uefau17.com

6 Tipe MBTI yang Paling Pintar, Kamu Termasuk yang Mana? - Health

, Jakarta Setiap orang memiliki kecerdasan yang unik, dan tipe MBTI mereka dapat memberikan wawasan tentang cara seseorang berpikir dan belajar. Namun, apakah ada tipe MBTI yang secara umum dianggap paling pintar?

"Ada beberapa tipe MBTI yang dianggap memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi, dan hal ini telah menjadi topik perdebatan yang menarik tentang apakah kecerdasan dapat diukur," kata Staci Holweger, PhD, pendiri dan dokter pengobatan regeneratif di Lifepatches.

Mengukur seberapa pintar seseorang bisa sangat subjektif, dan orang bisa saja lebih pintar dibandingkan yang lain dalam bidang berbeda. Namun, mereka yang termasuk paling pintar mungkin diwakili oleh tipe kepribadian MBTI tertentu.

Melansir dari Best Life pada Kamis, 6 Juni 2024, berikut ini enam tipe MBTI yang paling pintar.

1. INTJ

Orang yang memiliki kecenderungan introvert, intuitif, berpikir, dan menilai, cenderung lebih sering dianggap memiliki kecerdasan yang lebih tinggi, menurut Isabelle Robledo, seorang pakar kepribadian dan salah satu pendiri Making Mindfulness Fun, kepada Best Life.

Robledo menjelaskan bahwa tipe kepribadian INTJ dikenal sebagai pemikiran ekstrovert. Dia juga menambahkan bahwa INTJ cenderung mahir dalam menerima dan memilah informasi yang mereka terima.

"Mereka hidup untuk belajar, mereka menjaga segala sesuatunya berdasarkan fakta," ujar Robledo. 

Menurut Karen Comen, seorang ahli astrologi utama dan pemimpin redaksi Zodiacsign.com, setuju dengan Robledo dan menambahkan bahwa berpikir adalah aspek utama seorang INTJ.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. INTP

Menurut Comen, kedua tipe kepribadian INTJ dan INTP termasuk yang dianggap paling pintar diantara yang lainnya. Dia menambahkan bahwa berpikir sebenarnya menjadi tujuan hidup utama seorang INTP.

Robledo menyatakan bahwa orang-orang dengan tipe kepribadian ini kemungkinan besar adalah seorang insinyur atau ahli matematika.

Aspek pemikiran introvert (Ti) dan intuisi ekstrovert (Ne) yang dimiliki ini, membuat mereka sangat berbakat dalam mengikuti alur pemikiran teoritis yang kompleks.

Dibandingkan dengan MBTI lain seperti ENTP yang ekstrover dan juga cerdas, orang dengan tipe kepribadian INTP akan lebih tertarik pada teori dan sistem logis yang mengatur dunia di sekitar mereka.

3 dari 6 halaman

3. ENFJ

Tipe kepribadian ENFJ, yang cenderung ekstrovert, intuitif, berbasis perasaan, dan menilai, juga dianggap sebagai salah satu tipe yang paling pintar, menurut Joseph Puglisi, seorang CEO dari Dating Iconic.

Meskipun mungkin bukan tipe orang yang pertama kali terpikir untuk menyelesaikan masalah matematis yang rumit, mereka memiliki kecerdasan alami untuk berinteraksi dengan orang lain dan merespons dengan bijaksana dalam situasi sulit.

"ENFJ adalah orang kepercayaan semua orang, selalu siap membantu, menawarkan solusi dan nasihat yang cerdas, serta memiliki kecerdasan emosional yang tinggi," jelas Puglisi.

Selain itu, tipe MBTI ENFJ juga sangat penuh hormat, pengertian, memikat, dan secara keseluruhan mudah bergaul, tambahnya.

Meskipun termasuk dalam salah satu tipe langka dalam tes Myers-Briggs, memiliki seorang ENFJ dalam kehidupan yang dapat diandalkan adalah hal yang berharga. Pastikan untuk menjaganya baik-baik.

4 dari 6 halaman

4. ESTJ

MBTI pintar lain yang masuk daftar adalah ESTJ. Orang-orang ini secara alami dilahirkan untuk memimpin. ESTJ adalah penyelenggara proyek yang luar biasa, mereka tahu cara membuat segalanya tetap sederhana.

“Mereka tangguh, selalu bekerja, bergerak, memikirkan hal terbaik kedepannya. Mereka berpikir jauh ke depan dalam menghadapi situasi dan orang-orang sering kali terancam olehnya," kata Puglisi.

Tipe ini tidak akan mundur jika mereka merasa perlu mengaku bertanggung jawab dan akan selalu mengandalkan fakta nyata. Robledo mengatakan bahwa mereka umumnya lebih disukai di masyarakat.

Sebagian besar karena kemampuan mereka mengawasi sistem, termasuk di bidang pendidikan dan bisnis. Hal ini berkat aspek pemikiran ekstrovert (Te) yang dominan.

“ESTJ memiliki bakat untuk melihat apa yang terjadi di sekitar mereka (karena fungsi penginderaan mereka) dan membuatnya lebih terorganisir,” menurut Robledo.

5 dari 6 halaman

5. ENTJ

Tipe ENTJ memiliki kemampuan berpikir ekstrover yang dominan, yang menjadikannya salah satu dari tipe yang dianggap paling pintar.

"ENTJ mampu menggabungkan banyak sumber informasi dan mengaplikasikannya untuk menciptakan teori-teori besar yang dapat diterapkan pada visi jangka panjang," katanya.

Robledo menambahkan bahwa salah satu contoh tipe MBTI pintar ini yang terkenal adalah pendiri Apple, Steve Jobs.

Meskipun demikian, menurut Robledo, ENTJ cenderung kurang dalam hal kecerdasan emosional jika dibandingkan dengan rekan mereka yang memiliki kelebihan dalam hal berperasaan, seperti ENFJ.

ENTJ jauh lebih intelektual daripada emosional, dan ini jelas merupakan bagian dari apa yang membuat mereka tampak begitu berpengetahuan dan cerdas di mata orang-orang di sekitar mereka.

6 dari 6 halaman

6. ISTP

ISTP yang memiliki kecenderungan introvert, merasakan, berpikir, dan memahami sering dianggap sebagai seseorang dari kelompok yang pintar.

Meskipun memiliki pendekatan yang berbeda dalam hal kecerdasan, mereka adalah individu yang sangat berharga ketika Anda mencoba merakit suatu barang yang rumit, atau menyelesaikan tugas-tugas yang memerlukan ketelitian dan pemahaman mendalam.

"ISTP belajar melalui pengalaman langsung dengan tangan mereka," jelasnya Robledo.

Mereka memiliki kecerdasan dalam arti bahwa mereka mampu mempelajari keterampilan yang memerlukan kreativitas atau kemampuan konstruksi tanpa memerlukan banyak arahan.

Menurut data dari Ball State University, tipe-tipe kepribadian ISTP sering berhasil dalam peran-peran seperti pilot, arsitek lanskap, analis sistem, dan insinyur yang hebat, karena kemampuan mereka dalam menunjukkan kemampuan bertindak dan pemikiran inovatif mereka.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat