uefau17.com

SFC Hong Kong Sebut Perdagangan Kripto Jadi Bagian Penting dari Ekosistem Aset Virtual - Crypto

, Jakarta - CEO Komisi Sekuritas dan Berjangka (SFC) Hong Kong, Julia Leung Fung-yee mengatakan, memasukkan aset virtual ke dalam sistem regulasi sangat penting setelah kebangkrutan FTX.

Melansir Cointelegraph, Minggu (25/6/2023), Julia membahas penerapan peraturan Web3 Hong Kong setelah runtuhnya pertukaran crypto FTX pada November 2022, ia menyatakan perdagangan kripto adalah bagian penting dari virtual ekosistem aset.

Dalam pidatonya, Leung dikabarkan menjelaskan sistem perizinan baru untuk penyedia aset virtual akan memastikan investor terlindungi sembari mempertimbangkan risiko yang dihadapi lembaga keuangan.  

Ia memandang, memasukkan penyedia aset virtual ke dalam sistem regulasi adalah satu-satunya cara untuk merangkul inovasi dan memperkuat kepercayaan pasar setelah kebangkrutan FTX.

Hong Kong menggunakan keruntuhan FTX untuk mengurangi risiko peraturan yang terkait dengan pertukaran terpusat. Pada Desember 2022 kurang dari sebulan setelah krisis pertukaran terjadi dewan legislatifnya memasukkan penyedia layanan aset virtual dalam undang-undang yang sama yang mengatur lembaga keuangan tradisional.

Aturan baru membawa pedoman Anti Pencucian Uang yang ketat dan undang-undang perlindungan investor ke bursa aset digital yang ingin membuka bisnis di Hong Kong.

Ini juga memperkenalkan skema lisensi baru yang memungkinkan investor ritel kemampuan untuk memperdagangkan aset virtual. Sampai saat ini, perdagangan aset digital dibatasi untuk investor profesional dan pedagang dengan setidaknya USD 1 juta dalam bentuk aset bank.

Menurut ia, sistem lisensi cryptocurrency Hong Kong adalah contoh bagus dari kebijakan “satu negara, dua sistem” China. Cryptocurrency telah dilarang di China daratan sejak 2021, sementara Hong Kong mengambil pendekatan berbeda dengan mempromosikan lingkungan yang ramah bagi industri kripto.

Selama 12 bulan terakhir, lebih dari 150 perusahaan Web3 telah beroperasi di Cyberport Hong Kong, pusat digital yang dibuat oleh pemerintah setempat untuk mempromosikan inovasi. Masuknya dana tersebut terjadi setelah pemerintah mengalokasikan 50 juta yuan (USD 7 juta) untuk mempercepat pengembangan Web3.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Hong Kong Siap Sambut Pertukaran Kripto yang Terdampak Pengetatan Regulasi di AS

Sebelumnya, legislator Hong Kong Johnny Ng telah mengundang pertukaran cryptocurrency global untuk mengajukan izin untuk beroperasi di Hong Kong, menyusul tindakan keras baru-baru ini oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC).

“Saya dengan ini menawarkan undangan untuk menyambut semua operator perdagangan aset virtual global termasuk Coinbase untuk datang ke HK untuk aplikasi platform perdagangan resmi dan rencana pengembangan lebih lanjut,” kata Johnny, dikutip dari Bitcoin.com, Jumat (16/62023).

Johnny menambahkan siap memberikan bantuan apapun jika para pelaku industri kripto ingin masuk ke Hong Kong. Hong Kong baru-baru ini mengubah kerangka peraturannya untuk kripto dalam upaya untuk menjadi pusat kripto dan inovasi. 

Undang-undang baru mulai berlaku pada 1 Juni. Komisi Sekuritas dan Futures Hong Kong (SFC) mengklaim rezim peraturan barunya berusaha untuk menangkap semua dimensi antarmuka publik dengan aset virtual, memberikan perlindungan investor dan integritas pasar sambil mengelola risiko utama bagi lembaga keuangan.

Tindakan Keras SEC pada Pertukaran Kripto di AS

CEO Coinbase Brian Armstrong telah menegaskan kembali platform pertukarannya tidak mencantumkan sekuritas. Dia menekankan komitmen Coinbase untuk terlibat dalam pertarungan hukum dengan SEC untuk menetapkan pedoman peraturan yang jelas untuk industri cryptocurrency. 

Armstrong lebih lanjut menyoroti Coinbase melakukan banyak upaya untuk mematuhi saran Ketua SEC Gary Gensler dan “masuk dan daftar.” Namun, dia menyatakan frustrasi, menyatakan itu tidak mungkin.

Sementara itu, Gensler bersikeras bahwa aturan tentang pertukaran cryptocurrency sudah jelas dan sebagian besar token kripto, selain bitcoin, adalah sekuritas. 

Meskipun demikian, banyak peserta industri dan anggota parlemen telah mengkritik keras dia dan SEC karena mengadopsi pendekatan yang berfokus pada penegakan hukum untuk mengatur industri cryptocurrency.

 

3 dari 5 halaman

Legislator Hong Kong Undang Coinbase demi Jadi Hub Dgital Industri Kripto

Sebelumnya, Hong Kong memupuk lingkungan yang mendukung pertumbuhan industri dengan regulasi proaktif dan dedikasinya untuk menjadi pusat digital. 

Melansir Cointelegraph, Minggu (11/6/2023), dengan menggembar-gemborkan sikap progresifnya terhadap cryptocurrency, seorang legislator Hong Kong telah mengundang Coinbase dan pertukaran kripto lainnya untuk membangun operasi di wilayah tersebut.

Anggota Dewan Legislatif Johnny Ng melalui Twitter menyatakan dukungan dan bantuan kepada semua operator perdagangan aset virtual global, seperti Coinbase. Dia juga mengisyaratkan potensi peluang pencatatan saham. Ini terjadi setelah tuntutan hukum Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat baru-baru ini terhadap pemain industri penting seperti Binance dan Coinbase.

Bertentangan dengan sikap hati-hati beberapa negara Barat terhadap cryptocurrency, Hong Kong telah mengambil pendekatan proaktif. Pada Januari 2023, Sekretaris Keuangan Hong Kong Paul Chan menyatakan dedikasi pemerintah untuk membangun ekosistem yang kuat untuk kripto dan fintech.  

Selanjutnya, Hong Kong rajin merumuskan peraturan dan menerapkan langkah-langkah kepatuhan untuk memelihara perluasan industri mata uang kripto.

Otoritas Moneter Hong Kong (HKMA) baru-baru ini mengungkapkan niatnya untuk membangun landasan bagi pengenalan mata uang digital bank sentral ritel (CBDC). Inisiatif ini, diumumkan pada 9 Juni lalu, berupaya menyelidiki keuntungan CBDC sebagai alat pembayaran untuk transaksi sehari-hari dan untuk memfasilitasi akses pelanggan ke pertukaran cryptocurrency.

Undangan yang diberikan oleh Ng menggambarkan dedikasi Hong Kong untuk menjadi hub digital bagi industri crypto. OKX dan Huobi adalah salah satu pertukaran kripto pertama yang mengajukan lisensi penyedia layanan aset virtual di wilayah tersebut.

 

4 dari 5 halaman

China Beri Persetujuan

Pendekatan yang menguntungkan terhadap cryptocurrency di Hong Kong juga telah menarik minat dari perusahaan teknologi internasional terkemuka. Pada Januari, raksasa teknologi Korea Selatan Samsung mengumumkan pengenalan Bitcoin dengan ticker BTC turun USD 25.776 dana aktif yang diperdagangkan di bursa berjangka di Bursa Efek Hong Kong.

Selain itu, pada pertengahan Februari, muncul laporan yang menunjukkan bahwa pejabat pemerintah China memberikan persetujuan strategis untuk inisiatif pro-kripto yang dilakukan oleh Hong Kong.  

Pengakuan dari otoritas China ini lebih jauh menyoroti pentingnya upaya Hong Kong di ruang kripto dan potensi dampaknya pada lanskap mata uang digital yang lebih luas.

 

5 dari 5 halaman

Bank Sentral Hong Kong dan Uni Emirat Arab Koordinasi Terkait Regulasi Kripto

Sebelumnya, Bank sentral Hong Kong dan Uni Emirat Arab telah mengumumkan rencana untuk memperkuat kerja sama keuangan mereka dan bekerja sama dalam mengatur aset virtual seperti kripto.

Dilansir dari Yahoo Finance, Jumat (2/6/2023), pertemuan bilateral diadakan di Abu Dhabi, dengan infrastruktur keuangan dan penyelesaian perdagangan lintas batas juga menjadi agenda. 

Bulan lalu, Otoritas Sekuritas dan Komoditas UEA mulai mengizinkan perusahaan kripto untuk mengajukan izin operasi dan Hex Trust, kustodian kripto yang berbasis di Hong Kong, adalah salah satu yang pertama menerimanya.

Platform fintech dan Web3 Finoverse, yang berkantor pusat di Hong Kong juga baru-baru ini membuka kantor di Dubai, mereka mengatakan mengharapkan kedua wilayah untuk bekerja sama lebih erat dalam teknologi blockchain.

Fokus kedua negara adalah pada penyelesaian perdagangan lintas batas dapat membuka kemungkinan penggunaan mata uang digital bank sentral mempercepat transfer dan mengurangi biaya, serta ketergantungan pada dolar AS.

Kembali pada Maret 2023, Bank Sentral UEA mengumumkan mereka berencana untuk meningkatkan ambisinya untuk Mata Uang Digital Bank Sentral (CBDC)  dengan fase pertama dari strategi untuk meluncurkan satu set dirham digital yang akan selesai pada saat ini tahun depan.

UEA dan Hong Kong telah bekerja sama untuk membangun mBridge, blockchain baru yang mendukung banyak CBDC dan bertujuan untuk mengatasi keterbatasan sistem pembayaran lintas batas saat ini. Transaksi korporasi nyata dilakukan sebagai bagian dari uji coba.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat