uefau17.com

Kuwait Larang Transaksi Kripto dan Aset Virtual - Crypto

, Jakarta Negara bagian Kuwait menjadi yurisdiksi terbaru yang melarang hampir semua operasi yang melibatkan mata uang kripto seperti Bitcoin.

Pada 18 Juli, regulator keuangan utama Kuwait, Otoritas Pasar Modal (Capital Market Authority/CMA), mengeluarkan surat edaran tentang pengawasan dan penerbitan aset virtual di negara tersebut.

Dalam surat edaran tersebut, CMA mengonfirmasi komitmen untuk larangan mutlak pada kasus penggunaan utama dan operasi yang melibatkan mata uang kripto.

Termasuk pembayaran, investasi, serta penambangan. Surat edaran itu juga melarang regulator lokal mengeluarkan lisensi apa pun yang memungkinkan perusahaan menyediakan layanan aset virtual sebagai bisnis komersial.

Sementara, sekuritas dan instrumen keuangan lainnya yang diatur oleh Bank Sentral Kuwait dan CMA dikecualikan dari larangan terbaru, catatan pengumuman tersebut.

Selain larangan, CMS juga mewajibkan pelanggan untuk berhati-hati dan waspada terhadap risiko yang terkait dengan transaksi aset virtual.

"Ini tidak terkait dengan aset atau penerbit mana pun, dan harga aset ini selalu didorong oleh spekulasi yang membuat mereka mengalami penurunan tajam... Hukuman untuk pelanggaran undang-undang Anti Pencucian Uang Kuwait diatur dalam Pasal (15) Undang-Undang No. 106 Tahun 2013, catat regulator," terang CMA, dikutip dark Cointelegraph, Kamis (20/7/2023).

Peraturan baru Kuwait sejalan dengan langkah-langkah negara untuk memerangi pencucian uang dan pendanaan teroris, catat regulator.

CMA juga mengacu pada kesimpulan kajian Komite Nasional Pemberantasan Pencucian Uang dan Pendanaan Terorisme terkait komitmen penerapan Rekomendasi oleh Satgas Aksi Keuangan.

Pembatasan crypto oleh CMA adalah bagian dari larangan crypto antar departemen baru di Kuwait, yang melibatkan beberapa otoritas pengawas.

Surat edaran serupa dilaporkan juga dikeluarkan oleh Bank Sentral Kuwait, Kementerian Perdagangan dan Industri, dan Unit Regulator Asuransi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bank Besar di Australia Kompak Blokir Pertukaran Kripto, Ada Apa?

Sederet Bank besar di Australia mengatakan akan memblokir platform mata uang kripto tertentu, dengan alasan risiko penipuan tingkat tinggi di industri ini.

National Australia Bank adalah bank terbaru yang mengumumkan pemblokiran pada bursa mata uang kripto tertentu, mengutip tingginya risiko penipuan. 

Pada 17 Juli, National Australia Bank (NAB) mengumumkan serangkaian tindakan baru untuk melindungi pelanggan dari penipuan sebagai bagian dari strategi penipuan bank.

Selain menghentikan jutaan pembayaran antara Maret dan Juli 2023, NAB juga akan memperkenalkan pemblokiran pada beberapa platform cryptocurrency untuk membantu melindungi pelanggan dari penipuan.

NAB tidak merinci nama bursa mata uang kripto yang diperkirakan akan menghadapi blokir dari bank. Eksekutif NAB untuk investigasi dan penipuan grup, Chris Sheehan hanya menyebutkan pemblokiran baru akan mempengaruhi platform berisiko tinggi di mana penipuan lebih lazim.

“Para scammer ini adalah bagian dari kelompok kejahatan transnasional yang terorganisir. Semakin banyak, kami melihat mereka menggunakan platform cryptocurrency untuk mengirim dana curian dengan cepat dan sering kali ke luar negeri,” kata Sheehan dikutip dari Cointelegraph, Selasa (18/7/2023).

Dalam pengumumannya, NAB terus mengulangi narasi yang berkembang dari bank lokal, menuduh hampir 50 persen dana penipuan yang dilaporkan di Australia terkait dengan kripto.

3 dari 3 halaman

Perusahaan Analitik Kripto Elliptic Pakai AI Buat Cari Peretas

Perusahaan analitik kripto, Elliptic mengintegrasikan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) ke dalam perangkatnya untuk melacak transaksi blockchain dan menangani deteksi risiko.

Elliptic menggunakan chatbot ChatGPT OpenAI, perusahaan mengatakan akan dapat mengatur data lebih cepat dan dalam jumlah yang lebih besar. Namun, itu telah menerapkan batasan penggunaan tertentu dan juga tidak menggunakan plugin ChatGPT.

“Sebagai organisasi yang dipercaya oleh bank, regulator, lembaga keuangan, pemerintah, dan penegak hukum terbesar di dunia, penting untuk menjaga keamanan intelijen dan data kami," kata juru bicara Elliptic, dikutip dari Decrypt, Senin (17/7/2023).

Diluncurkan pada 2013, Elliptic memberi lembaga dan penegakan hukum penelitian analitik blockchain untuk melacak penjahat dunia maya dan kepatuhan terhadap peraturan yang terkait dengan cryptocurrency

Pada Mei, misalnya, Elliptic melaporkan beberapa bisnis China menjual bahan kimia untuk membuat cryptocurrency yang diterima fentanyl, termasuk Bitcoin.

Senator AS Elizabeth Warren menggunakan laporan itu untuk kembali menyerukan peraturan yang lebih ketat tentang cryptocurrency.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat