Amerika Serikat dan Fidelity bertemu untuk membahas aplikasi Wise Origin Bitcoin Trust dari Fidelity, meninjau diagram dan fungsi operasional produk.

Melansir Bitcoin, Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) baru-baru ini bertemu dengan Fidelity Investments untuk mencari kejelasan tambahan tentang aplikasi dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) Bitcoin BTC USD 43,789.

Menurut pengajuan yang diterbitkan pada 7 Desember, dua perwakilan Cboe BZX Exchange, enam personel SEC, dan sembilan personel Fidelity bertemu untuk membahas cara kerja Wise Origin Bitcoin Trust.

"Diskusi tersebut berkaitan dengan usulan perubahan aturan Cboe BZX untuk mencatatkan dan memperdagangkan saham Wise Origin Bitcoin Trust berdasarkan Aturan Cboe BZX 14.11(e)(4).  Fidelity juga memberikan presentasi terlampir,” kata dia. 

Pengajuan tersebut menyertakan slide PowerPoint yang digunakan selama pertemuan untuk menggambarkan kerangka operasional ETF Bitcoin.

"Arbitrase dan lindung nilai lebih efisien dengan kreasi fisik. Mengizinkan penciptaan dan penebusan fisik sangat penting untuk meningkatkan efisiensi perdagangan dan penetapan harga pasar sekunder bagi semua peserta,” katanya. 

Fidelity mengajukan aplikasi ETF Bitcoin Spot ke SEC pada 19 Juni, tak lama setelah BlackRock dan beberapa manajer aset lainnya mengajukan produk tersebut.

Namun, SEC sebelumnya menolak permohonan Fidelity untuk ETF Bitcoin spot pada 2022. Ini terjadi setelah berita baru-baru ini bahwa SEC bertemu dengan pelamar ETF Bitcoin untuk membahas berbagai aspek aplikasi mereka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Spekulasi Persetujuan ETF Bitcoin

Cointelegraph baru-baru ini melaporkan berdasarkan pengetahuan orang dalam industri, pertemuan tersebut membahas detail teknis utama terkait dengan bursa AS yang mencatatkan saham ETF Bitcoin Spot. 

Namun, memo yang dirilis oleh SEC pada November menunjukkan komisi tersebut bertemu secara terpisah dengan perwakilan BlackRock dan Grayscale.

Ada banyak spekulasi belakangan ini mengenai kapan ETF Bitcoin spot akan disetujui. Hashdex, salah satu pelamar di antara 13 manajer aset, memperkirakan akan melihat ETF Bitcoin spot AS pertama pada kuartal II 2024.

"Waktu pasti peluncuran ETF Bitcoin spot di AS masih belum jelas, namun pada tahun 2023, narasi seputar produk ini beralih dari pertanyaan 'jika' menjadi pertanyaan 'kapan',” kata kepala produk Hashdex di AS dan Eropa, Dramane. 

Sementara itu, analis ETF Bloomberg Eric Balchunas dan James Seyffart tetap yakin 10 Januari akan menandai persetujuan simultan dari semua ETF Bitcoin spot.  Hal ini sejalan dengan tenggat waktu SEC untuk menyetujui atau menolak permohonan ARK Invest.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 4 halaman

SEC Diskusi Bersama Perusahaan Manajer Aset Terkait ETF Bitcoin

Sebelumnya diberitakan, diskusi telah terjadi antara regulator sekuritas AS (SEC) dan perusahaan manajer aset yang mendaftarkan dana diperdagangkan di bursa (ETF) bitcoin telah mencapai rincian teknis utama. Ini menjadi tanda SEC akan segera menyetujui produk tersebut.

Dilansir dari Yahoo Finance, Jumat (8/12/2023), 13 perusahaan termasuk Grayscale Investments, BlackRock, Invesco, dan ARK Investments, memiliki permohonan yang tertunda ke Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) untuk ETF yang melacak harga bitcoin.

Para pendukung kripto berpendapat produk yang diatur, seperti ETF, yang dikaitkan dengan harga spot mata uang kripto, menawarkan investor cara terbaik untuk berinvestasi dalam bitcoin. 

Namun lembaga tersebut telah lama menolak produk-produk tersebut, dengan alasan produk-produk tersebut gagal memenuhi standar perlindungan investor.

Setelah pengadilan pada Agustus memutuskan SEC salah dalam menolak permohonan Grayscale untuk mengubah kepercayaan bitcoin menjadi ETF, SEC telah terlibat dengan penerbit mengenai rincian substantif. 

Beberapa di antaranya biasanya dibahas menjelang akhir proses permohonan ETF. menurut setengah lusin eksekutif industri dan memo publik SEC. Hal ini mencakup pengaturan hak asuh mekanisme penciptaan dan penebusan, dan pengungkapan risiko investor.

ETF bitcoin akan menandai titik balik bagi industri ini, memungkinkan investor yang sebelumnya waspada mengakses mata uang kripto terbesar di dunia melalui pasar saham yang diatur dengan ketat.

Permintaan diperkirakan mencapai USD 3 miliar atau setara Rp 46,5 triliun (asumsi kurs Rp 15.531 per dolar AS)  pada beberapa hari pertama.

 

4 dari 4 halaman

Kekhawatiran SEC

Namun, SEC telah lama khawatir bitcoin rentan terhadap manipulasi. Sebelumnya, diskusi terfokus pada keprihatinan tersebut dan sebagian besar bersifat mendidik.

SEC memiliki waktu hingga 10 Januari untuk membuat keputusan akhir atas pengajuan ARK, yang merupakan urutan pertama. Sifat diskusi yang maju ini menandakan SEC mungkin menyetujui permohonan ARK dan kemungkinan beberapa dari 12 permohonan lainnya.

Pembicaraan lanjutan membantu menjelaskan reli bitcoin baru-baru ini, yang harganya mencapai level tertinggi dalam 20 bulan pada bulan ini.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat