uefau17.com

Jangan Biarkan Berlarut-larut, 8 Cara Ampuh Atasi Stres dan Rasa Sakit di Tubuh - Citizen6

, Jakarta - Stres menjadi kondisi yang tidak boleh dibiarkan karena bisa menyebabkan masalah kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Setiap orang pasti pernah mengalami stres, apakah stres pada level ringan atau berat. 

Terkadang, level stres tinggi dapat memicu rasa sakit di bagian tubuh tertentu. Tubuh juga sering kali mengalami nyeri atau sakit dikarenakan suatu hal lainya. Nyeri ini sangat mengganggu dan bisa memengaruhi aktifitas sehari-hari.

Beberapa nyeri atau rasa sakit yang sering terjadi pada tubuh di antaranya kepala terasa pusing, leher tegang, perut mual, nyeri gigi, nyeri otot, nyeri saat menstruasi dan lain sebagainya. Nyeri ini dapat muncul tiba-tiba tanpa diinginkan.

Meskipun pengobatan modern untuk stres dan rasa sakit telah berkembang pesat, terkadang kita semua hanya membutuhkan bantuan instan tanpa perlu mengeluarkan banyak uang.

Solusi untuk masalah sehari-hari yang seringkali berada tepat di depan kita, dapat kita tangani dengan sesuatu dalam waktu kurang dari 5 menit untuk menyembuhkan rasa sakit atau menghilangkan stres.

Melansir dari Bright Side, Kamis (17/11/2022), berikut delapan cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi stres dan rasa sakit dengan mudah.

1. Gunakan Es Pada Area yang Sakit

Menggunakan es adalah salah satu trik lama dan paling efektif untuk membantu mengobati rasa sakit di bagian tubuh Anda.

Ini dapat membantu dalam menangani cedera akut serta peradangan dan pembengkakan yang mungkin terjadi. Anda dapat mengoleskan es pada bagian yang sakit, baik sebagai kompres es atau mandi es. 

2. Pijat bagian tengah alis untuk menghilangkan stres

Titik-titik tekanan adalah cara yang terkenal untuk mendapatkan kelegaan sementara dari semua jenis rasa sakit dan stres, dan salah satunya terletak di antara alis kita yang disebut hall of impression point.

Menerapkan tekanan atau memijat area ini adalah cara yang bagus untuk menghilangkan stres dan kecemasan dari tubuh Anda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Minum Jus Jeruk

Vitamin C memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia, salah satunya adalah menghilangkan stres. Tingkat stres yang tinggi dikaitkan dengan kekurangan vitamin C, sehingga meningkatkan asupan harian Anda dapat membantu.

Salah satu cara termudah untuk melakukan ini adalah dengan minum jus jeruk yang dapat mengurangi tingkat kecemasan Anda juga.

4. Pijat Telinga

Titik tekanan lain yang dapat distimulasi untuk menghilangkan stres dan kecemasan dari tubuh terletak di telinga Anda. Shen Men atau dikenal sebagai "gerbang surgawi" adalah salah satu titiknya. Posisinya ada di puncak dari fossa segitiga telinga manusia.

Melakukan pijatan atau tekanan lembut pada titik ini pada bagian tersebut diyakini cukup efektif untuk mengatasi berbagai kondisi mental dan fisik seperti stres, rasa sakit, rasa takut dan peradangan.

5. Kunyah permen karet

Mengunyah permen karet dapat memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk mengurangi stres dan kecemasan. Menurut sebuah penelitian, tindakan mengunyah permen karet terlihat dapat mengurangi stres pada seseorang dan meningkatkan tingkat kewaspadaan mereka.

3 dari 4 halaman

6. Berjalan-jalan untuk melepaskan endorfin

Aktivitas fisik, seperti berolahraga atau berjalan, melepaskan endorfin, atau bahan kimia otak, yang mengurangi rasa sakit. Selain itu, endorfin meningkatkan respons imun dan menimbulkan perasaan euforia.

7. Oleskan jus jahe untuk meredakan sakit telinga

Jika seseorang mengalami sakit telinga yang menjengkelkan dan membutuhkan solusi instan, menggunakan jus jahe atau minyak yang dihangatkan dengan jahe di dalamnya dapat menenangkan rasa sakit.

Pastikan untuk hanya mengoleskannya di sekitar bagian luar telinga. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan nyeri telinga.

 

4 dari 4 halaman

8. Taruh garam di lidah Anda

Jika Anda menginginkan cara yang cepat dan mudah untuk mengurangi kecemasan Anda, taruh garam di lidah Anda. Trik kecil ini dapat mengalihkan perhatian Anda dari kecemasan Anda dan membumikan Anda dengan melibatkan indra Anda. Hal ini juga dapat membuat Anda haus yang akan memaksa Anda untuk minum air.

9. Makan oatmeal

Oat adalah makanan yang sangat sehat yang harus kita masukkan ke dalam asupan makanan kita, tetapi salah satu manfaat oatmeal yang tidak diketahui adalah efek relaksasinya.

Oatmeal memiliki banyak magnesium dan potasium yang menurunkan tekanan darah, dan juga meningkatkan kadar serotonin jika dimakan secara teratur. Hal ini tidak hanya membantu Anda rileks, tetapi juga membuat Anda lebih bahagia dalam jangka panjang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat