uefau17.com

Pekerjaan yang Cocok untuk Setiap Kepribadian Berdasarkan Myers Briggs Type Indicator - Citizen6

, Jakarta - Memahami tipe kepribadian dapat menjadi salah satu cara seseorang dalam memilih jalan karier yang cocok untuk mereka. Pengetahuan ini dapat membantu setiap individu dalam memahami tipe pekerjaan dan tempat pekerjaan yang cocok untuk mereka.

Awalnya, instrumen dari Myers Briggs Type Indicator (MBTI) diciptakan oleh Katharine Cook Briggs dan Isabel Briggs Myers, sepasang ibu dan anak yang berusaha menemukan cara untuk membantu wanita di Amerika Serikat mencari pekerjaan yang sesuai.

Melansir www.psychologyjunkie.com, instrumen ini menganalisis preferensi, lalu menghasilkan 16 tipe kepribadian yang berbeda-beda yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi karier yang ideal untuk mereka.

Tiap-tiap pekerjaan yang di bawah ini diidentifikasi berdasarkan aspek-aspek kepribadian yang dimiliki masing-masing kepribadian MBTI.

Misalnya, seperti tipe kepribadian analis yang dapat mengetahui tipe pekerjaan yang cocok, melalui unsur Intuitive (N) dan Thinking (T) yang dimilikinya.

Sama seperti golongan tipe diplomat yang memiliki unsur Intuitive (N) dan Feeling (F), membuat mereka cocok dalam pekerjaan seperti psikoterapis, guru, sampai pekerja sosial.

Berbeda dengan tipe kepribadian pengawal, dengan Sensing (S) dan Judging (J) mereka memiliki kemampuan dalam membaca detil situasi serta bersikap adil dan objektif.

Daftar pekerjaan di bawah ini bertujuan untuk membantu dalam menemukan pekerjaan yang cocok berdasarkan kemampuan dan keinginan yang dimiliki suatu kepribadian MBTI:

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Tipe Kepribadian Analis

INTJ sebagai Astronom

Kepribadian ini tertarik dengan gambaran besar kehidupan dan karier sebagai astronom menjadi salah satu pekerjaan yang cocok bagi mereka menjelajahi dunia.

Dengan bekerja sebagai astronom, mereka akan memahami asal juga pergerakan benda-benda langit yang memperluas pengetahuannya terhadap semesta.

Kepribadian ini memiliki ketertarikan terhadap hal-hal teoritis dan sains. Selain itu, pekerjaan seperti pengacara, direktur, pengusaha, dan insinyur menjadi karier yang cocok untuk INTJ.

INTP sebagai Software Developer

INTP cenderung gemar menggunakan keahlian mereka untuk membuat sistem atau platform yang kreatif dan inovatif. Keingintahuan kepribadian ini membuat mereka mudah tertarik ke bidang sains, teknologi, dan teknik.

Bidang-bidang tersebut memberikan mereka tempat untuk berpikir kreatif, untuk menemukan solusi dari sebuah masalah. Selain software developer, beberapa pekerjaan yang cocok untuk INTP adalah profesor, penulis, fisikawan, dan insinyur.

ENTJ sebagai Chief Executive Officer (CEO)

Kepribadian yang satu ini cukup kompetitif dalam mendalami pekerjaannya. ENTJ gemar menyusun strategi dan menjalin konek dengan berbagai kelompok orang.

Kemampuannya dalam membuat keputusan yang sulit dan tidak ragu mengambil risiko membuatnya bisa mengambil peran sebagai CEO.

ENTJ juga kepribadian pekerja keras dan tidak takut dalam menghadapi tantangan. Pilihan karier lainnya adalah pengusaha, insinyur, pengacara, dan profesor.

ENTP sebagai Pengusaha

Keinginan ENTP untuk mandiri dan fleksibel membuat dunia kewirausahaan cocok untuk mereka. ENTP mampu menemukan solusi inovasi, memikirkan ide-ide dari sudut pandang berbeda, dan beberapa keahlian dalam bidang pemasaran.

Pekerjaan sebagai pengusaha memberikan kepribadian ini kekuasaan yang membebaskan mereka untuk berpikir tanpa batas demi mencapai sasaran mereka. Selain itu, ENTP juga cocok sebagai manajer pemasaran, ilmuwan politik, dan direktur.

3 dari 5 halaman

2. Tipe Kepribadian Diplomat

INFJ sebagai Psikoterapi

INFJ secara alami cocok dalam pekerjaan yang berkaitan dengan emosi. Sebagai psikoterapi, INFJ memiliki keinginan untuk meningkatkan kehidupan kliennya melalui cara terapeutik, yaitu mendengarkan cerita mereka dan menemukan solusi terhadap kecemasannya.

Wawasan INFJ terhadap sifat manusia membuatnya mampu melihat implikasi dan makna dasar dari klien-kliennya. Pekerjaan lain yang cocok untuk INFJ adalah penulis dan pekerja sosial.

INFP sebagai Creative Writer

Kepribadian ini gemar bekerja secara kreatif dan mandiri. INFP memiliki imajinasi yang luas dan jelas, membuat mereka mampu menciptakan cerita yang di luar kotak.

INFP memiliki empati yang memungkinkan mereka menulis karakter berdimensi penuh yang bervariasi dan menarik. Karier lain yang sesuai untuk INFP adalah konselor, dokter hewan, artis, dan musisi.

ENFJ sebagai Administrator Nirlaba Internasional

Kemampuan ENFJ untuk mengatur sistem sehingga lebih baik dalam memenuhi kebutuhan orang lain, membuatnya bisa menjadi ahli dalam seni diplomasi. Kepribadian ini tidak takut dengan masalah kompleks dan ingin membawa perbaikan untuk kehidupan orang lain.

Menjadi seorang administrator memungkinkan ENFJ untuk membawa solusi nyata terhadap masalah seperti wabah penyakit, kemiskinan, kekeringan, dan kelaparan. ENFJ juga cocok berkarier sebagai psikoterapis, guru, dan spesialis hubungan masyarakat.

ENFP sebagai Freelance Travel Writer

Rasa haus ENFP akan petualangan dan kreativitas yang dimilikinya, bisa dimanfaatkan dalam pekerjaan sebagai penulis perjalanan. Pekerjaan ini memungkinkannya bereksperimen dalam berbagai aktivitas, seperti menulis dan berpetualang mencari koneksi.

Dengan pekerjaan ini, ENFP bisa melakukan perjalanan sambil menemukan inspirasi untuk menulis. Ada juga pekerjaan lain seperti pengusaha, artis, pengarang, dan guru.

4 dari 5 halaman

3. Tipe Kepribadian Pengawal

ISTJ sebagai Wasit atau Pengawas Olahraga

ISTJ merupakan kepribadian yang sangat jeli terhadap detil-detil penting, ini membuat pekerjaan pengawas atau wasit cocok untuk mereka. Mereka cepat menyadari ketika ada kesalahan yang terjadi dan dapat menjaga permainan tetap berjalan dengan adil.

Kepribadian ini memiliki sikap yang bijaksana dan objektif, membuat mereka pandai dalam mengingat peraturan dan memastikan setiap pemain diperlakukan dengan adil. Pekerjaan sebagai ahli bedah, petani, pilot, dan mekanik juga sesuai untuk kepribadian ISTJ.

ISFJ sebagai Dokter Hewan

Sebagai seorang ISFJ, mereka memiliki rasa ingin tahu yang kuat terhadap pandangan hidup, juga memiliki keinginan untuk menyembuhkan dan menghibur. Karier dokter hewan membuat ISFJ mampu menyalurkan keinginan tersebut kepada hewan-hewan yang dipeliharanya.

ISFJ memiliki rasa empati tinggi ketika dihadapkan dengan hewan yang sedang sakit, sifatnya yang pekerja keras dibutuhkan dalam menghadapi pekerjaan yang terkadang kurang menyenangkan. Karier lain yang sesuai untuk ISFJ adalah pekerja sosial, guru, dan pustakawan.

ESTJ sebagai Konsultan Manajemen

Kepribadian ini suka membuat segala sesuatu menjadi lebih efisien dan efektif untuk jangka panjang. Dalam pekerjaan ini, ESTJ dapat memanfaatkan kemampuannya untuk memberi saran kepada manajer, yang mampu membuat perusahaan mereka mereka lebih menguntungkan.

Pekerjaan lain seperti agen real estate, penasihat keuangan, dan hakim juga sesuai untuk ESTJ. Mereka dapat memanfaatkan kemampuan mereka dalam memecahkan masalah mengevaluasi, dan membuat sebuah sistem lebih efektif.

ESFJ sebagai Guru Sekolah Dasar

ESFJ memiliki empati terhadap anak-anak dan memecah pelajaran menjadi beberapa langkah kecil. Tidak heran ESFJ banyak dijumpai sebagai kepribadian orang yang bekerja dekat dengan anak-anak.

Selain guru SD, ESFJ juga cocok memiliki pekerjaan seperti dokter keluarga, dokter anak, dan pekerja sosial.

5 dari 5 halaman

4. Tipe Kepribadian Penjelajah

ISTP sebagai Detektif

Sebagai detektif, ISTP dapat menggunakan keahlian mereka dalam mengobservasi dan menganalisis masalah. Mereka dapat memanfaat hasil observasi dan analisis untuk menentukan tersangka dan mencari tahu barang buktinya.

Selain menjadi detektif, ISTP juga dapat memilih pekerjaan seperti pengamat hutan, pengembang software, pemadam kebakaran, dan pilot.

ISFP sebagai Fotografer Freelance

ISFP umumnya menginginkan pekerjaan yang kreatif dan tidak terstruktur. Mereka juga gemar bekerja secara individu dan tertarik terhadap nilai-nilai estetika, serta menemukan simbol-simbol yang indah dan bermakna.

Sebagai fotografer mereka dapat mengabadikan makna sebuah objek dan makna yang dimiliki. Tidak hanya itu, ISFP pun cocok untuk mendalami pekerjaan seperti desainer pakaian, artis, musisi, dan dokter UGD.

ESTP sebagai Perantara Saham

ESTP menyukai pekerjaan yang serba cepat dan menarik, dengan risiko besar yang disertai imbalan yang besar juga. Sebagai perantara saham, ESTP bisa mendapatkan kesempatan untuk bersaing dengan rekan-rekannya.

Selain perantara saham ESTP juga dapat memilih bekerja sebagai kontraktor umum, pemadam kebakaran, instruktur senam, dan paramedis.

ESFP sebagai Artis

Profesi sebagai artis cocok di dalami ESFP yang senang bekerja kreatif dan ekspresif. ESFJ pandai membawakan humor, keindahan, serta mengekspresikan perasaan emosional terhadap audiensnya.

Bentuk interaksi dan umpan balik instan membuat ESFP merasa bersemangat dan termotivasi. Selain sebagai artis, mereka juga cocok dalam pekerjaan sebagai dokter anak, terapis fisik, dan guru.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat