uefau17.com

Tanpa Obat, Ini 5 Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami - Citizen6

, Jakarta - Sembelit atau sulit buang air besar (BAB) menjadi salah satu masalah pencernaan yang hampir dialami setiap individu.

Ciri-ciri sembelit umumnya seseorang hanya buang air besar maksimal 3 kali dalam satu minggu. Selain itu, individu yang mengalami sembelit biasanya merasakan nyeri di bagian perut dan merasa kembung.

Adapun sejumlah penyebab sembelit antara lain kurang makan serat, kurang cairan, malas beraktivitas dan olahraga, serta sering menahan buang air besar. Selain itu, stres, depresi, dan panik juga bisa menjadi penyebab sembelit atau konstipasi.

“Pilihan gaya hidup, pengobatan, atau kekurangan serat dalam makanan adalah beberapa penyebab utama sembelit, tapi ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan setiap hari untuk membantu meredakan gejala ini,” kata Pelatih Kesehatan Nutrisi Integratif bersertifikat, Malika Singh, seperti melansir dari Times of India, Selasa (21/2/2023).

Sembelit yang masih dalam tahap awal bisa diatasi dengan cara mengubah perilaku konsumsi. Selain memperbaiki pola makan, ada baiknya Anda rutin melakukan olahraga.

Oleh karena itu, berikut beberapa cara alami yang bisa membantumu mengatasi sembelit.

1. Biji rami

Biji kecil ini adalah pembangkit tenaga listrik, dikemas dengan protein, potassium, magnesium dan serat.

Biji rami mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi yang bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, dan melawan peradangan. 

Selain itu, juga menjadi sumber serat larut yang sangat baik dan bisa digunakan untuk mengobati dan mencegah sembelit.

“Untuk membuka esensi sebenarnya dari biji ini, giling dan simpan dalam botol kedap udara di lemari es. Tambahkan sesendok biji rami ke dalam segelas air, atau ke mangkuk yogurt untuk sarapan, dan jangan ragu untuk memasukkannya ke dalam salad,” Singh menyarankan.

“Sesendok biji rami bisa menjadi obat ajaib, jadi pastikan untuk menambahkannya ke dalam rutinitasmu,” sambungnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Plum

Selain tinggi serat, plum mengandung sorbitol, yaitu gula alkohol yang memiliki efek pencahar. Penelitian menunjukkan bahwa plum sama efektifnya dengan sekam psyllium, tapi rasanya lebih enak.

Selain itu, plum juga merupakan pengganti yang fantastis untuk sesuatu yang manis dan meredakan sembelit. Namun, jika Anda mengalami Irritable bowel syndrome (IBS), Anda bisa menghindari plum, karena gula alkohol adalah makanan FODMAP yang tinggi.

3. Minyak kelapa, MCT atau Ghee 

Mengonsumsi satu atau dua sendok makan minyak kelapa murni, MCT, atau Ghee setiap hari bisa membantu melumasi ususmu, yang pada akhirnya bisa mencegah sembelit.

Minyak MCT sangat efektif, karena mengandung asam lemak terisolasi yang lebih cepat dicerna, dan merangsang motilitas usus dan buang air besar.

Ini sangat membantu bila ditambahkan ke kopi pagimu, yang dikenal sebagai kopi anti peluru. Jika Anda tidak menyukai kafein, Anda bisa mencampurnya ke dalam ramuan air pagi atau saus salad.

Mulailah dengan mengambil 1-2 sendok makan salah satu dari 3 minyak tersebut dan perhatikan bagaimana tubuhmu merespons penambahan ini terkait dengan buang air besar. 

 

3 dari 3 halaman

4. Serat makanan

Tidak mengherankan bahwa serat makanan tidak hanya penting, tapi juga kuncu untuk proses pencernaan kita dan sangat penting bagi orang yang mengalami sembelit terus-menerus. 

Seimbangkan sumber serat larut dan tidak larut. Serat larut menyerap air yang membantu menjaga fesesmu tetap lembut. Sementara serat yang tidak larut menambahkan massa ke fesesmu, yang membantuya bergerak lebih cepat melalui sistem pencernaanmu.

Serat larut terdapat dalam oat bran, barley, kacang-kacangan, biji-bijian, buncis, lentil dan kacang polong, serta beberapa buah dan sayuran.

Sementara serat tidak larut hadir dalam dedak gandum, biji-bijian dan sayuran seperti bayam, kubis brussel dan brokoli.

Memiliki pola makan yang kaya serat, dan rendah makanan olahan akan memastikan tidak hanya mikrobioma usus yang sehat, tapi juga memfasilitasi sistem pencernaan yang sehat.

5. Suplemen magnesium 

Menambahkan magnesium ke dalam makananmu memiliki banyak manfaat, mulai dari kualitas tidur hingga pemulihan otot, bahkan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Suplemen oral magnesium berfungsi sebagai pencahar osmotik. Ini berarti mereka menyerap air ke dalam saluran pencernaanmu, yang membantu melunakkan kotoranmu.

“Mengonsumsi bahan-bahan alami ini tidak hanya membantumu mengatasi sembelit, tapi juga membantumu menjaga kesehatan usus secara umum. Selain itu jaga dirimu tetap terhidrasi dan cobalah pengobatan alami yang mudah ini, untuk memulai harimu dengan baik,” kata Singh. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat