uefau17.com

Otoritas Singapura Perintahkan Larangan ke Bos Kripto Three Arrows Capital - Crypto

, Jakarta Otoritas Moneter Singapura (MAS) telah mengeluarkan perintah larangan selama sembilan tahun terhadap pendiri perusahan kripto Three Arrows Capital (3AC) Zhu Su dan Kyle Davies, yang melarang mereka melakukan aktivitas keuangan yang diatur di negara tersebut. 

Perintah tersebut muncul setelah penyelidikan MAS yang dilaporkan mengungkap banyak pelanggaran undang-undang sekuritas oleh dana lindung nilai kripto yang sekarang sudah tidak ada dan para direkturnya.

Pemberitahuan tersebut mengungkapkan larangan tersebut mulai berlaku pada 13 September. MAS pertama kali menegur 3AC pada Juni karena memberikan informasi palsu dan melampaui batas pengelolaan aset. 

Investigasi lebih lanjut menemukan 3AC gagal memberi tahu regulator tentang perekrutan manajer portofolio, memberikan informasi palsu tentang peran manajer, dan tidak memiliki kerangka manajemen risiko yang memadai untuk investasi mata uang kripto.

Sebagai direktur 3AC, Zhu dan Davies terutama bertanggung jawab untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan. 

“Investigasi MAS menunjukkan mereka gagal menjalankan tugasnya dan bertanggung jawab atas pelanggaran TACPL,” kata MAS dalam pemberitahuan, dikutip dari Bitcoin.com, Senin (18/9/2023). 

Perintah pelarangan tersebut mewakili dampak terbaru dari keruntuhan 3AC tahun lalu. Dana lindung nilai crypto  terkemuka mengajukan kebangkrutan pada Juli 2022 setelah mengumpulkan kewajiban lebih dari USD 3 miliar atau setara Rp 46,1 triliun (asumsi kurs Rp 15.398 per dolar AS) dan kehilangan hampir semua asetnya.  Regulator di berbagai yurisdiksi telah menindak 3AC dan para pendirinya karena dugaan pelanggaran.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

IMF Tetapkan Peta Jalan buat Tahan Risiko Kripto Global

Regulator keuangan global dan Dana Moneter Internasional (IMF) pada Kamis, 7 September 2023 menetapkan peta jalan untuk mengoordinasikan langkah-langkah yang menghentikan aset kripto merusak stabilitas makroekonomi dan keuangan.

Dewan Stabilitas Keuangan (FSB) dan IMF dalam sebuah makalah aturan mengatakan risiko-risiko tersebut diperburuk oleh ketidakpatuhan terhadap undang-undang yang ada dalam beberapa kasus.

Banyak manfaat yang diklaim dari aset kripto, seperti pembayaran lintas batas yang lebih murah dan lebih cepat, serta peningkatan inklusi keuangan, belum terwujud, tambahnya.

“Adopsi aset kripto yang meluas dapat melemahkan efektivitas kebijakan moneter, menghindari langkah-langkah manajemen aliran modal, memperburuk risiko fiskal, mengalihkan sumber daya yang tersedia untuk membiayai perekonomian riil, dan mengancam stabilitas keuangan global,” dalam makalah tersebut, dikutip dari Yahoo Finance, Sabtu (9/9/2023).

Makalah ini menetapkan jadwal bagi anggota IMF dan G20 untuk menerapkan rekomendasi terbaru untuk mengatur kripto dari Dewan Stabilitas Keuangan dan IOSCO, kelompok regulator sekuritas global.

Hal ini menandai evolusi lebih lanjut dalam pemikiran peraturan setelah beberapa tahun melihat sedikit ancaman dari sektor ini, dengan sikap yang semakin mengeras setelah runtuhnya bursa kripto FTX pada November lalu, yang mengguncang pasar dan membuat investor mengalami kerugian.

Elemen lainnya termasuk pemerintah menghindari defisit besar yang dapat menyebabkan inflasi yang melemahkan mata uang fiat dan mendorong penggantinya seperti aset kripto, kata surat kabar itu.

3 dari 3 halaman

Presiden Singapura Tharman Shanmugaratnam Sebut Kripto Murni Spekulatif

Mantan menteri keuangan Singapura dan ketua bank sentral, Tharman Shanmugaratnam yang pernah menyebut kripto murni spekulatif terpilih sebagai presiden Singapura pada Sabtu, 2 September 2023 dengan 70,4 persen suara, menggantikan Halimah Yacob, kepala negara perempuan pertama.

Dilansir dari CoinDesk, Rabu (6/9/2023), meskipun perannya sebagian besar bersifat seremonial, pengalaman pria berusia 66 tahun ini cukup besar. Ia memiliki pengaruh dalam membentuk kebijakan terkait masa depan keuangan, termasuk mata uang kripto, mata uang digital bank sentral (CBDC), dan banyak lagi.

Singapura telah berubah dari pengadopsi awal kripto menjadi negara yang mencoba menemukan keseimbangan peraturan yang tepat setelah runtuhnya perusahaan kripto lokal Terraform Labs dan Three Arrows Capital, sementara Shanmugaratnam adalah ketua bank sentral Singapura, Otoritas Moneter Singapura (MAS).

Pada 2018, ketika ia menulis cryptocurrency dan aktivitas perdagangan terkait tidak menimbulkan ancaman apapun terhadap sistem keuangan Singapura, dan tidak perlu melarangnya.

Dia mengulangi pendiriannya pada 2023, dengan mengatakan di Forum Ekonomi Dunia, bahwa kripto pada dasarnya murni spekulatif dan pada kenyataannya sedikit gila. 

Meskipun pasar ini tetap merupakan pasar yang tidak diatur, dia menyarankan pihak berwenang harus memberikan kejelasan yang sangat besar mengenai risiko yang terkait dengan kripto karena mulai terlibat dalam permainan mengatur produk.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat