uefau17.com

Raksasa Manajer Aset Fidelity Diperkirakan Bakal Ajukan Pendaftaran untuk ETF Bitcoin - Crypto

, Jakarta Raksasa Manajer aset Fidelity diperkirakan akan mengajukan pendaftaran kepada regulator sekuritas AS untuk produk ETF Bitcoin. Fidelity bergabung dengan manajer uang besar lainnya yang ingin meluncurkan ETF Bitcoin.

Dilansir dari Channel News Asia, Rabu (28/6/2023), informasi ini berasal dari laporan Block pada Selasa, mengutip sumber yang mengetahui masalah tersebut. 

Dalam dua minggu terakhir, BlackRock, WisdomTree, Invesco, VanEck, dan Bitwise telah mengajukan pendaftaran baru ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) untuk ETF bitcoin spot, mendorong harga bitcoin ke level tertinggi lebih dari satu tahun.

Perusahaan keuangan yang berbasis di Boston juga merupakan bagian dari konsorsium yang mencakup pembuat pasar Citadel Securities dan Virtu Financial, broker ritel Charles Schwab, dan perusahaan modal ventura Paradigm dan Sequoia Capital, yang baru-baru ini meluncurkan pertukaran kripto yang disebut EDX Markets.

Analis pasar senior di Oanda, Edward Moya mengatakan langkah ini memberikan optimisme dan dapat mendorong banyak dana masuk. 

“Ada banyak optimisme di sini bahwa Anda akan mendapatkan ETF bitcoin. Jika itu dilakukan, itu bisa membuka pintu untuk lebih banyak uang institusional dan mungkin beberapa pedagang ritel bernilai tinggi untuk kembali ke kripto,” kata Moya.

ETF Bitcoin Sudah Diatur Sejak 2021

ETF bitcoin berbasis berjangka yang melacak harga kontrak berjangka bitcoin telah diizinkan oleh regulator sejak Oktober 2021. 

Tetapi SEC dalam beberapa tahun terakhir telah menolak lusinan pendaftaran untuk ETF bitcoin spot, yang merupakan kendaraan investasi yang diperdagangkan secara publik yang secara langsung melacak harga bitcoin, termasuk satu oleh Fidelity pada Januari 2022, karena kekhawatiran pasar yang mendasarinya dapat dimanipulasi.

Moya menjelaskan, pengubah permainan bagi banyak orang kali ini adalah BlackRock yang mengajukan ETF bitcoin spot, karena ia mengajukan ETF hanya jika diyakini dapat membuat mereka disetujui.

Pengajuan ETF telah membantu membalikkan sentimen negatif di bitcoin dan pasar cryptocurrency yang lebih luas, setelah serangkaian kehancuran perusahaan kripto, termasuk keruntuhan tiba-tiba akhir tahun lalu pertukaran FTX, yang menurut pihak berwenang menjalankan penipuan multi-miliar dolar.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat