uefau17.com

Buat Kamu yang Suka Mood Swing, Begini 7 Cara Meningkatkan Suasana Hati di Tempat Kerja - Citizen6

, Jakarta Rata-rata orang menghabiskan sekitar 90.000 jam hidup mereka di tempat kerja. Sayangnya, buat beberapa orang hal tersebut mungkin meningkatkan suasana hati yang tidak stabil hingga stres terkait pekerjaan.

Bahkan, bagi mereka yang menyukai pekerjaannya, tidak setiap hari adalah hari yang menyenangkan. Apakah hal tersebut pengaruh dari kehidupan pribadi mereka? Atau hanya sebatas stres yang sementara?

Melansir dari Realsimple, pada Jumat (30/12/2022), ada beberapa langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan mood di tempat kerja. Ada beberapa yang mudah untuk diterapkan, tetapi ada juga yang memerlukan sedikit perencanaan ke depannya.

Jangan khawatir, semuanya dapat dikelola terlepas dari situasi profesional Anda. Alih-alih, mengambil camilan untuk dorongan sementara saat Anda merasa sedikit suntuk di meja Anda, cobalah salah satu strategi yang terbukti ini untuk meningkatkan mood di tempat kerja Anda secara keseluruhan.

1. Jalan-jalan sesaat

Ada tiga manfaat ketika Anda beristirahat sejenak untuk berjalan-jalan di tengah hari kerja, yakni membantu meningkatkan kreativitas dan meningkatkan daya pikir, memberi tubuh Anda waktu istirahat dari pegalnya duduk lama, dan meningkatkan kebahagiaan Anda secara keseluruhan.

Sebuah studi tahun 2016 menunjukkan bahwa tindakan fisik berjalan saja dapat memberikan dampak positif yang signifikan pada suasana hati, bahkan jika Anda tidak mengharapkannya. Faktanya, setelah lima menit kemudian, Anda dapat kembali ke pekerjaan Anda dengan perasaan segar kembali.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Menonton Video Pendek yang Lucu

Tertawa memang menyenangkan, tetapi Anda perlu mengetahui bahwa tertawa juga dapat memberi energi positif dan membantu Anda lebih produktif. Jangan menganggap tidak penting karena telah meluangkan beberapa menit untuk menonton video konyol dan kocak di platform Tiktok maupun Instagram Reels.

Istirahat sejenak untuk kebahagiaan dan tertawa yang lepas adalah cara yang mudah untuk meningkatkan tugas yang banyak, menurunkan stres, dan meningkatkan mood Anda tanpa harus meninggalkan meja kerja. 

3. Luangkan waktu 10 menit untuk mengatur ruang kerja Anda

Ada hubungan penting antara kesejahteraan mental dan kerapian di rumah, dengan demikian, ada pun korelasi serupa antara keadaan suasana hati Anda dan keadaan lingkungan kerja Anda.

Lingkungan yang berantakan dan tidak teratur dapat menyebabkan stres, penundaan, kewalahan, dan efek negatif lainnya, tetapi ruang kerja yang bersih, nyaman dan teratur ternyata dapat meningkatkan kemampuan fokus, suasana hati, dan produktivitas secara keseluruhan. 

3 dari 4 halaman

4. Mendengarkan Musim yang Membangkitkan Semangat

Apakah Anda suka mendengarkan musik saat Anda bekerja untuk menghilangkan kebisingan kantor? Ya, kebiasaan ini dapat melakukan lebih dari sekedar membuat meja kantor Anda menjadi tempat yang lebih nyaman.

Sebuah studi tahun 2019 dari Montreal Neurological Institute and Hospital, menemukan hubungan langsung antara mendengarkan musik dan pelepasan dopamin.

Mendengarkan lagu tidak selamanya saran yang harus diterapkan, apalagi untuk saat-saat ketika Anda mempelajari tugas baru atau memproses informasi yang rumit. Tetapi untuk tugas harian yang berulang atau tugas kognitif yang relatif mudah, segeralah mendengarkan musik yang membantu Anda cepat menyelesaikan pekerjaan.

5. Ngobrol dengan rekan kerja

Pentingnya memiliki rekan kerja, apalagi rekan kerja yang memiliki energi positif. Dengan melakukan sharing sedikit di kantor atau curhat tentang pasangan masing-masing, dapat membentuk hubungan positif di tempat kerja.  Tak hanya itu, Anda akan merasa tugas yang diberikan atasan terasa lebih ringan.

4 dari 4 halaman

6. Makan Siang dengan Menu yang Memberi Anda Energi

Mengonsumsi makanan yang sehat dan lezat serta tetap terhidrasi sangat penting untuk menjaga suasana hati Anda tetap seimbang sepanjang hari kerja. Pastikan Anda benar-benar istirahat makan siang untuk menjernihkan pikiran dan menyehatkan tubuh Anda dengan makanan yang seimbang.

Jika fokus dan suasana hati Anda kembali menurun di sore hari, ambilah cemilan dan sebisa mungkin, tetaplah makanan utuh atau cemilan bergizi, seperti snack bar rendah gula, agar Anda tetap kenyang sekaligus membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

7. Temukan makna dalam pekerjaan Anda

Lebih dari sepertiga orang melaporkan merasa benar-benar terlibat dalam pekerjaan, dan keterlibatan serta dedikasi di tempat kerja dapat menjadi gambaran besar kebahagiaan sehari-hari.

Meskipun menemukan makna dalam peran Anda bisa terasa terlalu idealis atau sedikit lebih menakutkan daripada pengalih perhatian selama lima menit, ini bisa menjadi kunci jangka panjang untuk merasa puas di tempat kerja.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat