uefau17.com

Burger hingga Donat, 6 Makanan Ini Bisa Buat Perut Buncit - Citizen6

, Jakarta - Ada beberapa orang yang mungkin makan makanan-makanan yang sebenarnya dapat menyebabkan tumbuhnya lemak pada perut, di mana lemak berbahaya ini tersembunyi jauh di dalam perut dan membungkus organ-organ penting.

Lemak perut telah dikaitkan dengan beberapa jenis kanker, diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan banyak lagi. Lemak perut memiliki bahaya yang tinggi bagi kesehatan, tetapi dalam banyak kasus lemak perut dapat dicegah dengan pilihan gaya hidup dan menghindari makanan tertentu.

Kebiasaan membakar lemak juga dapat menyembuhkan metabolisme dan membuat tubuh lebih sehat. Lemak ini biasanya membentuk sekitar 10 persen dari lemak sehat normal yang dibawa setiap orang.

Lemak memiliki banyak peran yang berbeda dalam tubuh. Lemak merupakan bantalan bagi organ tubuh, melepaskan hormon yang mengendalikan nafsu makan dan fungsi otak lainnya juga merupakan tangki bahan bakar untuk energi dari makanan.

Memiliki lemat perut memang baik untuk kesehatan asalkan tidak terdapat secara berlebihan yang nantinya dapat merusak organ tubuh dan mengancam kesehatan. Untuk itu diperlukan kebiasaan baruk khususnya menghindari makanan yang menyebabkan penumpukan lemak pada perut.

Mengutip laman Eat This Not That, Rabu (21/12/2022) daftar enam makanan yang menyebabkan munculnya lemak perut:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Minuman Kopi Dingin

Tomi Mitchell, seorang Dokter Keluarga Bersertifikat Dewan dengan Holistic Wellness Strategies mengatakan, "Minuman kopi dingin tidak diragukan lagi enak, tetapi jika dikonsumsi terlalu sering, minuman ini dapat menimbulkan konsekuensi kesehatan yang buruk".

Karena kandungan gulanya yang tinggi, minuman kopi beku dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah dengan cepat yang memiliki implikasi kesehatan jangka pendek dan jangka panjang.

Selain itu, minuman ini cenderung tinggi kalori, yang jika ditambahkan dapat menyebabkan peningkatan lemak perut dan dapat menyebabkan beberapa kondisi medis yang merugikan seperti diabetes, penyakit jantung, dan stroke. Jadi, meskipun sesekali kalian ingin memanjakan diri, minuman kopi dingin seharusnya tidak menjadi kebiasaan sehari-hari.

3 dari 7 halaman

2. Kue

Kombinasi gula rafinasi dengan kalori kosong (kalori kosong adalah kalori yang hanya menyumbang sedikit atau tidak ada nilai gizi) dalam kue kering menyebabkan resistensi insulin dan kelebihan berat badan, terutama lemak pada perut.

Sumber utama akumulasi lemak perut adalah asupan kalori berlebih dan makanan ini biasanya tinggi kalori, biji-bijian olahan, dan kadang-kadang lemak jenuh juga dengan sedikit serat makanan yang akan membuat seseorang merasa kenyang. Lemak perut bukan satu-satunya efek samping negatif dari makan makanan manis ini.

Menurut Dana Ellis Hunnes, PhD, MPH, RD, seorang ahli diet senior di pusat medis UCLA, asisten profesor di UCLA Fielding School of Public Health, dan penulis Recipe for Survival dari Cambridge University Press, kue kering dan biskuit juga sering kali mengandung lemak jenuh atau lemak trans dari margarin atau lemak padat lainnya yang dapat disimpan di rak, yang diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol.

4 dari 7 halaman

3. Burger

Burger keju memiliki kombinasi makanan yang menyebabkan pembentukan lemak perut karena kandungan kalori tinggi, lemak jenuh, dan faktor inflamasi dari daging merah dan keju akan menghasilkan lebih banyak produksi lemak dalam perut.

Penambahan mayones atau olesan lainnya semakin menambah lemak tidak sehat ke dalam kombinasi tersebut. Juga burger menggunakan roti yang dapat meningkatkan produksi lemak karena berbahan dasar karbohidrat.

5 dari 7 halaman

4. Donat

Gula rafinasi ditambah lemak rafinasi adalah perpaduan yang akan menghasilkan lemak perut dan donat mengandung keduanya tanpa kualitas nutrisi yang menebus seperti serat atau antioksidan.

Sebuah studi tahun 2020 menunjukkan bahwa asupan gula tambahan dikaitkan dengan lemak perut yang dikemas di sekitar jantung, dan sebuah studi tentang remaja yang kelebihan berat badan menunjukkan bahwa asupan lemak dan gorengan yang lebih besar dikaitkan dengan akumulasi lemak di sekitar hati. Sementara asupan gula yang lebih besar dikaitkan dengan peningkatan lemak visceral di perut. Donat memeriksa semua kotak tersebut. 

6 dari 7 halaman

5. Kentang Goreng

Penyebab penghasil lemak perut terbesar berikutnya adalah kentang goreng, baik dalam bentuk keripik kentang atau kentang goreng, kentang adalah makanan glikemik tinggi, yang berarti kentang dapat menyebabkan gula darah melonjak.

Goreng kentang dengan minyak goreng panas nyatanya menambahkan lemak trans serta akrilamida karsinogenik yang terbentuk ketika makanan kaya karbohidrat terpapar pada suhu yang sangat tinggi, seperti dalam penggorengan dengan minyak panas.

Dalam sebuah studi kembar besar yang meneliti pola diet yang terkait dengan lemak perut, para peneliti mengidentifikasi bahwa makanan yang digoreng dan makanan cepat saji sangat berkorelasi dengan lemak perutl. Kentang goreng termasuk dalam kedua kategori tersebut.

7 dari 7 halaman

6. Soda

Beberapa penelitian telah mengaitkan minuman berpemanis gula dengan lemak perut, serta peningkatan risiko diabetes dan penyakit kardiovaskular. Satu studi melihat bagaimana kebiasaan mengonsumsi soda memengaruhi penumpukan lemak pada orang dewasa yang sehat dan menunjukkan bahwa minuman berpemanis jelas terkait dengan penumpukan lemak  yang lebih besar di daerah perut.

Soda berpemanis bukan satu-satunya hal yang harus kalian waspadai, karena soda diet juga dikaitkan dengan lemak perut. Meskipun beberapa penelitian lama tidak menunjukkan bahwa soda diet meningkatkan lemak perut, sebuah studi tahun 2021 menunjukkan bahwa orang dewasa berusia 65 tahun ke atas yang minum lebih banyak soda diet memang mengalami peningkatan obesitas perut.

Hubungan tersebut adalah apa yang oleh studi tersebut disebut "hubungan dosis-respons" yang berarti bahwa semakin banyak soda diet yang diminum oleh subjek penelitian, semakin besar obesitas perut mereka.

Minum soda diet juga dapat menyebabkan orang berpikir bahwa mereka dibenarkan untuk makan lebih banyak karena mereka menghemat kalori pada soda, yang menghasilkan asupan kalori yang lebih tinggi secara keseluruhan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat