uefau17.com

Kenali Gejala Awal Serangan Jantung yang Perlu Diwaspadai - Citizen6

, Jakarta - Penyakit jantung merenggut hampir 18 juta nyawa setiap tahun, kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Dari jumlah kematian yang mengkhawatirkan akibat penyakit jantung ini, 85% disebabkan oleh serangan jantung dan stroke.

Hampir 40% kematian dini, yang berarti kematian yang terjadi pada orang di bawah usia 70 tahun, disebabkan oleh masalah terkait jantung.

Tanda-tanda serangan jantung itu rumit

Tanda-tanda yang terkait dengan penyakit jantung sangat rumit dan menyerupai komplikasi lain yang menunda diagnosis dan pengobatan.

Mengingat tingkat keparahan kondisinya, penting untuk mengetahui gejala serangan jantung sehingga seseorang bisa dengan mudah mengidentifikasi permulaannya dan mendapatkan bantuan medis.

Gejala awal serangan jantung

Dalam banyak kasus jantung, orang salah memahami nyeri dada karena gangguan pencernaan. Nyeri dada yang terjadi akibat serangan jantung sulit dikenali karena kurangnya kesadarannya yang kurang.

Orang-orang memulai pengobatan untuk gangguan pencernaan dan dalam prosesnya menunda perawatan medis yang sebenarnya. Nyeri dada akibat serangan jantung terasa seperti nyeri menusuk di bagian dada.

Nyeri di bahu kiri

Hampir setiap individu mengalami rasa sakit di bahu dan rasa tidak nyaman yang tiba-tiba akibat serangan jantung mudah untuk dilewatkan.

Gaya hidup sedentary telah memengaruhi mobilitas individu. Seringnya nyeri di bahu akibat duduk terlalu lama membuat orang sulit membedakannya dengan apa yang diinduksi oleh serangan jantung. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nyeri di bagian tengah perut

Ini disebut daerah epigastrium dan merupakan lokasi yang umum dari nyeri serangan jantung. Hal ini biasanya terasa seperti nyeri terbakar di bagian tengah perut dan sekali lagi banyak orang yang salah mengartikan sebagai maag atau asam lambung.

Pingsan atau tidak sadarkan diri

Pusing atau pingsan sering dikaitan dengan kelemahan tubuh yang ekstrem. Tetapi sangat sedikit yang tahu bahwa pingsan atau tidak sadarkan diri adalah salah satu tanda diam dari serangan jantung. Ini sering disertai mual dan muntah.

 

3 dari 3 halaman

Gejala serangan jantung lainnya

Keringat dingin

Berkeringat di malam hari sangat umum terlihat pada pasien yang mengalami serangan jantung. Ini sebenarnya adalah tanda yang sangat umum di kalangan wanita.

Selama serangan jantung, tubuh melakukan upaya ekstra untuk memompa darah yang menghasilkan keringat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat