uefau17.com

5 Dampak Buruk yang Bisa Anda Alami Jika Mengeringkan Wajah dengan Handuk - Citizen6

, Jakarta Anda mungkin mengira dudukan toilet Anda adalah barang yang paling banyak mengandung kuman di rumah Anda, padahal sebenarnya tidak. Faktanya, handuk Anda yang paling banyak mengandung bakteri, dan jika Anda menggunakannya untuk menyeka wajah, itu mungkin akan merugikan kulit Anda. 

Dan meskipun mengeringkan wajah Anda dengan handuk sepertinya hal yang paling logis untuk dilakukan, pada kenyataannya, itu bisa lebih berbahaya daripada manfaat yang akan didapatkan. Dilansir dari Brightside, berikut ini deretan alasan mengapa sebaiknya Anda tidak mengeringkan wajah setelah cuci muka menggunakan handuk

1. Ini dapat membuat Anda berjerawat

Mengeringkan wajah dengan handuk yang sama dengan yang Anda gunakan untuk mengeringkan tubuh bisa merusak kulit Anda lebih dari yang Anda kira. Handuk adalah perangkap bakteri yang hebat, dan karena kita biasanya menyimpannya di kamar mandi, yang udaranya lembab, ini menciptakan lingkungan yang sempurna bagi bakteri untuk tumbuh. 

Saat Anda menggosokkan handuk ke wajah, Anda memindahkan semua bakteri ini langsung ke kulit wajah Anda, yang pada akhirnya dapat menyebabkan jerawat dan pori-pori tersumbat. Bahkan jika Anda menggunakan handuk terpisah untuk wajah Anda dari handuk yang Anda gunakan untuk mengeringkan tubuh, kemungkinan besar Anda tidak mencucinya setiap hari, dan bakteri yang tidak diinginkan masih dapat masuk ke kulit Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Kulit Anda mungkin akan menua lebih cepat

Handuk mandi kain terry terlalu kasar di wajah Anda, dan menggunakannya dapat menimbulkan robekan kecil di kulit Anda, membuatnya rentan terhadap infeksi dan kerutan. Semakin sering Anda mencuci handuk, semakin rapuh kainnya, dan gesekan yang ditimbulkannya bertindak sebagai pengelupas kulit yang terlalu keras untuk kulit Anda.

3 dari 6 halaman

3. Mengurangi khasiat produk perawatan kulit

Meskipun mengeringkan wajah setelah mencuci sepertinya hal yang wajar untuk dilakukan, pada kenyataannya, hal itu tidak akan membuat kulit Anda mendapatkan hasil maksimal dari produk yang Anda aplikasikan. 

Pelembab Anda akan menembus kulit dengan lebih baik sebelum semua air menguap dari permukaannya. Melewatkan pengeringan handuk akan memungkinkan produk perawatan kulit Anda mengunci kelembaban yang dibutuhkan kulit Anda agar terlihat awet muda dan bercahaya.

4 dari 6 halaman

4. Dapat mengiritasi kulit Anda

Jika Anda memiliki kulit sensitif, menggunakan handuk bukanlah pilihan terbaik untuk mengeringkan wajah. Karena sebagian besar kain handuk terlalu keras untuk kulit, menyeka wajah Anda dengan bahan tersebut dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi pada kulit.

5 dari 6 halaman

5. Dapat membuat kulit Anda berminyak

Ini mungkin terdengar kontradiktif, tetapi mengeringkan kulit sebenarnya bisa membuatnya lebih berminyak. Karena handuk kasar dapat menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan kulit Anda agar tetap sehat, kelenjar sebaceous di bawah permukaan kulit harus menghasilkan lebih banyak minyak untuk menyeimbangkan kekeringan, yang akan menghasilkan kulit yang terlalu berminyak.

6 dari 6 halaman

Cara mengeringkan wajah tanpa handuk

Alih-alih mengeringkan wajah Anda dengan handuk, biarkan udara melakukan tugasnya. Mengeringkan wajah dengan udara lebih higienis dan lembut di kulit Anda, dan meskipun membutuhkan lebih banyak waktu daripada menyeka wajah dengan handuk, kulit Anda akan berterima kasih untuk itu.

  • Cuci muka seperti biasa.
  • Biarkan kulit Anda mengering secara alami.
  • Oleskan pelembab favorit Anda.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat