uefau17.com

Regulator Inggris Keluarkan 146 Peringatan Kripto dalam 24 Jam - Crypto

, Jakarta - Financial Conduct Authority (FCA), badan pengatur keuangan terkemuka di Inggris, mengumumkan mengeluarkan 146 peringatan dalam 24 jam pertama rezim pemasaran kripto barunya. 

FCA memperingatkan perubahan undang-undang yang menjadikan promosi aset kripto kini berlaku. FCA lebih lanjut mendesak konsumen untuk memeriksa Daftar Peringatannya sebelum melakukan investasi kripto apa pun.

“Kami mengharapkan dunia usaha termasuk platform media sosial, toko aplikasi, mesin pencari, pendaftar nama domain, dan perusahaan pembayaran untuk mempertimbangkan peringatan yang kami keluarkan,” kata FCA dalam pengumumannya, dikutip dari Bitcoin.com, Jumat (13/10/2023).

Huobi (juga dikenal sebagai HTX) dan Kucoin, adalah salah satu platform perdagangan mata uang kripto yang ditambahkan FCA ke Daftar Peringatan Perusahaan Tidak Sah pada Minggu. 

Juru bicara Huobi mengatakan kepada Bloomberg pertukaran kripto tidak mengoperasikan atau memasarkan layanan atau produknya di Inggris. 

Kucoin juga mengatakan kepada publikasi tersebut mereka tidak beroperasi di Inggris tetapi berkomitmen untuk menyesuaikan produk dan layanannya sejauh mungkin untuk memastikan kepatuhan terhadap undang-undang dan peraturan yang relevan di setiap negara.

Regulator keuangan Inggris menjelaskan sejak 8 Oktober, perusahaan yang ingin mempromosikan aset kripto di negara tersebut harus diberi wewenang atau didaftarkan oleh FCA, atau pemasarannya disetujui oleh perusahaan yang berwenang. 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Badan Intelijen AS dan Inggris Imbau Malware Kripto Baru

Sebelumnya diberitakan, Badan intelijen Amerika Serikat (AS) dan Inggris telah menerbitkan laporan bersama yang memperingatkan pengguna tentang malware baru yang disebut “Infamous Chisel,” yang menargetkan perangkat Android.

Melansir Cointelegraph, Minggu (3/9/2023), sebuah laporan peringatan yang dikeluarkan oleh lembaga pemerintah di Amerika Serikat dan Inggris memperingatkan pengguna untuk berhati-hati terhadap malware baru yang digunakan untuk menargetkan dompet dan bursa kripto.

Badan Keamanan Nasional AS (NSA), Badan Keamanan Siber dan Infrastruktur (CISA), Biro Investigasi Federal (FBI), dan Pusat Keamanan Siber Nasional (NCSC) Inggris, yang merupakan bagian dari Markas Besar Komunikasi Pemerintah (GCHQ) berkolaborasi untuk merilis laporan bersama tentang malware yang dijuluki “Infamous Chisel”.

Menurut laporan tersebut, malware tersebut dikaitkan dengan aktivitas Sandworm, unit perang siber yang bekerja di bawah GRU, badan intelijen militer Rusia. Laporan bersama tersebut juga mencatat Sandworm telah menargetkan perangkat Android militer Ukraina, menggunakan malware baru untuk mengekstrak informasi dari perangkat seluler yang disusupi.

Laporan itu juga mencatat beberapa data yang diekstraksi oleh malware termasuk data dalam direktori aplikasi pertukaran Binance dan Coinbase serta aplikasi Trust Wallet. Menurut laporan tersebut, setiap file di direktori yang terdaftar sedang dieksfiltrasi, apa pun jenisnya.

Laporan bersama tersebut juga mencatat komponen Infamous Chisel dikembangkan tanpa memperhatikan “penyembunyian aktivitas jahat.” Malware ini tidak memiliki teknik siluman untuk menyamarkan aktivitasnya. Namun, hal ini mungkin disebabkan oleh kurangnya sistem deteksi berbasis host untuk perangkat Android.

Sementara itu, hampir USD 1 miliar telah hilang akibat eksploitasi, peretasan, dan penipuan pada 2023. Pada 1 September, perusahaan keamanan blockchain CertiK melaporkan sekitar USD 997 juta telah hilang sepanjang tahun ini. Pada Agustus saja, sekitar USD 45 juta hilang akibat serangan semacam itu. 

Meski jumlahnya besar, kerugiannya jauh lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya. Pada Juli, aset digital senilai lebih dari USD 486 juta hilang akibat serangan berbahaya.

 

3 dari 4 halaman

Regulator Australia Ungkap Banyak Uang Hasil Penipuan Dicuci Melalui Kripto

Sebelumnya, CEO Asosiasi Perbankan Australia (ABA), Anna Bligh mengungkapkan sebagian uang penipuan sering kali dicuci melalui platform pertukaran mata uang kripto.

CEO menambahkan otoritas Australia juga harus berbuat lebih banyak untuk memastikan cryptocurrency tidak digunakan sebagai kendaraan pelarian untuk uang penipuan. 

“Ini akan menjadi tambahan untuk menghentikan penipuan menjangkau warga Australia melalui ponsel, email, dan media sosial, kata sebuah laporan,” kata Bligh, dikutip dari Bitcoin.com, Jumat (25/8/2023).

Pernyataan Bligh didukung oleh data terbaru dari Australian Financial Crimes Exchange (AFCX). Data menunjukkan sebanyak 47 persen dari semua hasil dari penipuan di negara tersebut diproses oleh pertukaran cryptocurrency. 

David Pegley, direktur pelaksana AFCX, menambahkan begitu dana berada di platform kripto, sangat sulit untuk memulihkannya. Untuk mengatasi masalah ini, sebuah laporan oleh Australian Financial Review mengatakan banyak bank sekarang membatasi jumlah dana yang dikirim ke bursa kripto.

“Untuk melindungi pelanggan, beberapa bank telah merespons dengan memberlakukan batasan transfer ke bursa ini,” jelas Bligh. 

Bligh menambahkan, perlindungan konsumen adalah yang terpenting, baik dalam perlindungan dari penipuan maupun tidak membebani konsumen dengan batasan yang tidak semestinya dengan siapa mereka memilih untuk berbisnis, yang harus berbasis bukti untuk memastikan mereka memberikan manfaat yang sebenarnya tanpa biaya yang tidak semestinya.

 

4 dari 4 halaman

Hong Kong Perketat Pengawasan Pertukaran Kripto Usai Kasus Platform JPEX

Sebelumnya diberitakan, regulator sekuritas dan kepolisian Hong Kong membentuk satuan tugas untuk membantu mendeteksi aktivitas mencurigakan di bursa kripto, mengintensifkan pengawasan terhadap industri setelah ledakan di platform kripto JPEX.

Dilansir dari Yahoo Finance, Senin (9/10/2023), kelompok kerja yang terdiri dari Komisi Sekuritas dan Berjangka kota dan pejabat penegak hukum akan meningkatkan kolaborasi dalam memantau dan menyelidiki aktivitas ilegal terkait dengan platform perdagangan aset virtual. 

Hubungan ini terjadi ketika Hong Kong menghadapi dampak buruk dari JPEX. Pihak berwenang menuduh platform kripto yang tidak berlisensi menipu investor sebesar USD 204 juta atau setara Rp 3,1 triliun (asumsi kurs Rp 15.611 per dolar AS) dan telah menangkap setidaknya 20 orang sebagai bagian dari penyelidikan.

Upaya ini mengancam akan mempersulit Hong Kong untuk mengembangkan rumah global bagi industri aset digital dalam upaya memulihkan citranya sebagai pusat keuangan mutakhir. 

Reputasi kota ini telah tercoreng oleh klaim berkurangnya otonomi dari Tiongkok serta ingatan akan pembatasan yang berkepanjangan terkait Covid-19.

Hong Kong meluncurkan kerangka peraturan baru untuk aset virtual pada pertengahan tahun dan memberikan lisensi wajib pertama untuk platform perdagangan pada Agustus lalu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat