uefau17.com

Sains Klaim Orang yang Suka Ngobrol dengan Orang Asing Lebih Bahagia - Citizen6

, Jakarta - Semua orang ingin menemukan kebahagiaan dan kebenaran, pahitnya adalah tidak ada yang tahu persis bagaimana melakukannya. Namun berkat para ilmuwan, ada jawaban untuk pertanyaan yang sulit dipahami ini. 

Tampaknya berbasa-basi dengan orang yang tidak Anda kenal di transportasi umum atau di tempat umum lainnya adalah cara yang nyata dan mudah untuk menjadi sedikit lebih bahagia. Jika Anda adalah orang yang selalu menghindari jenis komunikasi yang tampaknya aneh ini, mungkin berguna untuk melihat lebih dalam apa yang dikatakan para ahli di sini.

Dilansir dari Brightside, Selasa (28/3/2023), beberapa ahli mencermati penelitian tersebut untuk mencoba memahami hubungan yang mengejutkan ini. Kisah yang sama terjadi setiap hari di seluruh dunia. 

Jutaan orang terburu-buru untuk bekerja, sekolah, atau pergi ke tempat lain naik bus, kereta bawah tanah, dan kereta api. Tetapi bahkan menjadi makhluk paling sosial di planet ini tidak menghentikan kita untuk memilih kesendirian dan mengabaikan satu sama lain. Bahkan saat kita duduk hanya berjarak beberapa senti dengan penumpang lain.

Sepertinya paradoks, dan tidak ada paradoks yang luput dari perhatian para ilmuwan. Peneliti Nicholas Epley dan Juliana Schroeder melakukan serangkaian percobaan untuk mengeksplorasi masalah ini.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berbincang dengan orang asing bisa menjadi pengalaman yang cukup menyenangkan

Ketika mereka meminta penumpang membayangkan berbicara dengan orang asing selama perjalanan, orang menjawab bahwa itu bisa menjadi pengalaman yang cukup menyenangkan. Tetapi mereka terlalu takut untuk memulai percakapan karena mereka mengira tidak ada yang mau membalas.

Fenomena ini disebut ketidaktahuan pluralistik. Artinya, banyak orang mungkin ingin memulai percakapan, tetapi mereka tetap diam karena yakin orang lain tidak ingin berpartisipasi.

Tetapi jika mereka tahu mereka salah, akan ada lebih banyak kebahagiaan di dunia ini, kata penelitian yang sama. Dan percobaan tersebut mengkonfirmasi hal itu. Selama percobaan pertama mereka, Epley dan Schroeder meminta beberapa penumpang angkutan umum untuk berbicara dengan siapapun yang duduk di dekat mereka. 

3 dari 4 halaman

Orang yang berbincang dengan orang asing memiliki perjalanan yang lebih bahagia

Pada bagian kedua, mereka disuruh menikmati kesendiriannya, dan pada bagian ketiga mereka disuruh melakukan apa yang biasa mereka lakukan. Setelah itu, semua peserta diminta untuk mengisi kuesioner khusus dan mencatat pengalaman mereka. Mereka mencatat betapa mereka menikmati perjalanan itu dan seberapa produktif perasaan mereka selama itu. 

Menurut hasil, orang-orang yang bercakap-cakap dengan orang asing melaporkan perjalanan yang lebih bahagia dan kesejahteraan yang lebih baik daripada mereka yang diperintahkan untuk menyendiri. Nyatanya, orang yang kesepian memiliki pengalaman paling negatif.

4 dari 4 halaman

Pembicaraan singkat dengan orang asing menciptakan perasaan memiliki

Ada banyak penelitian yang mengkonfirmasi temuan ini. Misalnya, para peneliti ini menemukan bahwa orang-orang yang berbasa-basi dengan seorang barista di sebuah kafe merasa lebih bahagia daripada mereka yang terburu-buru dan langsung pergi setelah menerima pesanan mereka. Mereka menjelaskan bahwa pembicaraan singkat dengan orang asing menciptakan perasaan memiliki dan itulah mengapa pembicaraan itu mengarah pada peningkatan kebahagiaan.

Jadi, sepertinya kita perlu melupakan semua bias yang kita miliki terhadap orang lain. Jika Anda ingin mengobrol dengan orang asing di sebelah Anda lakukanlah. Dan ini akan membantu Anda berdua menjadi sedikit lebih bahagia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat