uefau17.com

5 Tanda Kamu Memiliki Hubungan Beracun dengan Diri Sendiri - Citizen6

, Jakarta Dari semua koneksi yang Anda miliki dalam hidup Anda, hubungan dengan diri Anda sendiri adalah yang paling signifikan. Itulah mengapa sangat penting bahwa hubungan ini sehat.

Namun, seperti halnya kemitraan atau persahabatan apa pun, hubungan yang Anda miliki dengan diri sendiri juga bisa menjadi beracun ketika pola dan perilaku negatif mulai muncul.

Anda mungkin merasa memiliki perasaan yang kuat tentang siapa diri Anda dan apa yang Anda inginkan dalam hidup, tetapi pernahkah Anda mempertimbangkan bahwa Anda mungkin memiliki persepsi diri atau kebiasaan yang tidak begitu baik?

Mempelajari cara mengetahui apakah Anda berada dalam hubungan beracun dengan diri sendiri bisa jadi rumit, tetapi para ahli mengatakan bahwa hal itu penting untuk dikenali agar Anda tidak mulai merusak harga diri atau bahkan hubungan Anda dengan orang lain.

“Saat kita tidak menjadikan diri kita sebagai prioritas, kita mulai mengabaikan siapa diri kita dan kebutuhan kita,” kata konselor kesehatan mental berlisensi Stephanie Moir. “Ini dapat memengaruhi cara orang lain melihat kita, memperlakukan kita, dan pada akhirnya menimbulkan citra diri yang negatif.”

Jika Anda berada dalam toxic relationship dengan diri sendiri, Anda mungkin cenderung menginternalisasi kesalahan atau rasa bersalah atas cara Anda memandang atau memperlakukan diri sendiri, tetapi pekerja sosial klinis berlisensi Leah Cohen menjelaskan bahwa kebiasaan ini belum tentu salah Anda.

"Semua cara Anda mengatasinya - termasuk yang beracun - memiliki tujuan," katanya kepada Bustle. “Seringkali strategi-strategi yang dianggap beracun oleh orang-orang ini adalah strategi bertahan hidup yang dikembangkan sebagai respons terhadap trauma yang sangat baik dalam melindungi kita pada satu titik, tetapi telah berhenti bekerja atau kurang efektif sekarang.”

Berikut ini lima tanda bahwa Anda berada dalam hubungan beracun dengan diri sendiri dan apa yang dapat Anda lakukan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Anda Sangat Mengkritik Diri Sendiri Atau Orang Lain

Saat Anda membuat kesalahan kecil di tempat kerja atau mengatakan sesuatu yang memalukan di lingkungan sosial, apa reaksi pertama Anda? Mampu menertawakannya dan melanjutkan hidup dapat menunjukkan bahwa Anda memiliki beberapa keterampilan koping yang sehat, tetapi jika Anda berada dalam hubungan yang beracun dengan diri sendiri, Cohen mengatakan Anda cenderung bersikap keras tentang perilaku Anda.

"Ketika Anda tidak bisa memaafkan diri sendiri atas ketidaksempurnaan atau kesalahan, Anda cenderung terjebak dalam hal negatif," kata Moir yang mencatat bahwa Anda bisa terjebak dalam perasaan malu dan bersalah.

Mengambil tanggung jawab saat Anda mengacau itu penting, tetapi memikirkannya dan menghukum diri sendiri karena hal itu dapat dengan mudah menjadi perilaku yang beracun.

2. Anda Membenarkan Kebiasaan Tidak Sehat

Bukan rahasia lagi bahwa menjaga diri sendiri dan membuat keputusan yang membuat Anda tetap sehat itu penting, tetapi ketika Anda berada dalam hubungan yang beracun dengan diri sendiri, mudah untuk tergelincir ke dalam kebiasaan dan siklus yang memiliki efek sebaliknya.

“Hubungan beracun dengan diri sendiri adalah hubungan yang berpusat pada kebencian diri yang tidak dapat disembuhkan pada intinya alih-alih 'Saya cukup baik dan lebih dari layak,'” kata pekerja sosial klinis berlisensi Maria Inoa.

Dia menjelaskan bahwa ini dapat menyebabkan perilaku tidak sehat, termasuk masalah penyalahgunaan zat, gangguan makan, dan menyakiti diri sendiri, dan lainnya.

“Sabotase diri adalah hal besar lainnya, serta memilih teman dan pasangan romantis yang memiliki perilaku beracunnya sendiri,” kata Inoa.

Saat Anda berada dalam hubungan seperti ini dengan diri sendiri, Anda mungkin melihat perilaku berbahaya atau menyabotase diri ini dapat dibenarkan karena Anda merasa tidak "pantas" untuk bahagia atau sehat.

 

3 dari 4 halaman

3. Anda Terlalu Banyak Mengorbankan Diri Anda

Tidak ada keraguan bahwa Anda telah mendengar semua tentang perawatan diri dan betapa pentingnya mengintegrasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari Anda. Mempraktikkan hal ini dapat mencakup rutinitas olahraga teratur, membersihkan rumah, atau memanjakan diri dengan masker wajah/mandi busa di malam hari, tetapi jika Anda memiliki hubungan yang beracun dengan diri sendiri, Anda mungkin beralih ke arah lain.

Joshua Klapow, Ph.D., seorang psikolog dan pencipta Mental Drive, mengatakan bahwa secara konsisten mengorbankan kebutuhan Anda di tempat orang lain sambil mengembangkan kekesalan, kebencian, dan kelelahan fisik dapat menunjukkan hubungan diri yang beracun.

Jika Anda terus-menerus berusaha membuat orang lain bahagia sambil mengabaikan kesehatan mental Anda sendiri, Anda tidak akan dapat menjaga fondasi yang sehat dan stabil dalam hidup Anda.

4. Anda Memiliki Harga Diri Rendah

Pernahkah Anda memiliki pola berbicara kepada diri sendiri atau percaya bahwa Anda adalah orang yang buruk atau tidak berharga? Jika Anda mendapati diri Anda mengalami perasaan bahwa Anda cacat, tidak berharga, atau tidak pantas mendapatkan cinta, Cohen mengatakan bahwa Anda mungkin memiliki harga diri dan kepercayaan diri yang sangat rendah - yang merupakan tanda jelas dari hubungan diri yang beracun.

Membenci diri sendiri, sebagaimana Klapow menyebutnya, menunjukkan bahwa Anda telah menginternalisasi kebencian atau rasa malu yang menyebabkan Anda memandang diri sendiri secara negatif, dan bahkan berpotensi memperlakukan diri sendiri seperti itu.

Jika Anda secara teratur melihat ke cermin dan menghina diri sendiri di kepala Anda, menganggap diri Anda bodoh atau tidak mampu, atau jika Anda merasa bahwa Anda tidak pantas mendapatkan kebaikan atau kasih sayang apa pun - terutama dari diri Anda sendiri - maka Anda dapat secara tidak sadar menjadi pasangan yang beracun bagi diri Anda sendiri.

 

4 dari 4 halaman

5. Anda Mencari Validasi Eksternal

Mendapatkan pujian dari orang asing atau mendengar kata-kata penyemangat dari orang tersayang dapat membuat Anda merasa diperhatikan dan dihargai. Promosi atau penghargaan di tempat kerja juga dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda.

Tetapi jika Anda menemukan bahwa Anda lebih sering mencari penegasan semacam ini dari orang lain, Anda mungkin perlu merenungkan mengapa demikian.

Mampu memvalidasi dan menegaskan diri sendiri adalah mekanisme penanggulangan yang sehat yang dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda secara signifikan dan memberi Anda persepsi diri yang jauh lebih positif.

Klapow mengatakan bahwa jika Anda tidak dapat melakukan ini, tetapi secara teratur mengandalkan orang lain untuk membuat Anda merasa nyaman dengan diri sendiri, “[Anda] tidak lagi autentik dalam komunikasi dan interaksi Anda dengan orang lain karena Anda berfokus untuk mencari validasi. atau termakan oleh perilaku mencela diri sendiri.”

Jika ini yang terjadi pada Anda, maka ada beberapa pekerjaan cinta-diri yang perlu dilakukan agar Anda dapat menyingkirkan pola pikir beracun tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat