uefau17.com

6 Tips Mengatasi Jerawat Hormonal ala Dokter Kulit - Citizen6

, Jakarta Jerawat hormonal merupakan jerawat yang berasal dari perubahan hormon yang mengakibatkan segala macam noda dan komedo. Semua orang dapat menderita jerawat hormonal ini. Biasanya istilah "jerawat hormonal" mengacu pada peradangan jerawat yang muncul atau memburuk pada wanita dewasa antara usia 20-50 tahun. 

Faktanya, 54% wanita dewasa dan 40% pria dewasa menderita jerawat dan banyak di antara mereka yang tidak memiliki riwayat jerawat saat remaja,” kata Dr. Hartman, ahli dermatologis dan founder dari Skin Wellness Dermatology dikutip dari laman housekeeping.

Dua tanda besar jika sedang berurusan dengan jerawat hormonal, yakni saat jerawat memburuk di masa menstruasi dan cenderung muncul di rahang, dagu, dan pipi bagian bawah.

Namun, tidak semua jerawat hormonal akan terlihat sama. Biasanya juga sering muncul sebagai jerawat kistik merah yang dalam di bagian bawah wajah di sepanjang garis rahang, itu juga bisa ditandai dengan komedo putih dan komedo hitam.

"Jerawat hormonal biasanya muncul ketika kadar hormon seseorang berfluktuasi, kebanyakan selama siklus menstruasi, kehamilan dan menopause. Perubahan hormonal ini menyebabkan tubuh memproduksi sebum yang menyumbat pori secara berlebihan, yang kemudian menyebabkan peradangan, perubahan aktivitas sel kulit dan kolonisasi bakteri di folikel rambut, sehingga dengan kombinasi ini, jerawat mulai muncul,” ucap Dr. Garshick, ahli dermatologis dari Weill Cornell Medical Center, New York.

Fluktuasi hormonal yang menyebabkan jerawat hormonal dapat dipicu oleh:

  • Perubahan hormon: Menstruasi, kehamilan, menopause, PCOS
  • Gaya hidup: Stres, kecemasan, diet, kurang tidur
  • Obat-obatan: Memulai atau menghentikan pengendalian kelahiran, suplemen tertentu, terapi testosteron, steroid

Bagi Anda yang merasa terganggu dengan masalah kulit ini, berikut adalah beberapa solusi yang diberikan oleh para dokter kulit dalam menangni masalah jerawat hormonal:

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Mulai Rutinitas Perawatan Kulit yang Konsisten

Menurut Dr. Hartman, hal terbaik untuk mulai menangani dan mencegah jerawat hormonal adalah dengan mencuci muka satu sampai dua kali sehari dengan sabun muka untuk jerawat, menahan diri menggosoknya dengan keras dan menghindari memencet jerawat. Juga, jaga kebersihan rambut dan tidak menyentuh wajah terlalu sering jika tidak perlu.

Jika hanya mengalami jerawat ringan, mungkin dari kita ingin mencoba memasukkan perawatan topikal yang dijual bebas yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat ke dalam rutinitas perawatan kulit, karena produk yang meninggalkan bekas bisa lebih efektif daripada mencuci muka yang membilas.

Benzoil peroksida merupakan bahan paling efektif untuk mengatasi jerawat merah dan berjerawat. Jadi, jika jerawat hormonal terlihat seperti ini, mempertahankan produk benzoil peroksida mungkin merupakan pilihan terbaik. Produk asam salisilat dan asam glikolat berpotensi bermanfaat bagi yang jerawat hormonal juga.

"Asam salisilat dapat membantu mengurangi peradangan dan ukuran jerawat dan asam glikolat akan mengelupas permukaan kulit, yang membantu menjaga pori-pori tetap bersih, Anda juga dapat mencoba memasukkan masker wajah yang mengandung asam salisilat atau belerang ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda bersama dengan perawatan lainnya,” kata Dr. Hartman.

3 dari 7 halaman

2. Coba Resep Retinoid

Retinoid adalah kunci dalam setiap rejimen perawatan kulit, tetapi terutama untuk jerawat. Dr. Hartman mengatakan bahwa krim retinol dapat mengatur pengelupasan kulit, mengecilkan pori-pori dan mengontrol minyak yang semuanya akan berdampak positif pada jerawat.

"Karena retinoid seringkali dapat menyebabkan kekeringan atau iritasi pada tahap awal penggunaan, sehingga perlu merekomendasikan obat resep Altreno yang mengandung tretinoin dalam lotion hydrating yang ditoleransi dengan baik oleh kebanyakan pasien,” kata Dr Hartman.

Namun, jika Anda tidak ingin menggunakan retinoid dengan kekuatan resep, ada juga rekomendasi pilihan Differin Gel, yang merupakan retinoid dengan kekuatan resep yang tersedia tanpa resep.

"Ini mengandung 0,1% adapalene (sejenis retinoid) dan mampu efektif bekerja seperti pembersih pipa untuk menjaga pori-pori tetap bersih, " tambah Dr. Zeichner, ahli dermatologis sekaligus direktur Cosmetic & Clinic Research Dermatology. 

4 dari 7 halaman

3. Cobalah Resep Obat Oral

Jika perawatan menggunakan skincare atau resep topikal tidak berhasil, tanyakan resep obat-obatan oral pada dokter. Terutama jika memiliki jerawat kistik yang lebih dalam dan menyakitkan, topikal mungkin perlu dilengkapi dengan obat oral.

Salah satu pilihan yang direkomendasikan Dr. Zeichner adalah spironolactone, obat tekanan darah oral yang membantu menurunkan produksi dan sekresi minyak. Spironolactone bisa memakan waktu hingga tiga bulan untuk menunjukkan efeknya.

Ada juga beberapa kontrasepsi oral yang juga disetujui FDA untuk mengobati jerawat hormonal dan kadang-kadang diresepkan bersamaan dengan spironolakton. Mereka bekerja dengan mengatur hormon diri dan menurunkan testosteron, yang dapat mengurangi jerawat yang dipicu oleh hormon.

Yaz, Beyaz, Ortho Tri-Cyclen dan Estrostep adalah empat pil yang disetujui FDA untuk mengobati jerawat, tetapi sebagian besar pil kontrasepsi oral kombinasi bermanfaat,” kata Dr. Zeichner. Pil kombinasi yang dimaksud adalah pil KB yang mengandung estrogen dan progestin.

5 dari 7 halaman

4. Memilih Vitamin atau Suplemen yang Tepat

Jika tidak nyaman mencoba obat resep, ada beberapa vitamin dan suplemen yang berpotensi membantu mengobati jerawat hormonal. Pertama Nicotinamide, suatu bentuk vitamin B3 yang dapat membantu jerawat karena efek anti-inflamasinya.

Menurut Dr. Garshick, dalam sebuah penelitian suplemen vitamin B3 topikal dan oral telah terbukti memperbaiki jerawat. Mungkin juga seng dapat membantu jerawat hormonal.

Suplemen seng telah terbukti mengurangi jerawat,” kata Dr. Zeichner.

Meskipun beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengobati jerawat secara topikal dengan seng mungkin merupakan cara yang lebih efektif. Semua yang dikatakan, namun poinnya yaitu, penting untuk selalu memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen baru, karena terlalu banyak mengonsumsi suplemen juga berpotensi berbahaya.

Yang terbaik juga hanya memulai satu suplemen baru pada satu waktu untuk dapat mengidentifikasi apa yang membantu atau jika ada efek samping yang terjadi,” kata Dr. Garshick.

6 dari 7 halaman

5. Sesuaikan Pola Makan

Dr. Zeichner mengatakan faktor terbesar penyebab jerawat orang dewasa adalah hormon, stres, dan diet. "Makanan dengan indeks glikemik tinggi yang merupakan makanan yang memiliki kandungan gula atau pati yang tinggi meningkatkan kadar gula darah hal itu dapat memicu peradangan dan produksi minyak,” jelasnya.

Secara khusus, susu sapi (terutama susu skim), protein whey, dan suplemen vitamin B12 semuanya dikaitkan dengan peningkatan jerawat, catat Dr. Zeichner. 

Sebaliknya, baiknya menggunakan biji-bijian daripada gula olahan dan pertimbangkan alternatif susu sapi, seperti susu almond atau oat. Umumnya, makanan yang berpotensi mengurangi risiko jerawat itu makanan yang mengurangi risiko inflamasi dan menjaga kadar hormon agar tetap stabil. Berikut beberapa zat gizi yang baiknya ada pada pola makan untuk menghilangkan jerawat:

  1. Asupan karbohidrat kompleks memiliki indeks glikemik rendah (IG). Artinya, konsumsi makanan dengan IG rendah tidak mudah menyebabkan kenaikan gula darah. Bisa ditemukan pada buah dan sayur, biji-bijian, gandum utuh.
  2. Lemak dan minyak nabati.
  3. Ikan berlemak semisal (tuna, salmon, tenggiri, sarden) dan biji-bijian berminyak.
7 dari 7 halaman

6. Mengurang Tingkat Stres

Selain tetap berpegang pada diet hormonal yang ramah jerawat dan rutinitas perawatan kulit, Dr. Zeichner merekomendasikan untuk menemukan cara yang mengurangi stres, seperti yoga atau meditasi juga beberapa kegiatan lain lebih sederhana yang mampu mengurangi atau menghilangkan stres, seperti:

  1. Bermain dengan hewan peliharaan, dimana itu bisa mengurangi rasa sepi.
  2. Menghabiskan waktu dengan berenang atau bermain air sebab mengambang di air dapat memicu respons relaksasi pada tubuh yang membantu menekan tingkat hormon stres.
  3. Menari sambil bernyanyi, sebab mengistirahatkan mental dan fisik dengan itu dapat memperbaiki mood. 

Seseorang juga harus memastikan untuk mendapatkan jumlah tidur yang tepat yang memang dibutuhkan manusia normal setiap malam. Selain itu, jika seseorang mencari cara lain untuk mengobati jerawat secara alami, bahan-bahan seperti minyak pohon teh dapat membantu, meskipun ini mungkin pilihan yang lebih baik jika hanya menangani jerawat ringan hingga sedang, daripada jerawat kistik.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat