uefau17.com

Ketahui 7 Dampak Buruk KDRT Bagi Kesehatan Mental - Citizen6

, Jakarta Kekerasan Dalam Rumah Tangga atau KDRT adalah masalah yang begitu meluas sehingga memengaruhi banyak individu dan keluarga di seluruh dunia. Perilaku kasar yang terjadi di dalam sebuah hubungan keluarga ini dapat terjadi dalam berbagai bentuk, seperti pelecehan fisik, emosional, atau seksual.

Konsekuensi dari KDRT jauh melampaui ranah fisik dan dapat memiliki efek yang parah bagi para penyintasnya. Seperti salah satunya pada kesehatan mental. Butuh waktu bagi mereka untuk menyesuaikan diri dengan hidup di lingkungan yang aman, terutama jika pelaku melakukan kekerasan yang parah atau melakukannya dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Dalam artikel yang sudah dirangkum dari Marriage, Minggu (20/8/2023), kekerasan dalam rumah tangga mengacu pada perilaku kasar antara pasangan intim, pasangan, atau anggota keluarga yang hidup bersama dalam satu rumah. Ini mencakup tindakan kekerasan fisik seperti pemogokan, pukulan, dorongan, atau tendangan, serta pelecehan emosional, hinaan verbal, dan penganiayaan seksual.

Tindakan pelecehan ini melanggar Hak Asasi Manusia yang mendasar, dan efek kekerasan dalam rumah tangga pada kesehatan mental dapat merusak dinamika hubungan antara pasangan. Pelecehan dapat membuat seseorang rentan terhadap pengalaman traumatis, yang berdampak pada kesehatan mental dan emosional mereka, yang menyebabkan konsekuensi negatif jangka panjang. Di sini, kami akan membahas dampak kekerasan dalam rumah tangga terhadap kesehatan mental pada korban KDRT.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Dampak Buruk KDRT bagi Kesehatan Mental

Meskipun dampak langsung dari KDRT dapat terlihat mengerikan, konsekuensi dari hal ini terhadap kesehatan mental seringkali sangat dalam dan bertahan lama. Di sini, ada berbagai dampak buruk Kekerasan Dalam Rumah Tangga terhadap kesehatan mental dan bagaimana hal itu dapat menimbulkan konsekuensi negatif yang parah dalam kehidupan seseorang.

1. Depresi

Depresi adalah salah satu dampak paling umum dari KDRT terhadap kesehatan mental. Tanda-tanda khas dari kondisi ini meliputi kesedihan kronis atau terus-menerus, kehilangan minat pada hal-hal di sekitar, gangguan tidur, dan perubahan pola makan.

Bisa juga ada tanda keputusasaan karena orang tersebut hidup di bawah siksaan seperti itu untuk waktu yang lama. Depresi perlahan dapat menyebabkan beberapa penyakit mental kronis dan akut lainnya.

3 dari 5 halaman

2. Gangguan kecemasan

Efek umum lain yang dirasakan oleh penyintas KDRT adalah berkembangnya kecemasan yang parah. Korban mungkin terus-menerus gelisah, sulit berkonsentrasi pada tugas-tugas penting. Mereka juga mungkin terlalu khawatir atau cemas tentang berbagai hal, termasuk yang sepele sekalipun. Akibatnya mereka bisa mengalami kepanikan jika tidak dikendalikan.

Korban mungkin selalu dalam kondisi hypervigilance atau hyperarousal. Individu mungkin merasa sulit untuk merasa aman dan terjamin karena mereka dipaksa untuk terus-menerus bersiap menghadapi kemungkinan pelecehan tambahan.

3. Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD)

Gejala Post-traumatic stress disorder atau PTSD juga terlihat pada banyak penyintas KDRT. Efek kekerasan dalam rumah tangga terhadap kesehatan mental semacam itu merupakan salah satu bentuk kecemasan berat yang dapat muncul setelah terpapar peristiwa traumatis.

Korban yang mengalami gangguan stres pascatrauma sering mengalami gejala seperti kilas balik, mimpi buruk, pikiran mengganggu, dan kewaspadaan berlebihan. Sayangnya, luka psikologis akibat peristiwa traumatis, seperti yang dialami dalam kekerasan dalam rumah tangga bisa bertahan cukup lama.

4 dari 5 halaman

4. Isolasi dari Masyarakat

Efek psikologis dari KDRT bisa sangat drastis sehingga para korban mungkin mulai mengasingkan diri dari orang yang dicintai dan anggota keluarga lainnya. Isolasi dapat diperparah begitu masalah mental lainnya, seperti kecemasan atau depresi muncul.

Saat itu, korban mulai merasa terputus dan kesepian serta mengalami kurangnya dukungan dari orang lain. Selain itu, jika korbannya adalah orang tua, akan ada dampak negatif pada kesejahteraan anak karena mereka mungkin tidak tersedia secara emosional untuk mereka. Ini adalah indikator kesehatan mental klasik dari KDRT.

5. Penyalahgunaan obat-obatan atau zat

Untuk mengatasi masalah mental akibat KDRT, banyak korban beralih ke penyalahgunaan zat. Hal ini karena adanya trauma, penderitaan mental, dan gejolak emosi bisa menjadi begitu parah sehingga untuk mendapatkan kelegaan sementara, obat-obatan atau alkohol bisa menjadi pelipur lara.

Namun, ini adalah situasi yang berbahaya karena, pada kenyataannya, kecanduan zat membuat masalah kesehatan mental menjadi lebih buruk, dan keluar dari siklus dapat menjadi lebih kompleks. Para penyintas juga dapat mengalami gangguan makan, seperti anorexia nervosa atau bulimia, sebagai strategi penanggulangan terhadap apa yang terjadi dalam hidup mereka.

5 dari 5 halaman

6. Masalah kepercayaan dan keintiman

Di antara dampak fisik dan psikologis dari KDRT adalah menghindari keintiman dengan pasangan dan kehilangan kepercayaan. Pelecehan juga menjadi rintangan bagi keintiman dalam hubungan selanjutnya. Sulit bagi para penyintas untuk memercayai orang lain, terutama pasangan baru, kenalan, atau bahkan anggota keluarga mereka sendiri.

7. Mencederai diri dan pikiran untuk bunuh diri

Pikiran untuk bunuh diri atau melukai diri sendiri diakibatkan oleh pergolakan yang terjadi akibat KDRT. Begitu kondisinya memburuk, menyebabkan keputusasaan pada korban.

Hal itu dapat membuat individu tersebut berisiko terlibat dalam perilaku yang merusak diri sendiri. Sebab, adanya perasan putus asa dalam diri mereka yang dapat membawa mereka ke keadaan emosi kronis seperti rasa bersalah dan kesepian. Dan oleh karena itu, mereka mungkin merenungkan pikiran untuk bunuh diri atau melukai diri mereka sendiri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat