uefau17.com

12 November Hari Ayah Nasional, Simak Sejarah dan Cara Terbaik Merayakannya - Citizen6

, Jakarta - Sejak tahun 2016, Hari Ayah Nasional dirayakan setiap 12 November. Tahun 2022 ini, Hari Ayah Nasional bertepatan dengan hari Sabtu, 12 November 2022. Momen ini tentunya menjadi hari di mana para anak bisa mengucapkan terima kasih atas kasih sayang yang diberikan ayah, serta berbagai jasa lainnya. 

Mengutip laman kemendikbud.go.id, Jumat (11/11/2022), sejarah Hari Ayah Nasional berawal dari prakarsa paguyuban paguyuban lintas agama dan juga lintas budaya tahun 2006 silam, bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Pada 2004, PPIP mengadakan peringatan Hari Ibu di Solo dengan mengadakan acara Sayembara Menulis Surat untuk Ibu. Acara ini disambut baik para peserta dan berhasil mengumpulkan sekitar 70 surat terbaik yang kemudian dibukukan.

Namun saat acara selesai, panitia dibuat terkejut dengan pertanyaan pesertanya tentang kapan hari Ayah, karena selama ini di Indonesia hanya ada peringatan Hari Ibu yang dirayakan setiap tanggal 22 Desember.

Pertanyaan tersebut membuat PPIP ingin mencari tahu kapan Hari Ayah diperingati di Indonesia. Mereka berusaha mencari informasi tentang Hari Ayah, hingga audiensi ke DPRD kota Surakarta.

Selain menanyakan kapan Hari Ayah di Indonesia, PPIP juga meminta kepada DPRD Kota Surakata agar memperbolehkan seseorang atau lembaga untuk menetapkan Hari Ayah apabila di Indonesia belum ada. Namun, PPIP tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan. 

Pada akhirnya Hari Ayah Nasional dideklarasikan oleh PPIP pada tanggal 12 November 2016 di Surakarta, Jawa Tengah, dan Flores, NTT.

Kalah Populer dari Hari Ibu

Berbeda dengan Hari Ibu, Hari Ayah Nasional bisa dibilang kalah populer dan bahkan banyak masyarakat yang belum menyadari keberadaannya. Salah satu alasannya adalah karena Hari Ibu yang diperingati tiap 22 Desember sudah dideklarasikan sejak 1928.

Sementara, Hari Ayah Nasional baru dideklarasikan beberapa tahun lalu. Padahal, ayah adalah sosok yang sama pentingnya dengan sosok ibu. Seorang ayah rela berkorban demi masa depan keluarga, terutama anak-anaknya.

Seorang ayah juga bekerja mencari nafkah tanpa mengenal lelah, ayah mencari nafkah pagi dan malam, apa pun akan ia lakukan untuk mencukupi kebutuhan keluarga.

Di sinilah makna peringatan Hari Ayah Nasional, hari di mana kita berupaya mengakui jasa ayah, peranan ayah, perjuangan ayah, dan segala hal baik yang berhubungan dengan sosok ayah.  

Menyambut Hari Ayah Nasional ini, tentu bisa diperingati dengan berbagai cara untuk menjadikanya sebagai hari yang bermakna.

Mengutip Better Momes & Gardens Jum'at (11/11/2022), berikut adalah beberapa ide atau aktivitas yang dapat dilakukan untuk memperingati Hari Ayah.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Buatkan Ayah Sarapan

Ayah layak mendapatkan sarapan yang lezat tepat ketika dia bangun. Biarkan dia tidur, lalu kejutkan dia dengan sarapan di tempat tidur di Hari Ayah Nasional.

Atau kamu juga bisa mengajak ayah memasak sarapan bersama. Biarkan dia tidur, lalu kejutkan dia dengan semua bahan untuk makanan sarapan favoritnya. Nyalakan musik dan mulailah memasak bersama.

2. Piknik

Siapkan makan siang makanan favorit ayah dan nikmati piknik di luar di taman setempat. Kamu juga bisa berpiknik dengan ayah di dekat rumah dan makan di tempat terbuka di taman atau halaman depan.

3. Bagikan kenangan favorit tentang ayah

Berbagi dan tunjukan kenangan favorit kamu tentang ayah. Hal itu akan membuat kenangan favorit tersebut tetap segar dalam pikiran.

Hal ini juga dapat membuat ayah merasa dicintai, dihargai dan membantu menumbuhkan rasa nostalgia atau perasaan memiliki. 

Kamu juga bisa membuat video kenangan terhebat keluarga kamu selama bertahun-tahun dan ajaklah semua orang duduk untuk menontonnya bersama-sama. Pastikan untuk memutarnya di layar lebar sehingga semua orang dapat melihatnya.

4. Ajak ayah berbelanja

Ayah kamu mungkin mengatakan bahwa dia tidak menginginkan apa pun tahun ini, tapi itu bisa berubah jika kamu membiarkannya memilih apa yang dia inginkan selama berbelanja.

 

 

3 dari 5 halaman

5. Melakukan perjalanan

Tumpukan keluarga ke dalam mobil, nyalakan lagu dan ambil rute yang indah. Apakah tujuannya adalah pantai atau taman nasional favorit ayah kamu, perjalanan ini pasti akan menciptakan kenangan abadi.

Kamu mungkin akan mendapati bahwa perjalanan dengan mobil akan menghasilkan beberapa percakapan terbaik yang pernah kamu dan keluarga lakukan selama bertahun-tahun.

6. Pelajari tentang silsilah keluarganya

Menelusuri silsilah keluarga ayah dapat membantu kamu mempelajari lebih lanjut tentang masa lalu dan warisan budaya keluarganya.

Mempelajari silsilah keluarga bisa menjadi cara yang bermakna untuk merasa lebih terhubung dengan keluarga kamu, dulu dan sekarang.

7. Buatlah hadiah buatan sendiri

Meluangkan waktu untuk membuat hadiah yang bisa kamu buat di rumah akan membuat hadiah itu semakin bermakna. Atau, jika ia senang membuat kerajinan tangan, jadikan itu sebagai aktivitas saat memperingati Hari Ayah.

8. Buatlah kue atau makan malam Hari Ayah

Buatlah sesuatu yang lezat yang dapat ayah kamu dan seluruh anggota keluarga nikmati. Ini adalah cara yang luar biasa untuk menunjukkan cinta kamu kepadanya.

 

 

4 dari 5 halaman

9. Menikmati Alam Bebas

Apa kegiatan yang ayah kamu sukai di luar ruangan? Mendaki? Memancing? Berkemah? Berperahu?

Apa pun itu, ajak seluruh keluarga untuk bergabung untuk hari yang tak terlupakan bersama. Atau kamu dapat mengunjungi tempat favorit yang sudah lama atau mengejutkannya dengan lokasi baru.

10. Menonton film bersama ayah

Buatlah popcorn, matikan lampu, dan nikmati film favorit. Atau, jadikan malam itu sebagai malam ke bioskop atau drive-in theater.

11. Berpartisipasi dalam hobi favoritnya

Jika ayah kamu suka memasak, berkebun, atau hal lainya, dedikasikan waktu untuk melakukannya bersamanya.

Dia akan menikmati melakukan apa yang dia sukai, dan dia akan lebih menyukainya karena kamu melakukannya bersamanya.

 

12. Lakukan tindakan pelayanan

Pelayanan adalah salah satu dari 5 love language. Jika ayah kamu benar-benar menghargai tindakan pelayanan, maka ini adalah cara yang baik untuk menunjukkan kepadanya bahwa kamu peduli.

Cobalah membersihkan motor atau mobilnya atau kegiatan lainya.

 

 

5 dari 5 halaman

13. Berikan Kartu Ucapan Tulisan Tangan

Kartu tulisan tangan akan lebih berarti bagi Ayah daripada apa pun. Kamu tidak harus pandai merangkai kata-kata untuk menuliskan sesuatu yang bermakna. Tuliskan apa yang berarti bagi kamu atau buat daftar semua alasan kamu berterima kasih padanya.

14. Berikan hadiah sentimental

Memberi Ayah hadiah Hari Ayah adalah salah satu tradisi paling abadi yang ada. Kamu mungkin tidak ingin melewatkan hadiah untuk sebuah pengalaman yang bermakna, pastikan untuk memberinya sesuatu yang istimewa.

16. Mainkan beberapa permainan

Bersihkan beberapa permainan favorit keluarga kamu untuk pesta permainan yang menyenangkan di Hari Ayah. Mainkan boggle atau catur, atau sesuatu yang melibatkan sedikit lebih banyak strategi seperti poker. 

17. Lakukan Pemotretan

Kumpulkan semua ayah, kakek, paman, dan figur ayah lainnya dalam hidup kamu bersama-sama dan lakukan pemotretan di luar ruangan. Seluruh keluarga akan senang memiliki foto-foto ini dan melihat kembali foto-foto tersebut dari tahun ke tahun.

Kamu dapat mengambil beberapa foto sentimental, dan kemudian membawa alat peraga stan foto untuk kesenangan yang konyol.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat