uefau17.com

Belakangan Viral Lagi di Media Sosial, Berikut 5 Cerita Misteri Kota Gaib Saranjana yang Masih Banyak Dibicarakan - Citizen6

, Jakarta Kota Saranjana kembali mencuri perhatian di dunia maya setelah gambar yang diduga penampakan kota gaib itu tersebar luas di media sosial. Kini, publik semakin dibuat penasaran dengan kisah kota Saranjana lewat sebuah film horor yang berjudul ‘Saranjana: Kota Ghaib’,  yang tengah menghiasi layar bioskop sejak 26 Oktober 2023. 

Banyak informasi yang beredar, kota Saranjana dipercaya sebagai tempat gaib yang hanya bisa dilihat oleh mereka yang memiliki kemampuan mata batin. Meskipun tidak terlihat oleh orang awam, Saranjana disebut sebagai kota yang maju dan modern. Kota Saranjana ini terletak di Kecamatan Pulau Laut, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. 

Kepercayaan akan keberadaan kota Saranjana semakin menguat, terutama karena banyak warga lokal dan bahkan dari luar daerah yang mengaku pernah mengunjungi dan menjelajahi keunikan kota tersebut.

Bagi Anda yang penasaran, berikut beberapa ulasan mengenai kisah-kisah misterius di kota Saranjana yang dilansir dari berbagai sumber, Kamis (9/11/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Kota Saranjana Dihuni Jin

Kota Saranjana konon dihuni oleh makhluk halus berupa jin muslim. Namun, ada pendapat lain yang mengatakan bahwa kota tersebut ditempati oleh manusia yang telah menggaib. 

Menurut pengakuan berbagai sumber, Saranjana adalah kota yang modern dengan jalan raya yang lebar dan gedung pencakar langit yang menjulang tinggi bak kota impian. Sistem pemerintahan di sana berbentuk kerajaan, sementara mayoritas penduduknya memeluk agama Islam.

3 dari 11 halaman

Penduduk Kota Saranjana Berwajah Rupawan

Penduduk Kota Saranjana konon memiliki bentuk fisik mirip manusia. Namun, wajah perempuannya dikatakan lebih cantik, sementara prianya terlihat lebih gagah. 

Selain itu, mereka terkenal sebagai individu yang ramah dan sehari-hari berkomunikasi menggunakan bahasa Banjar. Bahkan jika manusia masuk Kota Saranjana, mereka enggan pulang lantaran takjub dengan keindahannya.

4 dari 11 halaman

Suara Kota Saranjana Menggema di Malam Hari

Di sekitar Kota Saranjana, dikabarkan bahwa seseorang yang mendapat izin khusus akan mampu mendengar suara-suara mistis dari kota gaib tersebut. Terdengar alunan musik yang merdu dan suara kendaraan yang lalu-lalang.

Salah satu cerita menarik yang berkembang adalah kisah tentang warga Saranjana yang memesan mobil-mobil mewah dari Surabaya. Namun, ketika mobil-mobil tersebut tiba, kejelasan mengenai pemilik dan pemesannya menjadi samar, menambah misteri yang menyelimuti kota gaib ini.

Tak hanya mobil mewah, kisah serupa juga melibatkan kapal feri yang membawa banyak penumpang dari Tanjung Serdang, Kotabaru. Saat kapal merapat di Pelabuhan Batulicin, Kabupaten Tanah Bambu, suasana kapal yang seharusnya ramai justru mendadak sepi, menciptakan aura keanehan yang sulit dijelaskan.

5 dari 11 halaman

Kota Saranjana Terdapat di Peta Kuno

Berdasarkan informasi yang beredar, Saranjana diketahui pernah berada di wilayah Kalimantan Selatan, tepatnya di Desa Oka-oka, Kecamatan Pulau Laut Kelautan, Kotabaru. 

Keberadaannya tercatat dalam berbagai bukti nyata, mulai dari peta Salomon Muller 1845, peta Isaac Dornseiffen 1868, kamus Pieter Johannes Veth 1869, hingga Sketch Map of the Residency Southern and Eastern Division of Borneo 1913 yang dibuat di masa Hindia Belanda. Meski telah ada bukti konkret bahwa Saranjana betul-betul pernah ada, namun secara misterius Kota Saranjana menghilang.

6 dari 11 halaman

Lokasi Kota Saranjana Memiliki Beragam Versi

Sejarawan Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Mansyur mengungkapkan pandangannya dalam jurnal berjudul "Saranjana in Historical Record: The City's Invisibility in Pulau Laut, South Kalimantan."

Menurut Mansyur, versi pertama menyebutkan bahwa Saranjana konon berada di Kotabaru, Kalimantan Selatan. Sedangkan versi kedua menunjukkan bahwa kota gaib ini terletak di Teluk Tamiang, Pulau Laut.

Namun, versi ketiga dengan tegas menyebutkan lokasi Saranjana berada di sebuah bukit kecil di Desa Oka-oka, Kecamatan Pulau Laut Kelautan, Kalimantan Selatan. Lokasinya yang berbatasan langsung dengan laut menjadikannya destinasi wisata potensial. Meskipun demikian, sayangnya, tempat ini dianggap angker oleh penduduk sekitar.

7 dari 11 halaman

Film ‘Saranjana: Kota Gaib’ Diperankan oleh Siapa?

Film ini diperankan oleh deretan aktor dan aktris ternama, seperti Ananda George, Betari Ayu, Irzan Faiq, M. Adhiyat, Adinda Azani, Mourys Sam, Gusti Gina Luthfi Aulia, dan Ajeng Fauziah.

8 dari 11 halaman

Film ‘Saranjana: Kota Gaib’ Nonton di Mana?

Saat ini, film  ‘Saranjana: Kota Gaib’ sedang tayang di bioskop seluruh Indonesia. Kamu bisa menonton film Saranjana secara resmi dengan membeli tiketnya di link berikut: Cinema XXI. Cinepolis. CGV.

9 dari 11 halaman

Kapan Kota Saranjana Muncul?

Dengan bentuk negara suku dari suku Dayak Samihim, Kerajaan Saranjana muncul sebelum tahun 1660-an atau pada pra-abad ke-17 Masehi.

10 dari 11 halaman

Kenapa Dinamakan Kotabaru?

Dinamakan kotabaru karena memiliki arti yaitu kota yang baru. Pulau ini berada di bagian luar wilayah Provinsi Kalimantan Selatan yang berbatasan dengan Provinsi Sulawesi Selatan dan Provinsi Sulawesi Barat. Konon, keluarga La Ode yang berasal dari Sulawesi adalah penghuni pertama pulau ini.

11 dari 11 halaman

Kotabaru Termasuk Kalimantan Apa?

Kabupaten Kotabaru adalah sebuah wilayah kabupaten yang terletak di provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini berada di Kotabaru yang terletak di Pulau Laut, pulau yang terpisah dari pulau Kalimantan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat