uefau17.com

Mengenal Apa Itu Temperamen Lengkap dengan Jenis-Jenisnya - Citizen6

, Jakarta Kita sering menggunakan istilah temperamen untuk menggambarkan kepribadian seseorang. Anda mungkin berkata, "Mereka memiliki temperamen yang baik," atau "Dia memiliki temperamen yang tidak menyenangkan." Namun, temperamen Anda hanya membentuk sebagian dari kepribadian Anda.

Kamus Oxford mengartikan temperamen sebagai sifat seseorang yang ditunjukkan dalam cara mereka berperilaku atau bereaksi terhadap orang atau situasi. Walaupun ini faktual, definisi ini agak membatasi.

Temperamen Anda juga mencakup sifat perilaku dan kepribadian bawaan Anda. Itu adalah kecenderungan alami Anda dan akan sering terlihat dalam interaksi sehari-hari Anda. Temperamen Anda bahkan menentukan cara kerja pikiran Anda.

Selama bertahun-tahun, para ilmuwan telah mengidentifikasi empat temperamen umum yang mungkin menjadi ciri seseorang. Tidak ada ilmu pasti mengenai hal ini, dan beberapa orang mengidentifikasi diri dengan lebih dari satu jenis temperamen. Dalam artikel ini kita akan menggali ilmu di balik empat temperamen utama dan memberikan cara yang dapat membantu Anda menentukan jenis temperamen yang Anda miliki.

Bagaimana Temperamen Anda Terbentuk?

Temperamen Anda diyakini merupakan bawaan lahir, terutama dipengaruhi oleh genetika. Tidak jarang seseorang memiliki temperamen yang mirip dengan orang tua atau kakek neneknya. Penelitian menunjukkan bahwa 20% hingga 60% temperamen Anda ditentukan oleh genetika.

Faktor lingkungan eksternal seperti pengalaman masa kecil yang negatif dan positif juga dapat membentuk temperamen. Misalnya, seseorang yang tumbuh dalam keluarga yang penuh kekerasan bisa menjadi melankolis.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Temperamen dan Kepribadian

Meskipun kedua istilah tersebut serupa dan sering digunakan secara bergantian, keduanya berbeda satu sama lain. Temperamen Anda tidak sama dengan kepribadian Anda.

Kepribadian Anda juga lebih mungkin berubah dibandingkan temperamen Anda seiring bertambahnya usia dan menjalani pengalaman hidup baru. Bukan hal yang aneh jika seorang anak introvert menjadi orang dewasa yang ekstrovert.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Temperamen

Selama beberapa dekade, para peneliti dan ilmuwan telah menetapkan dan memperluas empat tipe temperamen yang berbeda. Teori empat temperamen utama dapat ditelusuri kembali ke ratusan tahun yang lalu. Hippocrates pertama kali mengusulkannya di Yunani Kuno, menyarankan empat cairan tubuh menentukan perilaku seseorang. Klasifikasi yang kita gunakan saat ini diusulkan oleh Galen berdasarkan teori humor tubuh. Distribusi tipe temperamen di suatu komunitas bergantung pada faktor-faktor seperti budaya, usia, dan jenis kelamin. Dilansir Very Well Mind, Kamis (4/1/2024) berikut 4 tipe utama temperamen meliputi:

1. Sanguinis

Orang yang dianggap sanguinis biasanya ekstrovert dan mudah bergaul. Mereka adalah orang-orang ceria yang melihat gelas setengah penuh, bukan setengah kosong. Anda mungkin akan menemukannya di tengah kerumunan dan bukan di pinggiran. Interaksi sosial menjadi mudah bagi mereka, dan mereka banyak bicara serta energik.

Meskipun orang optimis tampaknya memiliki sifat-sifat positif, sifat-sifat kepribadian yang membuat mereka senang berada di dekat mereka juga dapat membuat mereka impulsif dan ragu-ragu. Impulsif mereka terkadang bermanifestasi sebagai perilaku mencari sensasi.

2. Koleris

Ciri-ciri orang koleris adalah dominan dan asertif. Orang yang termasuk dalam tipe temperamen ini berorientasi pada tujuan dan memiliki dorongan. Mereka berprestasi tinggi di tempat kerja, sekolah, atau bahkan bermain dan sering kali dipilih sebagai pemimpin tim.

Berbeda dengan orang optimis, orang koleris adalah orang yang tegas namun tidak sabar dan keras kepala. Mereka dapat memprioritaskan pencapaian tujuan yang ditetapkan daripada membina hubungan asmara dan hubungan sosial yang penting.

3. Plegmatis

Santai adalah kata yang mungkin langsung terlintas di benak Anda saat bertemu dengan orang plegmatis. Mereka adalah orang-orang santai yang cenderung sangat berempati ketika berhubungan dengan orang lain. Mereka adalah orang-orang yang dapat diandalkan dan sabar serta menemukan kenyamanan dalam hal-hal biasa dan rutin.

Orang plegmatis menunjukkan sedikit emosi, yang bisa terlihat pasif atau tidak berperasaan selama interaksi sosial. Kebutuhan mereka untuk menghindari konflik dengan segala cara dapat merugikan, menyebabkan mereka kehilangan peluang ketika mereka gagal untuk menegaskan diri mereka sendiri.

4. Melankolis

Orang sering menyamakan melankolis dengan kesedihan atau kegembiraan, tetapi ada lebih banyak hal yang terjadi pada orang dengan temperamen ini. Meski pendiam, orang melankolis juga bijaksana dan sensitif. Mereka juga bisa bersifat analitis dan metodis, terutama di tempat kerja, sehingga menjadikannya berharga di tempat kerja mana pun.

Sebaliknya, mereka lebih suka bekerja sendiri dan mungkin tidak bisa menjadi pemain tim terbaik. Mereka menjadi murung dan cemas ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginan mereka.

4 dari 4 halaman

Bisakah Temperamen Berubah?

Teori yang menjadi dasar temperamen menunjukkan bahwa itu adalah bawaan, biasanya dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti pengalaman masa kecil dan sejarah keluarga.

Namun, bukan hal yang aneh jika Anda ingin mengubah ciri-ciri kepribadian tertentu tentang diri Anda yang dapat dikaitkan dengan temperamen tertentu. Temperamen tertentu lebih berisiko mengembangkan kebiasaan buruk yang perlu dikelola. Seperti contohnya orang koleris bisa cepat marah. Jika ini Anda, Anda mungkin mendapat manfaat dari sesi manajemen amarah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat