uefau17.com

10 Varian Cokelat dari yang Manis hingga Pahit, Yuk Cari Tahu! - Citizen6

, Jakarta - Cokelat adalah kudapan yang sangat mudah ditemui, baik di warung, minimarket, dan supermarket. Tahukah kamu? Cokelat memiliki banyak manfaat, mulai dari penghilang stres, membuat bahagia dan sebagainya.

Ya, mungkin memang sedikit orang menyadari manfaat kesehatan substansial yang disediakan kakao bagi tubuh. Kakao dibuat dari biji cokelat yang dihancurkan dan dihilangkan lemaknya.

Dikutip dari Britannica, Selasa (22/11/2022), makanan cokelat berasal dari biji kakao yang juga dibuat sebagai produk seperti permen, minuman, lapisan untuk gula dan roti. 

Lalu, cokelat juga kaya akan karbohidrat, merupakan sumber energi yang sangat baik ketika lapar dan darurat. Cokelat juga alkaloid thobromine dan kafein sebagai peningkat kinerja otak. 

Bagi kalian pecinta cokelat, rasanya tidak afdal apabila kamu tidak mengetahui berbagai varian cokelat. Berikut 10 varian cokelat dikutip dari ediblearrangements, Selasa (22/11/2022):

 

1. Milk Chocolate

Milk chocolate atau cokelat susu mungkin adalah jenis cokelat yang paling populer. Cokelat susu sebenarnya hanya mengandung sepuluh hingga 40 persen kakao yang dicampur dengan gula dan susu (baik susu kental manis atau susu padat).

Cokelat susu jauh lebih manis daripada cokelat hitam atau cokelat bittersweet dan memiliki warna yang lebih terang dan rasa cokelat yang tidak terlalu terasa. Namun, cokelat susu tidak bagus untuk baking karena cenderung terlalu panas.

 

2. White Chocolate

White chocolate atau cokelat putih tidak mengandung chocolate liquor atau produk kakao lainnya selain cocoa butter.

Cokelat putih tidak memiliki rasa yang sangat cokelat, tetapi menyerupai vanila yang halus.

Cokelat putih mengandung minimal 20 persen cocoa butter, maksimal 55 persen gula, dan sekitar 15 persen padatan susu.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dark dan Semisweeet Chocolate

3. Dark Chocolate

Dark chocolate atau cokelat hitam mengandung cairan cokelat, gula, dan mentega kakao. Biasanya juga mengandung lesitin sebagai pengemulsi dan vanila untuk rasa.

Cokelat hitam tidak mengandung padatan susu. Jumlah kakao dalam cokelat hitam batangan berkisar dari 30 persen hingga 80 persen.

Cokelat pahit dan cokelat semi-sweet juga secara teknis merupakan "cokelat hitam", tetapi digunakan untuk tujuan yang berbeda.

 

4. Semisweeet Chocolate

Semisweet Chocolate mengandung setidaknya 35 persen dari kakao murni. Rasa cokelat semisweet berada di antara cokelat pahit dan cokelat hitam manis.

Jenis cokelat ini paling sering digunakan untuk memanggang, tetapi penting untuk mengikuti resep untuk menentukan apakah itu membutuhkan semisweet, bittersweet, atau baking chocolate. Biasanya chocolate semisweet ditemui di produk Hershey's.

3 dari 4 halaman

Bittersweet Chocolate hingga Bubuk Kakao

5. Bittersweet Chocolate

Bittersweet chocolate atau cokelat pahit harus mengandung setidaknya 35 persen kakao menurut United States' Food and Drug Administration (FDA), tetapi sebagian besar cokelat batangan pahit mengandung 50 persen, dengan yang lain memiliki kakao sebanyak 80 persen.

Jenis cokelat ini sering kali memiliki rasa yang lebih dalam dan lebih pahit daripada jenis cokelat lainnya. 

 

6. Unsweetened Chocolate atau Baking Chocolate

Cokelat tanpa pemanis sama seperti namanya. Ini adalah cairan cokelat murni, terbuat dari biji kakao yang digiling.

Cokelat ini juga dikenal sebagai cokelat kue, karena tidak dimaksudkan untuk dikonsumsi sendiri.

Cokelat murni paling baik jika digunakan untuk baking atau memasak dan dikombinasikan dengan bahan-bahan lain untuk membuatnya terasa lebih enak.

Cokelat jenis ini memberikan rasa cokelat yang dalam dan kaya pada resep makanan dan merupakan dasar dari sebagian besar jenis cokelat lainnya.

 

7. Bubuk Kakao

Bubuk kakao juga terdiri dari 100 persen kakao tanpa gula, tetapi lemak kakaonya telah diekstraksi.

Bubuk kakao terasa sangat pahit, tetapi biasanya digunakan dalam resep makanan dan minuman. Bubuk ini adalah bahan yang sangat membantu karena mudah bercampur dengan adonan tanpa harus melelehkan cokelat.

4 dari 4 halaman

Sweet German hingga Ruby Chocolate

8. Sweet German Chocolate

Cokelat Jerman manis adalah cokelat yang diciptakan oleh seorang pria bernama Samuel German, yang memberi nama cokelat ini.

Dia menciptakan cokelat ini untuk memudahkan para pembuat roti dan menambahkan gula langsung ke dalamnya. Oleh karena itu, cokelat ini lebih manis daripada cokelat semisweet.

Jenis cokelat ini paling sering digunakan dalam German Chocolate Cake, kue kaya rasa dengan tiga lapis kue cokelat dengan frosting yang manis dan lengket di bagian tengahnya, serta ditaburi dengan kelapa dan kacang pecan.

 

9. Couverture Chocolate

Cokelat couverture adalah jenis cokelat mahal yang mengandung persentase cocoa butter yang lebih tinggi daripada varietas lainnya.

Kandungan cocoa butter yang tinggi membantu cokelat ini meleleh dengan cepat dan merata, membuatnya sempurna untuk tempering dan membuat permen. 

 

10. Ruby Chocolate

Cokelat Ruby adalah varietas terbaru dan pertama kali diformulasikan di Cina pada bulan September 2017.

Cokelat ini terbuat dari biji kakao ruby yang secara alami ditemukan di Ekuador, Brasil, yang memberikan warna kemerahan pada cokelat.

Cokelat ini dikatakan memiliki rasa kombinasi cokelat putih dan buah beri, meskipun tidak ada bahan buah beri dalam coklat ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat