uefau17.com

Three Arrows Capital Bangkrut, Ini Dampaknya terhadap Pelaku Industri - Crypto

, Jakarta - Baru-baru ini pada Maret 2022, perusahaan nilai lindung kripto. Three Arrows Capital (3AC) mengelola aset sekitar USD 10 miliar atau sekitar Rp 150,2 triliun, menjadikannya salah satu dana lindung nilai kripto paling menonjol di dunia.

Namun, penurunan harga pada aset kripto belakangan ini membuat perusahaan tersebut mengajukan kebangkrutan. Efek dari kasus 3AC ini tak hanya berdampak pada perusahaan ini, tetapi memberikan efek domino pada perusahaan lainnya.

Pertukaran Crypto Blockchain.com dilaporkan menghadapi USD 270 juta pinjaman ke 3AC. Sementara itu, pialang aset digital Voyager Digital mengajukan perlindungan kebangkrutan Bab 11 setelah 3AC tidak dapat membayar kembali utang sekitar USD 670 juta yang dipinjamnya dari perusahaan. 

Strategi Three Arrows melibatkan peminjaman uang dari seluruh industri dan kemudian berbalik dan menginvestasikan modal itu ke proyek kripto lainnya, yang seringkali baru lahir. 

Perusahaan itu telah ada selama satu dekade, membantu memberi para pendiri perusahaan yaitu Zhu Su dan Kyle Davies ukuran kredibilitas dalam industri yang dihuni oleh para pemula. Zhu juga menjadi pembawa acara podcast populer di kripto.

Efek Domino 3AC

Jatuhnya Three Arrows Capital dapat dilacak ke runtuhnya terra USD (UST) pada Mei lalu, yang telah menjadi salah satu proyek stablecoin yang dipatok dolar AS yang paling populer.

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Investor Diberi Insentif

Stabilitas UST bergantung pada serangkaian kode yang kompleks, dengan sedikit uang tunai untuk mendukung pengaturan, meskipun ada janji itu akan mempertahankan nilainya terlepas dari volatilitas di pasar kripto yang lebih luas. 

Investor diberi insentif  pada platform pinjaman yang menyertainya yang disebut Anchor dengan hasil tahunan 20 persen pada kepemilikan UST mereka, tingkat yang menurut banyak analis tidak berkelanjutan.

"Koreksi aset berisiko ditambah dengan likuiditas yang lebih sedikit telah mengekspos proyek-proyek yang menjanjikan APR tidak berkelanjutan yang tinggi, yang mengakibatkan keruntuhannya, seperti UST,” kata ahli strategi aset digital dan kripto global di Bank of America Alkesh Shah, dikutip dari CNBC, Senin (18/7/2022).

Penjualan panik terkait dengan jatuhnya UST, dan saudaranya token luna, merugikan investor USD 60 miliar.

3AC mengatakan kepada Wall Street Journal mereka telah menginvestasikan USD 200 juta di luna. Laporan industri lainnya mengatakan eksposur dana itu sekitar USD 560 juta. Adapun kerugiannya, investasi itu menjadi hampir tidak berharga ketika proyek stablecoin gagal.

Ledakan UST mengguncang kepercayaan di sektor ini dan mempercepat penurunan cryptocurrency yang sudah berlangsung sebagai bagian dari kemunduran yang lebih luas dari risiko.

Pemberi pinjaman 3AC meminta sebagian uang mereka kembali dalam banjir panggilan margin, tetapi uang itu tidak ada. Banyak rekanan perusahaan, pada gilirannya, tidak dapat memenuhi permintaan dari investor mereka, termasuk pemegang ritel yang telah dijanjikan pengembalian tahunan sebesar 20 persen.

 

3 dari 4 halaman

Pengadilan AS Izinkan Likuidator Sita Aset Three Arrows Capital

Sebelumnya, likuidator untuk perusahaan dana lindung nilai kripto Three Arrows Capital (3AC) memperoleh izin dari pengadilan AS pada Selasa, 12 Juli 2022 untuk mengeluarkan panggilan pengadilan dan mengklaim aset perusahaan. 

Hakim Kepailitan AS Martin Glenn di Manhattan memberi likuidator wewenang untuk mengklaim aset 3AC yang berbasis di AS dan mengeluarkan panggilan pengadilan kepada pendirinya dan sekitar dua lusin bank serta pertukaran mata uang kripto yang mungkin memiliki informasi tentang aset dan transfernya.

Seorang pengacara untuk likuidator, Adam Goldberg, mengatakan dalam sidang darurat pada Selasa di hadapan Glenn keberadaan pendiri perusahaan Zhu Su dan Kyle Livingstone Davies masih belum diketahui.

“Tanpa kerja sama para pendiri, para likuidator tidak dapat memperoleh gambaran lengkap tentang aset 3AC dan lokasinya,” kata Goldberg, dikutip dari Channel News Asia, Rabu (13/7/2022).

Sifat dari aset digital menciptakan risiko nyata yang memungkinkan pendiri atau pihak lain akan membawa seluruh aset pergi kecuali dihentikan oleh perintah pengadilan. 

"Bagian penting dari perintah ini adalah untuk memberitahu dunia likuidator lah yang mengendalikan aset debitur pada tahap ini," ujar Goldberg.

4 dari 4 halaman

Dampak Kebangkrutan 3AC

Kedua pendiri 3AC, Zhu dan Davies tidak muncul di pengadilan kebangkrutan dan tidak menentang permintaan likuidator untuk otoritas panggilan pengadilan. Zhu sebelumnya sempat membuat cuitan untuk pertama kalinya dalam hampir sebulan pada Selasa, mengatakan likuidator telah menolak tawaran itikad baik mereka untuk bekerja sama.

3AC, yang dilaporkan memiliki cryptocurrency senilai USD 10 miliar atau sekitar Rp 149,8 triliun pada awal 2022, turun hingga USD 3 miliar pada April, menurut pengajuan pengadilan likuidator. Perusahaan mengajukan kebangkrutan di British Virgin Islands pada akhir Juni setelah dihantam oleh aksi jual tajam dalam mata uang digital.

Kebangkrutan 3AC telah mengacaukan pemberi pinjaman kripto lainnya seperti Voyager Digital, yang mengajukan kebangkrutan setelah 3AC gagal membayar kembali pinjaman sekitar USD 650 juta dalam mata uang kripto, dan Blockchain.com, yang meminjamkan USD 270 juta kepada 3AC.

Likuidator ditunjuk oleh pengadilan Kepulauan Virgin Britania Raya untuk menghentikan perusahaan dan membayar hutangnya. Mereka mengajukan kasus kebangkrutan paralel di Manhattan untuk melindungi aset AS 3AC.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat