uefau17.com

Kenapa Earphone Sering Rusak? - Citizen6

, Jakarta - Earphone menjadi pilihan ketika seseorang ingin menikmati musik tanpa gangguan, maupun agar tidak mengganggu orang lain.

Earphone yang rusak tentu membuat kesal, terutama ketika earphone menjadi teman untuk melakukan aktivitas sehari-hari seperti berolahraga, memasak, hingga bepergian.

Tidak ada yang mengetahui berapa panjang umur earphone dapat berfungsi. Tidak ada tanggal kedaluwarsa yang pasti untuk mengubah earphone sampai terjadinya kerusakan fatal yang membuat earphone tidak dapat berfungsi sama sekali.

Mengutip Lifewire, Rabu (19/10/2022) umur earphone dipengaruhi oleh kualitas, seberapa banyak earphone digunakan, dan bagaimana cara memperlakukannya. Tentu harga yang berbeda akan membuat kualitas earphone yang berbeda satu sama lain.

Sementara harga dan kualitas menjadi salah satu pertimbangan, penggunaan berulang juga menjadi faktor utama terutama bila pengguna sering menekuk kabel, membiarkannya tidak terjaga di tempat yang baik, atau tidak mengemasnya dalam wadah pelindung.

Merawatnya dengan benar adalah kunci untuk membuat earphone bertahan lebih lama. Dan tentu, metode perawatan yang berbeda juga bervariasi berdasarkan tipe earphone yang digunakan.

Sekadarang ini, earphone hadir dalam berbagai jenis, mulai dari earphone Bluetooth, earbud, earfit, hingga in ear monitor (IEM).

Dilansir Headphones Pro Review, earphone nirkabel bukanlah jenis yang paling dapat bertahan lama. Tetapi, pengguna tentu dapat membuatnya bertahan lebih lama jika melakukan perawatan yang tepat dan memperlakukan earphone layaknya teman sejati.

Berikut alasan mengapa earphone sering rusak dan bagaimana cara menjaganya

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Membiarkan Kabel Earphone Kusut

Headset dan earphone yang kusut tentu membuatnya sulit untuk diatur. Siasat yang dapat dilakukan tentunya adalah menggulung earphone dengan aman dan benar.

Mengutip Man Made DIY, cara yang benar untuk menggulung earphone dengan kabel adalah menggunakan tiga jari tangan dan gulung hingga tersisa sedikit sisa kabel. Kabel yang tersisa kemudian diikat di bagian tengah.

2. Tidak Menjaga Kebersihan Earphone

Dilansir Make us Of, earphone perlu dirawat secara rutin dengan cara membersihkan bagian kabel yang sering terkena noda dengan alkohol. Debu-debu yang terdapat di bagian earbud juga perlu dibersihkan dengan cotton bud dan sikat gigi kering untuk membuat suara headset lebih jernih.

3 dari 4 halaman

3. Melepas Earphone dengan Cara Menarik Kabel

Dengan menarik kabel, tekanan antara earbud dengan kabel dapat mengalami tekanan dan menyebabkan kabel earphone putus. Lebih buruk lagi, dengan menarik kabel untuk melepaskan earphone juga dapat melepaskan kabel dari konektor dan membiarkannya tersangkut di port audio perangkat.

4. Earphone Terpapar Keringat dan Lembap

Perangkat earphone tidak bisa terpapar air, karena air tentunya dapat merusak driver audio yang terdapat di dalam earphone. Keringat juga menjadi masalah besar ketika mendengarkan musik sambil berolahraga.

Apabila memang ingin menggunakan earphone untuk berolahraga, pilihlah earphone khusus yang ditujukan untuk dipakai saat berolahraga yang dapat bertahan lama.

4 dari 4 halaman

5. Dipakai Sambil Tidur

Posisi tidur yang tidak benar dapat membuat earphone mudah rusak. Ketika tidur dengan posisi yang rusuh, kemungkinan besar earphone yang digunakan akan lepas dan membuat kabel tersangkut.

Earphone yang digunakan dalam posisi tidur miring juga dapat menyebabkan kerusakan saat ditiban dengan kepala yang berat.

6. Meningkatkan Volume Terlalu Tinggi

Terlalu banyak menggunakan earphone dengan suara maksimal dapat merusak komponen pada headset atau earphone rawan rusak.

Dengan terlalu sering membiarkan earphone digunakan dalam volume tinggi juga dapat membuat earphone berpotensi tidak memiliki suara jernih seperti saat pertama dibeli.

7. Membeli Earphone dengan Kualitas Rendah

Harga tentu mempengaruhi kualitas yang ditawarkan. Dilansir Ear Rockers, material earphone yang kuat, desain yang cerdas, dan kontrol kualitas semuanya tentu memiliki harga. Earphone dengan kualitas tinggi juga menyediakan sarung atau tempat khusus yang dapat meningkatkan umur serta kualitas earphone.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat