uefau17.com

412 Mesin ATM Kripto Terpasang Secara Global Sepanjang Juli 2023 - Crypto

, Jakarta - Setelah lebih dari 5.000 ATM kripto dihentikan layanannya selama empat bulan pertama 2023, empat bulan terakhir telah menyaksikan kebangkitan instalasi ATM kripto global.

Dilansir dari Bitcoin.com, Minggu (30/7/2023), menjelang akhir Juli, data mengungkapkan pertumbuhan bersih global ATM kripto telah pulih sebagian setelah kemerosotan sebelumnya. 

Antara Januari dan April 2023, coinatmradar mencatat total 5.726 mesin dihapus dari layanan. Pada Mei, angka menunjukkan pertumbuhan bangkit kembali dengan 1.692 pemasangan.

Pada Juni, statistik dari coinatmradar menunjukkan 590 unit ATM kripto tambahan telah dibuat. Sejauh ini pada Juli, 412 lebih telah muncul. Saat ini, ada sekitar 36.205 mesin terpasang di seluruh dunia. Sebelum penurunan tahun ini, ATM cryptocurrency mencapai puncaknya di 39.296 perangkat pada Agustus 2022.

Sekitar 84,7 persen, atau 30.653 mesin, berlokasi di Amerika Serikat. Kemudian 93,1 persen, atau 33.722 unit, di Amerika Utara. Eropa menampung 4 persen perangkat, sementara Australia dan Oseania masing-masing menampung sekitar 1,6 persen. 

Operator ATM kripto terkemuka per Juli 2023 termasuk Bitcoin Depot (6.379), Coincloud (4.264), Coinflip (4.012), Bitstop (2.713), Rockitcoin (2.008), Coinhub (1.421), Athena Bitcoin (1.338), Bytefederal (975), Localcoin (901), dan Cash2bitcoin (778).

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perusahaan ATM Kripto Mau Jual Saham ke Publik Nih, Siap-Siap Pantengin Nasdaq

Sebelumnya, salah satu perusahaan penyedia layanan ATM kripto terbesar di AS, Bitcoin Depot telah mengumumkan penutupan kesepakatan merger yang memungkinkan perusahaan untuk go public.

Dilansir dari Cointelegraph, Senin (3/7/2023), dalam pengumuman 30 Juni, perusahaan fintech GSR II Meteora Acquisition Corporation mengatakan pemegang sahamnya telah menyetujui merger perusahaan untuk bertindak sebagai perusahaan akuisisi tujuan khusus untuk Bitcoin Depot. 

Kesepakatan itu, pertama kali dilaporkan pada Agustus 2022, menelan biaya USD 885 juta atau setara Rp 13,3 triliun (asumsi kurs Rp 15.031 per dolar AS) dan diharapkan memungkinkan investor untuk membeli saham Bitcoin Depot di Nasdaq mulai 3 Juli.

Menurut pendiri dan CEO Bitcoin Depot Brandon Mintz, kesepakatan merger itu ditujukan untuk mendukung banyak peluang pertumbuhan dan mempromosikan adopsi Bitcoin di Amerika Utara. 

Investor akan dapat menemukan saham Bitcoin Depot di bawah simbol ticker BTM dan BTMWW masing-masing untuk saham biasa dan waran publiknya. 

Pengumuman itu datang di tengah pengawasan peraturan perusahaan di AS yang menawarkan produk atau layanan kripto. Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) mengajukan tuntutan hukum terhadap bursa Binance dan Coinbase atas dugaan penawaran sekuritas yang tidak terdaftar. 

Namun, investasi dengan paparan kripto juga tampaknya meningkat setelah BlackRock mengajukan aplikasi pada Juni untuk mendaftarkan dana spot yang diperdagangkan di bursa Bitcoin.

Didirikan pada tahun 2016, Bitcoin Depot adalah salah satu perusahaan ATM kripto terbesar di Amerika, dengan lebih dari 9.130 lokasi, menurut situs webnya. Pada Mei, sesama penyedia ATM Bitcoin of America mengumumkan akan menutup operasi di Connecticut setelah Departemen Perbankan negara bagian mengatakan perusahaan tersebut tidak memiliki lisensi yang sesuai.

 

3 dari 4 halaman

Regulator Keuangan Inggris Tindak ATM Kripto Tak Berlisensi

Regulator keuangan Inggris, Financial Conduct Authority (FCA), melanjutkan tindakan kerasnya terhadap ATM Kripto yang melanggar hukum karena tidak terdaftar atau berlisensi. 

Perangkat untuk mengubah mata uang fiat menjadi kripto itu dipandang sebagai ancaman pencucian uang, dan tidak ada yang dicatat dengan FCA seperti yang diwajibkan oleh undang-undang, kata regulator dalam sebuah pernyataan. 

"ATM Crypto yang beroperasi tanpa pendaftaran FCA adalah ilegal. Kami akan bertindak untuk menghentikan aktivitas ilegal,” kata Direktur Eksekutif Penegakan dan Pengawasan Pasar FCA Therese Chambers, dikutip dari CoinDesk, Sabtu (6/5/2023).

FCA mengatakan sedang meninjau bukti yang diperoleh dari pemeriksaannya, tetapi tidak merinci tindakan lebih lanjut apa, jika ada, yang mungkin diambil. Penggerebekan tersebut mengikuti tindakan penegakan hukum di Leeds dan London Timur yang diumumkan pada Maret.

Ada 17 ATM kripto di Inggris, menurut situs web CoinATMRadar, tetapi FCA mengatakan tidak satu pun dari 40 atau lebih perusahaan kripto yang terdaftar diizinkan untuk menawarkan layanan itu.

Jumlah ATM Kripto di Dunia

Data yang dikumpulkan oleh Crypto Presales, menunjukkan sekitar 6.100 mesin ATM kripto dan bitcoin yang dipasang dalam sebelas bulan pertama 2022. Ini hampir tiga kali lebih sedikit dari yang dipasang pada periode yang sama tahun lalu. 

Perlambatan nyata dalam jumlah ATM yang baru dipasang berbeda dengan peningkatan pesat dalam jumlah pemasangan baru yang terlihat pada 2021. 

Seperti yang dijelaskan dalam laporan Crypto Presales, pada 2021 instalasi ATM kripto dan bitcoin paling banyak sejauh ini sekitar 20.300 mesin yang baru dipasang. Rekor jumlah instalasi baru tahun itu menjadikan jumlah total ATM kripto di dunia menjadi 32.600.

 

4 dari 4 halaman

ATM Kripto Merosot 13,91 Persen Sejak Desember 2022, Kenapa?

Sebelumnya, berdasarkan data dari situs web anjungan tunai mandiri atau automatic teller machine (ATM) cryptocurrency, Coin ATM Radar, lebih dari 3.600 ATM kripto menjadi offline pada Maret. Sejak akhir 2022, jumlah ATM kripto telah menurun sebesar 13,91 persen dalam tiga bulan terakhir.

Menurut data dari Coin ATM Radar, jumlah ATM kripto di seluruh dunia merosot 13,91 persen sejak Desember 2022. Saat itu, 39.179 ATM kripto dipasang secara global.

Pada Januari, 1.587 ATM kripto menjadi offline, menandai kedua kalinya sejumlah besar mesin menjadi offline sejak hilangnya 399 ATM kripto pada September 2022. Pada Februari 2023, penurunan ATM kripto tidak sedrastis pada Januari dan lebih sedikit dari penarikan pada September.

Sebanyak 275 ATM cryptocurrency offline pada Februari. Menurut statistik Coin ATM Radar, penurunan terbesar tercatat pada Maret, yang menunjukkan penurunan sebanyak 3.627 ATM crypto.

Kerugian pada Maret bertepatan dengan peretasan General Bytes baru-baru ini yang terjadi pada 17 dan 18 Maret, yang mengakibatkan pencurian lebih dari USD 1,5 juta atau Rp 22,57 miliar (asumsi kurs Rp 15.052 per dolar AS) dalam kripto. Menurut statistik pada 1 April 2023, saat ini ada 33.728 ATM kripto yang dipasang di seluruh dunia.

Mesin General Bytes menyumbang 28,5 persen dari semua mesin secara global, dan perangkat yang diproduksi oleh Bitaccess mewakili 20,2 persen pangsa pasar. ATM Genesis Coin mewakili 17 persen dari mesin di seluruh dunia, sementara perangkat Coincloud menyumbang 12,7 persen.

Pada Sabtu, 1 April 2023, Amerika Serikat memiliki jumlah ATM kripto terbanyak di dunia, diikuti oleh Kanada, Australia, dan Spanyol. Lebih dari 28.000 ATM kripto berlokasi di Amerika Serikat, sementara Kanada menampung lebih dari 2.600.

Melihat data pertumbuhan manufaktur ATM kripto, Bitaccess mengalami penurunan, sementara pertumbuhan General Bytes sedang meningkat. Genesis Coin juga mengalami penurunan, tetapi jauh lebih sedikit daripada penurunan Bitaccess antara Februari dan Maret.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat