uefau17.com

Mumpung Masih Tahun Baru, Coba Buat Vision Board Sebagai Bentuk Manifestasi - Citizen6

, Jakarta - Sudahkah Anda membuat resolusi tahun baru untuk tahun 2024 ini? Tentunya setiap orang pastinya memiliki sesuatu impian yang ingin mereka wujudkan satu per satu. Namun sayangnya, tidak semua orang tahu bagaimana cara memulainya hingga menjadikannya secara nyata. 

Memang, jika Anda tidak memiliki visi dan ternyata sulit menentukan apa yang diinginkan atau ke mana Anda ingin mengembangkan diri, rasanya tidak mudah untuk mendapatkan hal tersebut.

Apalagi, tanpa visi yang jelas, sulit mengarahkan upaya Anda ke arah yang sesuai dengan tujuan Anda. Sulit juga untuk mendapatkan dukungan dan sumber daya yang diperlukan.

Maka dari itu, Anda sebenarnya membutuhkan vision board untuk diri sendiri. Anda pastinya sering mendengar orang-orang bercerita tentang manifestasi, dan bagaimana cara tersebut dapat menarik impian ke dalam hidup Anda dengan memikirkannya.

Kenyataannya, impian kita tidak terwujud dengan sendirinya. Mencapai tujuan Anda dan mewujudkan potensi juga membutuhkan kerja keras.

Pada saat yang sama, memiliki visi yang mendetail dan keyakinan pada kemampuan Anda sendiri untuk mengubah visualisasi tersebut menjadi tindakan akan membantu. Hal ini bisa mengubah tindakan menjadi kenyataan.

Melansir dari BetterUp, Selasa (2/1/2024), vision board bisa membantu mewujudkan impian secara terfokus dan memulai proses tersebut sehingga menjadi nyata. Lalu, apa sebenarnya vision board dan bagaimana cara memanfaatkannya? 

Jika Anda belum mengetahuinya dan ingin melakukan hal ini sebagai salah satu bentuk manifestasi di tahun baru, baca artikel ini sampai habis, ya!

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Itu Vision Board?

Vision board adalah kumpulan gambar atau objek yang disusun sedemikian rupa untuk membantu Anda mewujudkan tujuan atau visi Anda. Isinya bisa berupa fisik atau digital yang tinggal disesuaikan dengan keinginanmu.

Selain itu, Anda dapat menggunakannya untuk mewujudkan tujuan pribadi atau membuat representasi visual dari pernyataan visi pribadi. Bisa dibilang, vision board sangat sempurna untuk membantumu membayangkan kehidupan impianmu. Namun, Anda juga dapat menggunakannya dalam menguraikan tujuan profesionalmu, seperti misalnya karier.

Anda dapat menggunakan vision board untuk tujuan jangka panjang, seperti mencapai rencana lima tahunmu. Atau Anda juga bisa membuatnya cukup setahun.

Nah, biasanya vision board bisa dibuat di tempat yang paling sering Anda lihat. Seperti misalnya Anda meletakkannya di cermin yang biasa digunakan untuk berdandan atau memakai pakaian. Namun, sebagian orang juga lebih suka menggantungnya di dinding ruangan yang sering mereka gunakan.

Untuk memulainya, Anda harus menambahkan gambar yang menginspirasimu atau membuat Anda merasakan hal tertentu. Pikirkan kembali terakhir kali Anda melihat gambar atau foto yang membuat Anda merasakan sesuatu. Bagaimana perasaanmu? Apakah perasaan ini sejalan dengan nilai-nilai Anda? Itulah yang Anda cari saat memikirkan apa yang akan disertakan di papan Anda.

Vision board juga berisi kutipan yang selaras dengan visi Anda. Hal ini bisa saja berupa:

  • Tulisan tangan
  • Gambar yang dicetak dan ditempel di papan
  • Gambar dalam bentuk kaligrafi
  • Potongan dari bahan yang menarik, seperti baju bekas

Selain itu, vision board dapat berisi barang-barang yang bernilai sentimental. Namun, hal penting untuk dipertimbangkan adalah apakah ini akan membantumu mewujudkan visi Anda atau tidak.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Vision Board Sebagai Manifestasi

Ada beberapa cara Anda dapat menggunakan vision board yang baru Anda buat untuk membantu afirmasimu menjadi kenyataan.

Cara pertama, dengan mempertimbangkan untuk memasukkan vision board Anda ke dalam rutinitas sehari-hari. Seperti misalnya Anda dapat meluangkan waktu untuk diri sendiri setiap pagi untuk melihat papan itu.

Renungkan dan gunakan gambar yang Anda buat untuk menginspirasi. Selain itu, Anda juga bisa melakukan hal yang sama pada malam hari sebelum tidur. 

Saat Anda membuat vision board, Anda juga dapat mengosongkan beberapa area untuk memberikan ruang bagi apa yang Anda inginkan. Sebab, pastinya kehidupan akan berubah setiap waktu. Jadi, Anda pun pasti memiliki tujuan baru yang ingin diwujudkan dalam waktu tertentu.

Teknik lain yang dapat Anda gunakan adalah mengutarakan tujuan Anda dengan lantang. Saat Anda melihat vision board Anda, ucapkan penegasan atas kemampuan Anda untuk mewujudkan tujuan Anda. Seperti "Saya cukup. Saya memiliki semua alat dan sumber daya yang saya perlukan untuk X. Saya bisa melakukan ini."

Salah satu cara terbaik untuk membuat vision board Anda berhasil adalah dengan memastikanmu tidak hanya memvisualisasikannya. Anda juga harus mengambil tindakan konkrit.

Jika Anda ingin mendapatkan pekerjaan impian, mulailah mengembangkan keterampilan yang Anda butuhkan untuk berhasil di posisi ini. Jika Anda ingin lebih sering bepergian, buka rekening tabungan baru dan atur transfer otomatis setiap bulan.

Jika Anda ingin menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan, tambahkan waktu khusus ke kalender Anda untuk aktivitas luar ruangan.

4 dari 4 halaman

Ide Manifestasi untuk Vision Board Anda

Nah, sekarang sudah bisa membuat vision board dari awal, kan? Namun, jika pertama kali mencobanya, pasti ada rasa sulit untuk memulainya dari awal. Terlebih jika ada begitu banyak hal yang ingin dicapai.

Untuk itu, ada beberapa ide manifestasi yang bisa menginspirasimu dalam membuat vision board tersebut, di antaranya:

  • Pengembangan karier

Gambar dari majalah perdagangan, alat perdagangan, bisa juga gambar yang mewakili kelimpahan finansial.

  • Self-care

Kutipan inspiratif, gambar berupa pengingat, dan gambar menenangkan yang bisa menginspirasi kesehatan, dan gambar untuk menginspirasi olahraga.

  • Cinta dan hubungan

Kutipan yang mewakili sudut pandang Anda tentang hubungan atau gambaran hubungan cinta

  • Hal-hal positif

Gambaran yang memicu kegembiraan dalam dirimu, serta kutipan yang membuatmu merasa positif dan sehat secara mental.

  • Traveling

Gambar destinasi impian Anda, kartu pos, gambar pesawat atau kereta api, bisa juga foto Anda sedang bepergian​.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat