uefau17.com

Beasiswa LPDP S2 Segera Dibuka, Simak Syarat dan Dokumen Wajib yang Dibutuhkan - Citizen6

, Jakarta - Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) merupakan beasiswa yang disediakan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk pembiayaan pendidikan tinggi pada program magister atau progam doktoral di perguruan tinggi terbaik, baik dalam maupun luar negeri.

Beasiswa LPDP menjadi kesempatan bagi mahasiswa Indonesia yang memiliki potensi dan prestasi tinggi untuk mendapatkan pendidikan tinggi berkualitas sehingga diharapkan memiliki visi dan komitmen untuk berperan aktif dalam pembangunan Indonesia setelah menyelesaikan studi mereka.

Dilansir dari laman resmi LPDP Kemenkeu, Jumat (24/11/2023), beasiswa LPDP terdiri dari berbagai program, yaitu Program Umum, Program Targeted, Program Afirmasi, dan Program Kolaborasi.

  1. Program Umum terdiri dari Beasiswa Reguler, Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia, dan Beasiswa Parsial.
  2. Program Targeted terdiri dari Beasiswa PNS, TNI, POLRI, Beasiswa Kewirausahaan, Beasiswa Pendidikan Kader Utama, dan Beasiswa Dokter Spesialis dan Subspesialis.
  3. Program Afirmasi terdiri dari Beasiswa Penyandang Disabilitas, Beasiswa Putra-putri Papua, Beasiswa Daerah Afirmasi, dan Beasiswa Prasejahtera.
  4. Program Kolaborasi terdiri atas Beasiswa Kampus Merdeka, Beasiswa Program Dosen dan Tenaga Kependidikan, Beasiswa Program Guru dan Tenaga Kependidikan, Beasiswa Program Vokasi, Beasiswa Program Prestasi, dan Beasiswa Kebudayaan.

Pembukaan Beasiswa LPDP 2024 memang belum diumumkan oleh pihak LPDP maupun Kemenkeu. Namun, pembukaan Beasiswa LPDP dapat mengacu dari tahun-tahun sebelumnya.

Di tahun 2023, pembukaan tahap 1 Beasiswa LPDP dibuka pada 25 Januari 2023 – 25 Februari 2023, sedangkan tahap 2 pada 9 Juni – 9 Juli 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Syarat Pendaftaran Beasiswa LPDP

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Telah menyelesaikan studi program D4 atau S1 untuk beasiswa magister, atau menyelesaikan program S2 untuk beasiswa doctor.
  3. Bagi pendaftar lulusan perguruan tinggi luar negeri pada jenjang pendidikan sebelumnya, wajib melampirkan hasil penyetaraan ijazah dan konversi IPK.
  4. Tidak sedang menempuh studi (on going) program magister ataupun doktor baik di perguruan tinggi dalam negeri maupun perguruan tinggi di luar negeri.
  5. Tidak sedang mendaftar, akan menerima, atau menerima beasiswa dari sumber lain yang berpotensi double funding selama menjadi penerima beasiswa LPDP.
  6. Melampirakn surat rekomendasi sesuai dengan persyaratan masing-masing program yang diterbitkan paling lama 1 (satu) tahun di bulan yang sama dengan waktu pendaftaran beasiswa.
  7. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan persyaratan Bahasa sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pada masing-masing program beasiswa.
  8. Menyetujui surat pernyataan yang telah disediakan pada aplikasi pendaftaran beasiswa LPDP.
  9. Menulis Proposal Penelitian bagi pendaftar program pendidikan doktor.
  10. Jika pendaftar memiliki publikasi ilmiah, prestasi kejuaraan/non kejuaraan, dan pengalaman organisasi maka pendaftar mengisi riwayat publikasi ilmiah, prestasi kejuaraan/non kejuaraan, dan pengalaman organisasi pada aplikasi pendaftaran.
3 dari 3 halaman

Dokumen Penting Beasiswa LPDP

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK)
  2. Pas photo terbaru.
  3. Surat Keterangan Sehat.
  4. Dokumen Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) atau yang setara dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau telah dilegalisir.
  5. Dokumen sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang diterbitkan paling lambat pada 2 (dua) tahun terakhir dari tahun pendaftaran beasiswa oleh ETS, PTE Academic, atau IELTS.
  6. Melampirkan surat rekomendasi dari tokoh masyarakat atau akademisi.
  7. Surat usulan instansi untuk mengikuti beasiswa LPDP khusus untuk pendaftar dari kalangan CPNS, PNS, TNI, atau POLRI.
  8. LOA (Letter of Acceptance). Namun, tidak semua program LPDP wajib mencantumkan LOA.
  9. Esai komitmen kembali ke Indonesia.

Bagaimana Cara Mendaftar Beasiswa LPDP?­­

  1. Mendaftar secara online pada situs Pendaftaran Beasiswa LPDP: https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/
  2. Melengkapi dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan pada aplikasi pendaftaran.
  3. Pastikan melakukan submit aplikasi pendaftaran untuk mendapatkan kode registrasi/pendaftaran.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat