uefau17.com

Mengenal Kepribadian Seseorang Lewat Selera Musiknya - Citizen6

, Jakarta - Setiap orang tentu memiliki selera musik yang berbeda. Ada yang suka mendengarkan musik dengan genre pop, hip hop, indie hingga rock. Hubungan antara kepribadian dan selera musik belum banyak dieksplorasi, tetapi beberapa penelitian mengonfirmasi bahwa mereka memang terkait sampai taraf tertentu. 

Dalam satu studi, peneliti meminta lebih dari 36.000 peserta di seluruh dunia untuk menilai lebih dari 104 genre musik yang berbeda. Mereka juga mengisi inventaris kepribadian 5 Besar dan memberikan informasi tentang musik favorit mereka. 

Hasilnya menunjukkan bahwa kepribadian dan selera musik memang terkait, tetapi perbedaan individu lainnya juga menjadi faktor.

Dilansir dari Very Well Mind, Rabu (16/8/2023) berikut adalah ulasan seperti apa kepribadian seseorang dilihat dari selera musiknya.

1. Kepribadian Orang yang Suka Musik Pop

Orang yang suka musik pop dikatakan sebagai orang yang ekstrovert, jujur, dan konvensional. Meskipun pecinta musik pop adalah pekerja keras dan memiliki harga diri yang tinggi, para peneliti berpendapat bahwa mereka kurang kreatif dan lebih gelisah daripada mereka yang terpikat oleh gaya musik lainnya.

2. Kepribadian Orang yang Suka Musik Rap atau Hip Hop

Terlepas dari stereotip bahwa pecinta rap itu agresif atau kasar, para peneliti tidak menemukan kaitan seperti itu. Namun, penggemar rap cenderung memiliki harga diri yang tinggi dan umumnya lebih terbuka dibandingkan penggemar gaya lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Kepribadian Orang yang Suka Musik Country

Penggemar ini biasanya diidentifikasi sebagai pekerja keras, konvensional, ramah, dan konservatif. Meskipun musik country sering berpusat pada patah hati, orang yang menyukainya cenderung memiliki emosi yang stabil. Mereka juga berperingkat lebih rendah dari yang lain dalam hal keterbukaan terhadap pengalaman.

4. Kepribadian Orang yang Suka Musik Rock atau Heavy Metal

Rock dan heavy metal sering memproyeksikan citra kemarahan, keberanian, dan agresi. Namun, penelitian ini menemukan bahwa penggemar tersebut lembut, kreatif, dan tertutup. Mereka juga cenderung memiliki harga diri yang rendah.

3 dari 4 halaman

5. Kepribadian Orang yang Suka Musik Indie

Penggemar genre indie dikatakan sebagai orang yang introvert, intelektual, dan kreatif, tetapi kurang pekerja keras dan lembut dibandingkan penggemar gaya lainnya. Kepasifan, kecemasan, dan harga diri rendah adalah karakteristik kepribadian penting lainnya.

Mereka yang menyukai musik dansa biasanya ramah, asertif, dan terbuka untuk pengalaman tetapi berperingkat lebih rendah dari yang lain dalam hal kelembutan.

4 dari 4 halaman

6. Kepribadian Orang yang Suka Musik Klasik

Penikmat musik klasik penelitian ini umumnya agak tertutup tetapi merasa nyaman dengan diri mereka sendiri. Kreativitas dan harga diri yang sehat adalah hal yang umum di antara mereka.

7. Kepribadian Orang yang Suka Musik Jazz, Blues, dan Soul 

Orang yang menyukai musik ini dikatakan ekstrovert dengan harga diri yang tinggi. Mereka juga cenderung sangat kreatif, cerdas, dan tenang. Studi lebih lanjut menunjukkan bahwa orang mendefinisikan diri mereka sendiri melalui musik dan menggunakannya sebagai sarana untuk berhubungan dengan orang lain. 

Ini menjelaskan mengapa orang terkadang merasa defensif tentang selera musik mereka. Kritik tentang musik mereka terasa seperti kritik terhadap mereka.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat