uefau17.com

Cara Sederhana Bikin Adonan Tahu Isi, Renyah Tahan Lama dan Minim Minyak - Citizen6

, Jakarta Tahu isi, gorengan sejuta umat yang sangat lezat untuk disantap sebagai camilan atau sebagai pendamping makan siang.

Sangat mudah untuk menemui tahu isi baik di warung makan atau penjual gorengan pinggir jalan dengan harga yang sangat murah.

Meskipun begitu,  tahu isi dapat dibuat sendiri di rumah dengan mudah dan modal yang minim. Bahkan bahan-bahannya sangat mirip dengan gorengan jenis lain.

Pemilik kanal YouTube Dapur Rayyanka membagikan tips membuat tahu isi yang renyah, tahan lama, dan minim minyak pada salah satu video yang diunggah..

Dirangkum pada Minggu (03/03/20204), berikut ini langkah-langkahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Kumpulkan Seluruh Bahan

Bahan-bahan yang digunakan sangat simpel dan ekonomis, bahkan jika dihitung-hitung tidak mencapai 8 ribu. Adapun bahan-bahannya antara lain:

●     20 tahu matang.

●     50 gram kecambah.

●     2 wortel kecil.

●     daun bawang.

●     175 gram terigu curah.

●     25 gram tepung tapioka.

●     1 sdm minyak sayur.

●     ½ sdt baking powder dan ¼ sdt lada bubuk

Untuk bumbu bisa menggunakan 30 gram bawang merah, 15 gram bawang putih, dan 1 sendok makan garam. Anda bisa langsung ulek bumbu hingga halus.

3 dari 10 halaman

Aduk Tepung dan Bumbu

Letakkan terigu curah, tepung tapioka, baking powder dan lada ke baskom stainless, lalu tuang 50 ml air ke dalam baskom.

Aduk tepung sampai agak padat, lalu campurkan setengah bumbu yang sudah diulek tadi untuk diaduk lagi hingga tercampur merata.

Jika adonan tepung sudah lumayan kental, tuangkan 1 sdm minyak sayur agar saat sudah jadi tidak menyerap banyak minyak. Setelah itu aduk lagi hingga adonan benar-benar lembut.

 

4 dari 10 halaman

Campur Isian dengan Sisa Bumbu

Masukkan sisa bumbu ke dalam baskom baru yang berisi wortel, kecambah dan daun bawang untuk dicampurkan dengan cara diurap. Setelah itu, masukkan isian ke dalam tahu

Jangan lupa untuk menggunakan plastik saat mencampur bahan-bahan ini agar tangan tidak kotor.

5 dari 10 halaman

Lapisi Tahu dengan Adonan lalu Goreng

Nah, adonan tepung tadi bisa dijadikan pelapis tahu isi agar lapisan luarnya bisa tebal renyah.

Lapisi semua tahu isi dengan memasukkan ke dalam adonan tepung, lalu masukkan tahu isi ke penggorengan satu per satu.

Jika sudah berwarna kecoklatan, tahu bisa langsung diangkat dan ditaruh piring untuk disantap sebagai cemilan.

6 dari 10 halaman

Berapa Lama Tahu Goreng Bertahan?

Penting untuk diingat bahwa makanan ini dapat bertahan di kulkas selama satu minggu jika belum dimasak, bergantung pada kekuatan tahu. Namun, setelah dimasak, tahu goreng dapat disimpan di kulkas selama sekitar 6-7 hari.

7 dari 10 halaman

Apakah Tahu Boleh di Simpan di Freezer?

Anda dapat mempertimbangkan untuk menyimpan tahu di dalam lemari es. Menurut informasi dari The Kitchen, sebaiknya tahu yang berukuran besar dipotong menjadi beberapa bagian terlebih dahulu, kemudian diletakkan di atas loyang yang dilapisi kain serbet bersih sebelum dimasukkan ke dalam lemari es.

8 dari 10 halaman

Bisakah Tahu di Freezer?

Tahu sutra tidak cocok disimpan beku sebab memiliki kandungan air yang cukup tinggi dan bisa mengkristal saat dibekukan. Setelah kemasan tahu dibuka, pindahkan tahu ke dalam wadah berisi air.

9 dari 10 halaman

Apakah Tahu Harus Dicuci?

Bahan makanan tahu memiliki kualitas yang dapat berubah dengan cepat dalam waktu singkat setelah dibeli. Oleh karena itu, disarankan I untuk segera membersihkan tahu setelah dibeli dengan cara menggunakan air mengalir secara perlahan.

10 dari 10 halaman

Apakah Tahu Itu Sehat?

Tahu adalah alternatif yang bagus untuk menjaga pola makan yang sehat karena memiliki kandungan kalori yang rendah namun tinggi akan protein, vitamin, dan berbagai mineral. Berbeda dengan sumber protein hewani, tahu tidak mengandung kolesterol. Selain itu, kandungan lemak omega 3 dalam tahu juga membantu dalam mengatur kadar kolesterol dalam tubuh.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat